TERNYATA MEMANCING ITU BANYAK MANFAATNYA


Hari ini saya dan suami mengikuti lomba mancing yang diadakan kantor.  Mancing seru-seruan aja sih.  Salah satu alasan mengikutinya adalah karena lokasi dekat rumah yakni di Empang Sasak Liong,  Joe,  Jagakarsa,  Jakarta Selatan. Sekitar 15 menit dari rumah.  Alasan lain,  ingin mengenalkan suami dengan rekan-rekan saya di kantor.

Saya dan suami berangkat dari rumah jam 07.30 karena acara akan dimulai jam 08.00. Kami sempatkan sarapan dulu di Soto Mbok Giyem Tanjung Barat yang berada tidak jauh dari lokasi.  Setelah perut kenyang baru kami meluncur ke Empang Sasak Liong.

Sampai di empang,  meski dengan adegan nyasar ke empang tetangga,  beberapa kawan sudah hadir.  Saya pun mengisi absen. Setiap peserta dapat snack dan kaos putih bertuliskan "Mancing Bersama Teman-Teman". Karena suami yang ikut,  kaosnya ia pakai. Panitia menyediakan umpan dan alat pancing bagi yang tidak membawa perlengkapan.

Setelah pembukaan panitia,  kegiatan lomba pun dimulai dengan mengambil nomor undian yang menyatakan tempat atau lapak memancing.  Kami mendapat lapak no. 35. Alhamdulillah sih dapat yang teduh. Ada 80 lapak dan hampir semuanya terisi. Ikan-ikan baik yang berukuran kecil sampai besar (kami menyebutnya babon)  dimasukkan ke dalam empang.  Lomba mancing pun dimulai.

Sebenarnya, ini kedua kalinya saya memancing ikan bersama suami.  Yang pertama waktu di Lahat.  Nah,  karena ini dilombakan jadi ada sensasi yang berbeda. Oh iya,  ada beberapa manfaat memancing lho Sahabat,  diabsen yuk!

1. Dapat melatih otot tangan
Kekuatan tangan sangat diperlukan saat memancing.  Tangan menjadi tumpuan saat memegang alat pancing. Beberapa alat pancing cukup berat lho!  Apalagi saat dapat ikan,  tangan berperan penting untuk menarik si ikan yang berhasil nyangkut di mata pancing.

2. Melatih konsenstrasi atau fokus
Saat memancing,  konsentrasi sangat dibutuhkan.  Terutama saat ikan sudah tersangkut di mata pancing,  akan ada 'kode'pelampungnya akan tenggelam dan senar pancing mengencang sehingga pada saat itu kita harus sigap menarik pancing.
3. Melatih kesabaran
Sabar,  ini kunci utama saat memancing.  Apalagi kalau dilombakan.  Saat peserta kanan kiri sudah mendapat ikan dan kita masih zonk,  di saat itulah kita akan mulai panik.  Hehe...  Jadi tetap sabar karena kalau dah rezeki ikan akan nyangkut juga di mata pancing kita.  Kesabaran akan berbuah manis.

Alhamdulillah tadi dapat 9 ekor ikan.  Seru deh!

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

1 komentar:

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna