Foire de Paris


Pameran ‘Foire De Paris’ di Perancis Perkuat Posisi Produk Ekspor Indonesia di Pasar Eropa
Indonesia diwakili oleh Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) Kementerian Perdagangan, berpartisipasi dalam pameran dagang kelas dunia bertajuk ‘Foire de Paris’ yang digelar mulai tanggal 29 April 2010 hingga 12 Mei 2010 di Paris, Perancis. ‘Foire de Paris’ merupakan salah satu pameran dagang terbesar dan bergengsi di Eropa. Pada tahun 2009 yang lalu, pameran ini dikunjungi oleh 612.572 pengunjung, terdiri dari para buyer dan importir yang berasal tidak hanya dari Perancis, tetapi dari negara-negara Eropa lainnya. Tahun ini, terdapat 3400 peserta yang berpartisipasi pada pameran Foire de Paris yang berasal dari 50 negara di dunia. 


Pameran ini diyakini akan dapat menyerap banyak buyers untuk datang dan bertransaksi karena lokasinya yang sangat strategis sebagai akses masuk negara-negara Eropa lainnya seperti Swiss, Jerman, Belgia, Spanyol dan Belanda.

Potensi pasar produk Indonesia di Perancis, yang merupakan salah satu negara terbesar di Eropa Barat, dengan populasi mencapai 64,06 juta jiwa dan PDB per kapita lebih dari US$ 32.800 (2009) merupakan pasar potesial Indonesia yang perlu terus digarap. Neraca perdagangan Indonesia-Perancis pada tahun 2009 sebesar US$ 763,65 juta dengan tren 2005-2009 sebesar 75,73%. Ekspor nonmigas Indonesia ke Perancis selama periode 2005-2009 menunjukan tren positif yaitu sebesar 9,7%. Pada tahun 2009, nilai ekspor sebesar US$ 869,43 juta atau turun sebesar 7,2% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2008 dengan nilai sebesar US$ 937,71 juta.


Dengan partisipasi Indonesia pada pameran ‘Foire de Paris’, diharapkan akan meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia serta menciptakan lapangan kerja baru. Pameran ‘Foire de Paris’ merupakan salah satu sarana promosi ekspor yang efektif, melalui pameran ini diharapkan terjadi kontak dan kontrak dagang antara pelaku usaha di Indonesia dan di Eropa. Selain itu, melalui pameran ’Foire de Paris’ diharapkan citra Indonesia sebagai salah satu negara pema
sok barang ekspor akan meningkat. Citra tersebut akan memantapkan dan meningkatkan pangsa pasar produk ekspor Indonesia di Perancis dan Eropa pada umumnya.


Stand Indonesia pada pameran ’Foire de Paris’ berada di tempat yang strategis. Dengan luas sebesar 80 m2 yang ditempati 14 perusahaan jewelry, home decoration, furniture, dan handicraft, Indonesia tampil secara utuh dan lengkap. Dengan proses seleksi perusahaan melalui kurasi produk yang dilakukan, diharapkan tujuan keikutsertaan Indonesia pada pameran ini dapat tercapai.
Sumber : www.depdag.go.id
***


Hmm... chayo INDONESIA!!!
Moga suatu saat nanti bisa...
”Berkontemplasi di bawah Menara Eiffel”
De bonnes vacances!!!

Jakarta, 050510_08:55
Aisya Avicenna


Tulisan ini diposting pada bulan Mei 2010 di blog sebelumnya

Aisya Avicenna
 

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna