Untukmu Guru

Pagiku cerah.. Matahari bersinar..
Kugendong tas merahku di pundak…
Slamat pagi semua
Kunantikan dirimu
Di depan kelasku
Menantikan kami..
Guruku tersayang..
Guruku tercinta..
Tanpamu apa jadinya aku…
Tak bisa baca tulis
Mengerti banyak hal…
Guruku.. terima kasihku…

Syair di atas telah berulang kali aku dengar dan selalu mengingatkanku di masa-masa yang lalu. TK, SD, SMP, SMA, dan waktu kuliah di jurusan Matematika FMIPA UNS. Mengingat dan mengenang saat-saat indah bersama-sama guru dan dosen tersayang. 


1.TKTK Mardiputro I. Jejak awal aku mengenyam bangku pendidikan formal. Sebuah institusi taman kanak-kanak yang bangunannya tidak jauh dari kediamanku. Aku mengenal Bu Puji, Bu Yayuk, dan Bu Nunuk. Tiga guru TK-ku yang sangat berjasa bagiku.Bu Puji sekarang sudah tiada karena sakit.. Terima kasih Bu‼ Mengingat masa-masa TK ada banyak kejadian lucu yang tak terlupa. Mulai dari ketakutan karena ketemu orang gila dan harus bersembunyi, didatangi tukang foto di rumah karena Dhek Nunk 2x difoto untuk foto raport (harusnya aku juga difoto tapi karena kita kembar, jadi Dhek Nunk difoto dua kali hi3x..wah, tukang fotonya belum teu..), dll. Masa kecil yang indah…


2.SD
SDN III Wonoboyo. Kembali aku dipertemukan dengan guru-guru yang luar biasa. Pak Anto, Bu Yekti, Bu Parsi, Pak Mahmud, Pak Heru, Bu ‘Aini, dll. Saat kelas 1 SD (mungkin karena sudah pandai membaca hihihi), Bu Parsi (wali kelas) memintaku untuk terus mendampingi tiga orang siswi yang tinggal kelas karena belum lancar membaca. Kita pun belajar membaca bareng sambil manjat tembok di bawah pohon talok. Hi3x… SERU! Dari kelas 1 SD sampai kelas 4 SD caturwulan kedua, Alhamdulillah aku mendapatkan juara I di kelas, setelah itu sampai kelas 6 SD mendapat juara II (gantian Dhek Nunk yang juara I). Beberapa prestasi dan perlombaan aku ikuti. Prestasiku antara lain : Juara II Lomba SKJ, Juara I lomba Cerdas Cermat P4 tingkat kecamatan, Juara II Lomba Mata Pelajaran PPKN-IPS tingkat Kecamatan, Murid teladan tingkat SD, Peringkat II NEM se-SD, Juara II Lomba Sinopsis tingkat Kecamatan. Kreativitas dan kepedulian terhadap teman sekelas demi suksesnya EBTANAS di SD-ku, aku dan Dhek Nunk pun berinisiatif mengadakan try out EBTANAS di rumahku. Pesertanya ya teman-temanku sekelas (kelas 6). Meski semuanya tidak ikut, tapi hari Ahad itu (aku lupa tanggalnya), rumahku mendadak rame oleh kedatangan teman-teman. Soal try out EBTANAS aku dan Dhek Nunk yang buat, ada hadiah juga dari kami untuk tiga orang peserta dengan nilai tertinggi. Seneng banget bisa bantú teman-teman. Rumahku memang selalu rame dengan kedatangan teman-teman karena kita sering belajar kelompok dan terkadang “pasaran” (hi 8x) di rumahku. Waktu perpisahan kelas 6, lagi-lagi aku dan Dhek Nunk membuat sesuatu yang BEDA untuk acara perpisahan kita… SERU dan MENGHARUKAN‼


3.SMP
SMP N 1 Wonogiri. SMP terfavorit di kotaku. Berangkat dan pulang sekolah dengan mobil antar jemput yang memang khusus mengantar jemput anak-anak sekolah di sekitar rumahku. Masa-masa ABG yang penuh warna. Waktu kelas 1, aku ngefans berat dengan Westlife (boyband asal Irlandia, pada tahu kan??). Tapi, gara-gara Westlife aku jadi suka pelajaran Bahasa Inggris. Hi 37x. Ada untungnya juga. Di kelas 1 ini, aku menjadi siswi kesayangannya Bu Mumun (Bu Munarifah, guru PPKN).. makasih ya Bu! Di SMP ini jabatanku masih tetap. SD dulu juga pegang jabatan ini. Jadi sekretaris. Mungkin karena tulisanku bagus kali ya..hehehe narsis! Selain Bu Mumun, aku juga dekat dengan beberapa guru yaitu Pak Warno, Bu Elizabeth, Bu Siti, Bu Titik, Bu Haryati, Pak Parmin, Pak Agus, dll. Prestasiku di SMP antara lain juara umum waktu kelas 2 SMP (bersama Dhek Nunk juga..jadi inget.. waktu diumumin terus disuruh maju ke depan..berdua dengan Dhek Nunk..dapat hadiah kamus Bahasa Inggris… duh senengnya‼!).


4.SMA
SMA N 1 Wonogiri. SMA terfavorit di kotaku. Masa-masa paling indah. Saat kedewasaan sudah mulai tertanam, saat mulai mencari eksistensi diri, benar-benar saat yang indah. Berjumpa lagi dengan beberapa guru yang luar biasa. Pak Larno, Pak Parno, Bu Rini, Pak Davis, Pak Bambang, Bu Anggar, Pak Joko, Pak Wahyu, dll. Banyak kejadian yang tak terlupakan saat di SMA ini. Pernah suatu hari waktu pelajarannya Bu Anggar, kita bolos sekelas, tas sekolah dilempar lewat jendela dan kita keluar kelas bergiliran agar kelas sebelah tidak curiga. Dasar! Kelas 1 SMA aku punya suatu Genk yang bernama Genk Berr! Tiap kali bertemu berucap “Berr..”. Tiap Ahad pagi Gank Berr selalu main basket di lapangan basket SMA 1. Yup, basket adalah olahraga favoritku. Di kelas 1, aku mulai bergabung dengan organisasi. Aku menjadi salah satu anggota MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas) dan juga menjadi anggota KIR (Kelompok Ilmiah Remaja). Kelas 2 SMA, aku masih di KIR dan bergabung juga dengan OSIS SMA 1 di bagian Majalah sekolah. Jiwa jurnalistik mulai tumbuh nih. Waktu ikut KIR, moment yang paling seru waktu kemah penelitian di pantai Baron, Krakal, Kukup. Kita berkemah di dekat pantai selama tiga hari. SERU‼‼‼!
Kelas 3 SMA, aku kembali bergabung dengan MPK ditambah lagi Watashiwa (Wadah Tausyah Muslim Kelas Tiga). Kayak Rohis-nya kelas 3. Hidayah itu datang dan di penghujung kelas tiga aku memutuskan untuk berhijrah.. Di kelas 3 inilah aku mulai mengenal indahnya tarbiyah.. (waktu liqo’, awalnya aku sendiri yang belum pakai jilbab..hi3x masih nakal‼). Tapi senakal-nakalnya aku, alhamdulillah aku belum pernah mencicipi “indah”-nya pacaran… Meski dulu pernah ada yang mengajak pacaran, tapi aku putuskan untuk menolaknya.. Pacaran hanya mendatangkan kerugian. Buang-buang waktu. Pikirku kala itu. Tar aja lah, pacaran setelah nikah. OKE???‼! Tapi kalo VMJ, pernah kena juga... hihihi.. maklumlah remaja gitu lho! Tapi gak overdosis kok! Oya, di SMA ini aku menorehkan prestasi sebagai juara II Olimpiade Astronomi tingkat Kabupaten (gak jadi ke Vietnam deh…) dan kandidat penerima beasiswa dari ITB.


5.Matematika FMIPA UNS
Jurusan Matematika FMIPA UNS bidang konsentrasi statistika. Aku baru memutuskan memilih jurusan ini beberapa saat sebelum formulir SPMB dikumpulkan. Itupun setelah ada kakak tingkat yang mempromosikan jurusan tersebut. Hari berganti minggu, Minggu berganti bulan, bulan berganti tahun… tak terasa sekarang adalah tahun terakhirku di jurusan ini. Terima kasih tak terhingga untuk Pak Kartiko, Pak Trimo, Bu Etik, Bu Respati, Pak Gi’, Pak Is, Pak Irwan, Pak Tanto, Pak Wiranto, Bu Umi, Bu Pur, dll. Dosen-dosen yang aku sayangi dan aku banggakan. Di bangku kuliah, aku bergabung dengan beberapa organisasi : HIMATIKA, BEM FMIPA, LPM SCIENTA, IHMSI, dan SKI. Banyak amanah di organisasi tak menghalangiku untuk terus berprestasi. Inilah beberapa prestasiku di bangku kuliah.
1. Juara I Lomba Majalah Dinding (Mading) Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) BEM FKIP UNS tahun 2006
2. Juara III Lomba Poster dalam kegiatan Kompetisi Antar Lembaga (KOLEGA) BEM FMIPA UNS tahun 2007
3. Juara I Lomba Karikatur “Kontribusi Pergerakan Mahasiswa Menyongsong Era Reformasi Pasca 1998" BEM FAKULTAS HUKUM UNS tahun 2008
4. Juara I Lomba Poster HUT HIMATIKA ke-11 tahun 2008
5. Juara I Lomba Kaligrafi SKI FMIPA UNS tahun 2008
6. Juara III Lomba Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Fakultas MIPA UNS tahun 2009


Meski inilah saat-saat terakhirku di kampus ini, aku harus TERUS BERPRESTASI‼! Sekecil apapun itu…

Untukmu guru dan dosenku..terima kasih atas semua jasa-jasa yang telah diberikan selama ini‼!

NB : Senin, 30 Maret 2009 nonton film Laskar Pelangi di Gedung F FKIPuntuk ketiga kalinya.. INSPIRATIF (wajib ditonton nih.. terutama untuk para guru…). Meski sudah tiga kali nonton, tapi rasanya masih ingin nonton lagi. Film ini mengajarkan kepada kita akan besarnya arti pendidikan. So, teruslah semangat BELAJAR‼ Jadilah PEMBELAJAR SEJATI‼‼‼‼


(Tulisan ini diposting pada bulan Maret 2009 di blog sebelumnya)

Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna