2 Februari 2010



Banyak dari kita yang merasa yakin dan seolah-olah akan terus hidup di dunia ini. Banyak dari kita yang tak henti-hentinya terus mengayuh roda kehidupan dalam kubangan kejahatan, ketidak hati-hatian, berperilaku yang tidak berETIKA dan berNORMA (pinjam nama nih). Semua dilakoni dengan tenang, tanpa beban dan tanpa perasaan bersalah, baik di hadapan manusia, lebih-lebih di hadapan Sang Pencipta.
Dunia bukanlah tempat keabadian. Ia hanya sementara, fana, akan hancur dan segera berlalu, serta hanya sekejap kita rasakan kenikmatannya. Sesungguhnya dunia adalah sarana, tempat dimana kita berupaya sebaik mungkin untuk mengisi hari-harinya dengan segala amalan dengan niat menggapai ridho-Nya. Tempat kita berkarya dan berbuat bagi kemaslahatan bersama dalam rangka wujud peran kita sebagai khalifah-Nya di muka bumi.
Hari-hari yang akan kita lalui adalah sarana perjuangan kita. Sarana untuk kita meletakkan segala sesuatu sesuai tempatnya serta jalan yang akan kita lewati dengan iringan suka dan duka. Akan kita dapati bahwa harapan terkadang tidak berkesesuaian dengan kenyataan dan ujian yang menghadang langkah kita.
Semoga setiap anugerah hari yang diberikan oleh-Nya, semakin membuat kita tersadar dan bersabar, bahwa diri kita adalah kecil dan senantiasa membutuhkan pertolongan dari-Nya. Semoga setiap waktu yang diberikan-Nya, semakin menumbuhkan kesadaran dan kekuatan bagi kita untuk senantiasa memperbaiki diri dari hari ke hari.
***
Alhamdulillah hari ini hari lahir saya. Dalam kesempatan ini saya hanya ingin melakukan muhasabah dari usia yang telah Allah berikan kepada saya. Secara lahir memang usia saya bertambah, padahal sebenarnya jatah dan kesempatan saya untuk hidup dan mendekatkan diri kepada Sang Khalik semakin berkurang, sementara dosa dan kesalahan yang saya lakukan dari hari ke hari juga semakin banyak. Maka tak ada yang bisa saya lakukan di hari lahir saya ini selain mohon ampun dan berdoa kepada-Nya. Mohon maaf juga buat semuanya, diri ini sering berbuat khilaf (baik yang disengaja ataupun tidak). Mohon dimaafkan dan diikhlaskan ya… Terima kasih banyak karena sudah menjadi bagian dari kisah hidup saya. Indahnya kebersamaan kita di dunia semoga terus berlanjut ke Jannah-Nya… Aamiin
***
Seuntai Doa
Ya Allah, puji dan syukur hamba sampaikan kehadirat-Mu, atas segala nikmat dan rahmat yang telah Engkau limpahkan kepada hambaMu ini. Nikmat dan rahmat yang begitu banyak sehingga hamba tidak bisa menghitung berapa jumlah dan harganya nikmat-Mu itu, Ya Allah…
Ya Allah, dari usia dan umur yang telah Engkau berikan, begitu banyak dosa yang telah hamba-Mu lakukan, begitu besar kesalahan yang telah hamba perbuat, begitu jauh hamba bergelimang dosa, sehingga hamba sering melupakan-Mu ya Allah. Sering hamba melalaikan perintah-Mu ya Allah, tidak mendengarkan panggilan-Mu Ya Allah, begitu asyik hamba mengarungi kehidupan duniawi, begitu jauh hamba menyimpang dari jalan-Mu Ya Allah. Hari ini, di hari lahir ini, hamba memohon ampunan-Mu ya Allah… atas segala kelalaian dan kesalahan yang telah hamba lakukan selama ini. Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih, tolong selamatkanlah hamba dari kepedihan azab-Mu.
Ya Allah, wahai Zat yang menunjuki orang yang tersesat, pengasih terhadap orang yang berdosa, dan pemaaf bagi orang yang tergelincir pada kesalahan, Kasihanilah hamba-Mu ini, selamatkanlah hamba dari segala bahaya kemaksiatan yang dapat menjerumuskan hamba ke dalam gejolak api neraka. Jadikanlah hamba orang-orang yang senantiasa menyebut nama-Mu, mengingat keagungan-Mu, tidak pernah lupa akan segala kebesaran-Mu. Berilah kepada hamba rezeki yang halal serta dapat memberikan ketenangan dalam kehidupan hamba dengan limpahan rahmat-Mu, Ya Maha Pengasih.
Ya Allah, berikanlah umur panjang sehingga hamba dapat melakukan ketaatan dan lebih bertaqarrub kepada-Mu. Ya Allah ampunilah dosa-dosa hamba, dosa-dosa ibu bapak, dosa-dosa seluruh keluarga hamba dan dosa seluruh orang yang telah berjasa kepada hamba, dan dosa semua saudara hamba baik yang masih hidup maupun yang telah tiada. Berikan petunjuk-Mu agar hamba mampu membedakan yang haq dan yang batil. Berikan ketegaran untuk memilih jalan-Mu yang benar dan berikan pula kemampuan untuk menghindari jalan-jalan yang batil. Terimalah ya Allah segala amal ibadah hamba, dan perkenankanlah permohonan hamba-Mu ini, hanya kepada-Mu jualah ya Allah hamba berserah diri.
Amin Ya Rabbal ‘Alamin..
***
Ya Allah…
Dalam resahnya pencarian
Dalam tertatihnya pengharapan
Hamba adukan segala kelemahan
Hamba serahkan segala urusan
Kiranya Engkau menuntun hamba
Kiranya Engkau membimbing hamba
Dengan payung Rahman dan Rahim-Mu
Dengan dekapan tak bertepi cinta-Mu
Di tengah derasnya gelombang hidup ini
Di tengah luasnya samudera cinta-Mu
Hingga tiada yang hamba cari selain ridho-Mu
Ya Allah…
Sesungguhnya Engkau berkuasa atas tiap diri
Semua berada di genggaman-Mu tanpa terkecuali
Waktu yang lalu takkan mungkin berputar kembali
Sebagian yang sudah Engkau tetapkan telah terjadi
Namun sebagian lagi masih misteri dan tak satupun hamba ketahui
Ya Allah…
Jika kematian itu begitu dekat
Jangan biarkan setiap sisa nafas ini berada dalam murka-Mu
Apalah artinya kemewahan dunia yang hamba dapat
Namun sedikitpun Engkau tak ridha kepada hamba
Ya Allah…
Hamba takut semua usaha ini jadi tiada arti
Saat hamba bermaksiat Engkau cabut nyawa ini lalu hamba mati
Sedang itu artinya hamba kembali
Bukan dijalan-Mu dan membawa iman dalam diri
Ya Allah...
Persembahan bakti hamba pada-Mu begitu tak sempurna
Terlalu banyak cacat, cela, dan riya’ yg menggema
Jika Kau tutup semua pintu hidayah saat ini
Ke pintu siapa lagikah hamba mesti meminta?
Ya Allah...
Dalam sisa-sisa usia ini Bantulah hamba untuk menuju kepada-Mu Dengan sebaik-baik jalan yang hamba tempuh Yang teriring bersama taubat dan kesungguhan Dalam perbaikan dzikir, syukur dan segala amal
Ya Allah..
Perkenankanlah doa hamba ini...
Kabulkanlah doa hamba ini...
Aamiin Ya Rabbal ’alamiin..
RedZone, Jakarta, 020210_02:52
Selamat hari lahir!!!
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23!!!
Yang sudah terlewat pastinya akan dimintai PERTANGGUNGJAWABAN
Yang masih tersisa semoga lebih berkah, bermanfaat, makin bermakna karena ridhoNya
Amin!!!!
*Aisya Avicenna


(Tulisan ini diposting pada bulan Februari 2010 di blog sebelumnya)
Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna