Catatan Aisya [6] : We are The Champions


Beberapa hari yang lalu, saat sedang merapikan berkas-berkas pribadi, aku menemukan selembar kertas yang membuatku tersenyum. Aku baca di pojok kanan bawah kertas itu bertuliskan “Kebun Raya Bogor, 16 Maret 2010 jam 11.00, Diklat Prajab Golongan III Angkatan II.” Inilah semua tulisan di kertas itu.


ETIKA SURYANDARI.

Menurut kamu, saya bagaimana?
- Pintar
- Imajinasi kreatif
- Inovatif
- Pintar
- Rajin
- Kalem
- Diem
- Kreatif
- Smart
- Jelek
- Pinter
- Kreatif
- Pinter
- Gak tau
- Religius
- Beretika sekali
- Matematika banget
- Sopan
- Tekun
- Soleha
- Pinter
- Pinter
- Pinter banget
- Pintar dan wawasannya luas
- Pinter, banyak wawasan
- Matematik banget

Sekitar 24 orang memberikan penilaian tentangku setelah beberapa hari kami bergabung dalam rangkaian kegiatan Diklat Prajab Golongan III Angkatan II di Pusdiklat Kementerian Perdagangan, Sawangan Depok. Harusnya semua berjumlah 33 orang. Akan tetapi, beberapa dari kami tidak bisa mengikuti acara refreshing ke Kebun Raya Bogor hari itu. Masih teringat jelas, Mas Hiras cengar-cengir gara-gara semua teman ia tulis “jelek”. Dasar!!! ^^v. Terus Mas Ramiaji, Mas Rendi, dan Mas Billy yang juga jadi sasaran olokan teman-teman waktu kita duduk melingkar beralas koran saat itu. Sebelum acara sarasehan tersebut, kami sempat berkompetisi dalam dua lomba yang sudah disiapkan Mas Bowo dan Mas Ramiaji selaku sie acara. Kedua lomba itu adalah memindahkan karet gelang secara berantai dengan menggunakan sedotan di mulut dan lomba menyeberang cepat dengan menggunakan dua lembar koran. Setelah dari Kebun Raya Bogor, kami mampir ke pabrik tas khas Bogor di Tajur.

Sekedar menyegarkan memori kembali ke masa setahun yang lalu. Aku mencoba menuliskan kembali jadwal diklat kami. Hmm, semacam catatan harian waktu itu. Setiap hari kami harus mengenakan seragam putih-hitam pada hari Senin sampai Kamis dan batik pada hari Jumat. Kami juga harus membuat resume setiap selesai mendapatkan materi. Kadang dikerjakan sampai malam, sering juga dikerjakan saat pelajaran tengah berlangsung ^^v. Semuanya mendapatkan kesempatan untuk maju di depan kelas, mempresentasikan resumenya.

Senin, 8 Maret 2010

Setelah semalam sebelumnya kami check-in di Pusdiklat, pagi ini kami harus menghadapi placement test bahasa Inggris. Setelah 1 jam berlangsung, kami istirahat sejenak di ruang makan, kemudian dilanjutkan dengan pengarahan program dan pengarahan akademis yang dipandu oleh Bapak Ridwan Rajab dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. Jam 12.00-13.00 kami mendapat materi tentang Kesehatan Mental dari Bapak Junaidy. Sore harinya adalah sesi yang paling aku suka, yakni materi motivasi “Soft Competency” yang disampaikan Bu Tammy Utanty. Meski waktu itu aku duduk paling pojok, tapi aku sangat tertarik dan bersemangat mengikuti materi ini.

Selasa, 9 Maret 2010

Hari kedua ini kami mengenakan pakaian olahraga. Materi hari ini adalah tentang dinamika kelompok. Kami nge-game dengan dipandu Bu Siti Yamtinah dan Bu Wah, seru! Kita juga diberi lembar isian bergambar bintang dan di kelima sudut bintangnya kami diminta menulis : dua tokoh idola, dua keberhasilan, dua kegagalan, tiga kata yang menggambarkan diri, dan dua cita-cita. Masih ingatkan kawan apa yang kalian tulis? (Hmm, kalau aku masih inget karena masih kusimpan ^^v).

Rabu, 10 Maret 2010

Materi ketiga sudah cukup berbobot, yakni “Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan NKRI” yang dipandu oleh Bapak Remedy Silalahi.



Kamis, 11 Maret 2010

Pagi buta kami berhadapan dengan salah satu anggota POLRI. Hmm, hari ini kami akan latihan baris-berbaris. Aku lupa siapa nama instrukturnya (ada yang masih ingat???). Setelah makan pagi, kami mendapat materi tentang “Budaya Kerja Organisasi Pemerintah” dengan pemateri Ibu Haryati Hudayah. Sorenya kami mendapat materi Bahasa Inggris dari Bapak Syarifuddin Nurdin.

Jumat, 12 Maret 2010

Setelah senam dengan instruktur yang autis (menjiplak kata-kata Bowo, karena sang instruktur gerakannya cepet banget), kami sarapan. Kemudian mendapatkan materi “Etika Organisasi Pemerintah” dari Bapak Arifin Heru Sasongko. Kalau biasanya kami selesai pukul 17.00, hari ini ada yang special karena setelah Maghrib, Pak Sekjen akan datang. Pada kesempatan ini Pak Sekjen banyak memberi kami motivasi dalam meniti karir di Kementerian Perdagangan kelak. Kami diminta menuliskan impian-impian kami kelak. Jadi ingat saat Mas Ivan bilang kalau ia ingin menjadi Sekjen kelak. Aamiin... ^^v

Sabtu, 13 Maret 2010

Setelah mendapat pelatihan baris-berbaris, kami mendapatkan materi “Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka NKRI” oleh Bapak Mudjadid Dulwathan. Sorenya dapat materi bahasa Inggris lagi.



Senin, 15 Maret 2010

Hari ini Pak Dulimin membersamai kami dalam materi “Manajemen Kepegawaian Negara” dan sorenya baru materi bahasa Inggris.

Selasa, 16 Maret 2010

Hari ini tanggal merah. Kami sepakat untuk liburan ke Bogor tepatnya di Kebun Raya Bogor. Seru juga. Hmm, kisahnya panjang kalau diceritakan, sebagian sudah aku ceritakan di atas. Pokoknya hari ini kami bahagiaaaaaa banget!

Rabu, 17 maret 2010

Hari ini kami mendapat materi tentang “Manajemen Perkantoran Modern” oleh Ibu Susilawati Sukmadji dan Ibu Amah Suryamah

Kamis, 18 Maret 2010

Ehem! Pada aksi baris-berbaris hari ini aku berkesempatan menjadi komandan pleton (danton) euy! Siaaaaap graak!!! Hehe...

Hari ini di kelas kami dapat materi “Komunikasi yang Efektif” dari Bapak Hendriana. Sorenya baru dapat materi bahasa Inggris.

Jumat, 19 Maret 2010

Setelah senam pagi dan sarapan, kami masuk kelas dan menerima materi “Membangun Kerjasama Tim” bersama Ibu Siti Yamtinah dan Ibu Amah Suryamah. Kedua ibu yang sangat bersemangat ini cukup menarik dalam menyampaikan materi.

Sabtu, 20 Maret 2010

Hari ini adalah hari terakhir kami mendapatkan materi utama dalam Diklat Prajabatan. Materi terakhir yang diberikan adalah “Pelayanan Prima” yang dipandu oleh Ibu Heny Hadiparmono dan Bapak Hadi Adji Susanto.

Senin, 21 Maret 2010

Ahad kemarin kebanyakan dari kami memilih bertahan di asrama karena hari ini pukul 08.00 kami UJIAN! Wah, soalnya studi kasus. Cukup seru sih!

Siangnya kami mendapat materi tentang “ATASE/ITPC Departemen Perdagangan”, dilanjutkan post test bahasa Inggris sore harinya.

Malam harinya kami mengadakan “PROM NIGHT”. Pesta perpisahan. Pada acara malam ini ada pemilihan peserta TER. Jujur, saya lupa siapa saja yang terpilih. Ada yang mau membantu mengingat? Tapi yang tidak terlupa adalah aba-aba dari Mas Sugeng saat jadi komandan di kelas. Hehe... Lucu! Selain itu adalah Mas Meymey yang dinobatkan menjadi maskot angkatan kita. Malam itu kami sharing, nge-game, foto-foto, dll. Super seru pokoknya!


Selasa, 23 Maret 2011

Hari terakhir baris-berbaris dengan POLRI, dilanjutkan evaluasi dari panitia dan acara terakhir adalah penutupan. Pada penutupan ini, kami diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Syukur. Awalnya kami kesulitan mencari dirigen, akhirnya terpilihlah Bowo yang memimpin kami menyanyi. Keren euy! Penutupan disampaikan secara resmi oleh Pak Sekjen Kemendag. Kami mendengarkan dengan hikmat. Aku sempat terkejut waktu Pak Sekjen menyampaikan rumus CHAMPION-ku. Ya, rumus CHAMPION ini memang sempat aku tulis dalam sebuah resume-ku yang dibaca Pak Sekjen. Wah, bahagianya.....


CHAMPION
C = Ciptakan semangat, motivasi, dan etos kerja yang tangguh
H = Hidupkanlah integritas dan profesionalisme dalam diri
A = Atur dan manfaatkan waktu dengan efektif dan efisien
M = Mengabdi sepenuh hati sebagai abdi negara dan abdi masyarakat
P = Pelihara komitmen dan konsistensi pada visi, misi, dan tujuan organisasi
I = Interaksi positif dengan memiliki etika dan norma kepada semua elemen
O = Optimalisasi kerja dengan dedikasi dan loyalitas yang tinggi
N = Niatkan untuk selalu berubah menjadi lebih baik, mulai dari diri sendiri, dari yang terkecil, dan dari saat ini.

S = Sukses untuk kita semua!!!
 


Pada akhir acara, terpilihlah tiga peserta terbaik yakni Mas Ramiaji, Mas Imam, dan Mas Usman. Selamat ya! Tapi, semuanya adalah JUARA! WE ARE THE CHAMPIONS! Secara ya kita tuh kompak banget dan kompetisinya juga fair banget. Semua saling menopang. Semua saling bekerja sama. Ahh, luar biasa!!!

I've paid my dues
Time after time
I've done my sentence
But committed no crime
And bad mistakes
I've made a few
and I've had my share of sand
Kicked in my face
But I've come through
And I need to go on and on and on and on


We are the champions - my friends
And we'll keep on fightin' till the end
We are the champions
We are the champions
No time for losers
'Cause we are the champions of the world

I've taken my bows
And my curtain calls
You've brought me fame and fortune
And everything that goes with it
I thank you all
But it's been no bed of roses no pleasure cruise
and I consider it a challenge before the whole human race
That I ain't gonna lose
And I need to go on and on and on and on

We are the champions - my friends
And we'll keep on fightin' till the end
We are the champions
We are the champions
No time for losers
'Cause we are the champions of the world


***

Dan hari ini kawan, kita bersama mengucapkan janji/sumpah PNS. Sekedar mengingatkan isinya :

Demi Allah, saya berjanji

Bahwa saya akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah

Bahwa saya, akan mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggung jawab

Bahwa saya, akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan Negara, Pemerintah, dan martabat Pegawai Negeri, serta akan senantiasa mengutamakan kepentingan Negara daripada kepentingan saya sendiri, seorang atau golongan

Bahwa saya, akan memegang rahasia sesuatu yang menurut sifatnya atau menurut perintah harus saya rahasiakan

Bahwa saya, akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan Negara.


***

Semoga janji di atas bukan hanya sekedar janji. Tapi benar-benar terpatri dalam hati dan teraplikasi dalam setiap aktivitas kita. Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita semua. Amin...


Jakarta, 060411_20:42
Aisya Avicenna (alias Etika Suryandari)
writer@www.aisyaavicenna.com


Tulisan ini diposting pada bulan April 2011 di blog sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna