Pink Sweet Pink

Home sweet home… suatu pernyataan tentang indahnya tempat tinggal kita. Pun jua dengan tempat tinggalku di tanah rantau ini. Hihihi.. PINK. Nama kostku. Nama aslinya adalah SRI REJEKI (ndeso banget ya‼). Sebenarnya sudah usul ke bu kost kalo namanya diganti PINK saja, tapi ibu kost tidak sepakat karena SRI REJEKI adalah nama usaha keluarganya (selain kost, juga memiliki fotocopy dan usaha lain yang bernama serupa). Ya sudah… diterima saja. Arti nama SRI REJEKI

a. Versi Pemilik Kost
Sri Rejeki terdiri dari 2 kata :
· Sri (nama panggilan ibu pemilik kost)
· Rejeki (pemilik kost berharap dengan pendirian dan pengelolaan kost tersebut dapat mendatangkan rejeki untuk keluarganya)


b. Versi Penghuni Kost
S = Smart & Sholihah
R = Ruhiyah OK‼
I = Inovatif
R = Rukun
E = Empati
J = Jiwa pembelajar
E = Enerjik
K = Kreatif
I = Inspiratif


Kost Sri Rejeki ini mulai menjadi kost muslimah sejak tahun 2007. Sebelumnya, kost ini sebagai kost putra. Kost binaan khusus mahasiswi MIPA. Itulah yang direncanakan sejak awal, akan tetapi akhirnya beberapa mahasiswi FKIP juga bergabung. Seperti halnya suatu organisasi, kost pun juga membutuhkan pengelolaan yang baik. Apalagi sebuah kost binaan. Oleh karena itu, kost Pink ini mempunyai susunan pengurus kost mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, sie keamanan, sie kebersihan, sie kerohanian, sie kreativitas.


Tanpa pengelolaan yang baik, mustahil kost akan nyaman untuk ditempati. Oleh karena itu, di kost Pink juga terdapat pengelolaan kost yang meliputi pembagian jadwal piket harian, jadwal piket kamar mandi, jadwal imam sholat berjamaah, jadwal tausyah dan membaca buku, jadwal pembayaran listrik dan air, dan peraturan kost lainnya. Dengan adanya pengelolaan kost tersebut diharapkan penghuni kost akan merasa nyaman dan merasa memiliki. Kost tidak hanya dijadikan tempat untuk makan dan tidur, tapi kost benar-benar menjadi sarana untuk mengaktualisasikan dirinya, menjadi tempat untuk mempererat silaturahim dan menambah tsaqofah keislaman.


a. Peraturan Kost
1.) Jam malam maksimal jam 20.00.
2.) Dilarang membawa masuk tamu lawan jenis, kecuali muhrim dan yang sudah mendapat izin dari anggota yang lain
3.) Setiap anggota kost wajib melaksanakan semua tugas piket dengan penuh tanggungjawab dan menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban kost
4.) Saling menjaga, membantu sesama anggota kost dalam kebaikan
5.) Menjaga nama baik kost baik di dalam maupun di luar kost


b. Agenda Kost
- Harian :
1.) Ba’da Maghrib : membaca buku dan penyampaian tausyah
2.) Ba’da Subuh : Al Ma’tsurat bersama
- Pekanan :
Riyadhoh dan wisata kuliner bersama tiap Ahad ke boulevard (depan kampus)
- Bulanan :
1.) Pekan ke-3 tiap bulan : kajian kos
2.) Pekan ke-4 tiap bulan : rapat kos
- Satu periode (1 tahun) :
1.) Kaos kost
2.) Piknik (rihlah) kost
3.) Foto bersama di studio foto

Kost putri Sri Rejeki mulai dihuni pada bulan September 2007 dengan kondisi masih dalam proses renovasi. Kost Sri Rejeki pada waktu itu masih terdiri dari 2 lantai dengan 9 kamar. Pada tahun 2009 ini, Kost Sri Rejeki sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan ditinjau dari kualitas bangunannya serta kuantitas penghuninya. Sekarang ini, kost Sri Rejeki terdiri dari 3 lantai. Lantai satu terdapat 5 kamar dan dihuni oleh 8 orang, serta terdapat dapur mini di sudut ruangan, ada satu buah kamar mandi, dan satu tempat untuk mencuci piring/mencuci baju. Di lantai satu juga terdapat ruangan kecil yang berfungsi sebagai garasi sepeda motor di dekat pintu masuk. Lantai dua terdiri dari 7 kamar dan dihuni oleh 10 orang, terdapat ruang multifungsi dimana kita dapat bersantai, seperti menonton televisi bersama, makan bersama, mengadakan kajian atau rapat kost, dan lain-lain. 


Di lantai 2 terdapat satu buah kamar mandi dan satu ruangan khusus tempat untuk mencuci piring/mencuci baju. Di lantai dua juga terdapat meja khusus untuk menempatkan barang dagangan seperti kue dan jajanan lain yang merupakan titipan dari pihak luar seperti JN UKMI ataupun pedagang yang lain. Dari lantai 2, sejauh mata memandang kita dapat menikmati indahnya panorama dan pemandangan alam di kala pagi, senja, dan melihat kerlipan bintang kala malam hari. Subhanallah… dari sini kita bisa dapat bertafakur sembari mengucapkan syukur atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan.

Lantai 3 terdiri dari 4 kamar dan dihuni oleh 5 orang, terdapat mushola kost yang biasa kita gunakan untuk sholat berjamaah, membaca buku bersama, dzikir AL Ma’tsurat bersama, saling memberikan taushiyah, dan aktivitas-aktivitas lain yang dapat mencharger ruhiyah para penghuni kost. Di mushola ini juga sering digunakan untuk latihan tim nasyid dan teater STREAM (Seni dan Teater Akhwat MIPA) pada waktu-waktu tertentu. Selain mushola, di lantai 3 juga terdapat tempat penampungan air, tempat untuk mencuci baju, serta tempat untuk menjemur baju. Dari lantai 3 kita juga dapat menikmati indahnya pemandangan dengan background alami dari Sang Pencipta. Subhanallah….


Sampai saat ini, kondisi Kost Sri Rejeki masih dalam proses renovasi. Rencananya akan dibangun sebuah dapur permanen di lantai 2, tempat jemuran yang lebih kokoh dan permanen di lantai 3, serta bagian-bagian lain yang masih butuh perbaikan dan pembenahan.
Kost Pink juga sudah menorehkan prestasi di antaranya : Finalis Lomba Kost Teladan dan Juara I Lomba Masak Antar Kost Muslimah se-UNS. Ayo PINKERZ…teruslah berprestasi‼!

310309
Di sebuah hunian berwarna PINK terCINTA…
Di sudut kamar penuh inspirasi…
Setelah dua tahun menjadi “kepala suku” di kost ini…
Diiringi “Rabithah”-nya Izzis…


Sesungguhnya Engkau tahu
Bahwa hati ini telah berpadu
Berhimpun dalam naungan cinta-Mu
Bertemu dalam ketaatan
Bersatu dalam perjuangan
Menegakkan syari’at dalam kehidupan
Kuatkanlah ikatan-Nya
Kekalkanlah cinta-Nya
Tunjukilah jalan-jalan-Nya
Terangilah dengan cahaya-Mu
Yang tiada pernah padam
Ya…Robbi bimbingkanlah kami…
Hu…
Lapangkanlah dada kami
Dengan karunia iman
Dan indahnya tawakal pada-Mu
Hidupkan dengan ma’rifat-Mu
Matikan dalam syahid di jalan-Mu
Engkaulah pelindung dan pembela


Salam special to PINKERZ : nungma, okta, wiwit, fadhil, viana, mb eli, fathim, heppy, mb alfi, rina, datin, esthi, tika, lulu, izzah, nunik, riris, vivi, yosi, novi, ira, sinta‼!



(Tulisan ini diposting pada bulan Maret 2009 di blog sebelumnya)

Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna