Wahai Pemuda, Buktikan Merahmu!


Pemuda adalah individu yang merupakan bagian dari masyarakat, dan pemuda adalah salah satu individu pilihan yang paling banyak kontribusinya di masyarakat, paling dinamis dan paling berpengetahuan. Masyarakat dapat bangkit bersama gerakan pemuda dan masyarakat akan diam dan tertinggal jika pemuda melalaikan kewajiban dan perannya.
Musthofa Muhammad Thahan menjelaskan tentang kekuatan pemuda :
1. Sektor pembebasan dan kemerdekaan
Pemuda adalah kemampuan, tekad, keberanian, dan kesabaran menghadapi tantangan. dengannya ummat menghalau musuh dan mengangkat bendera kejayaannya.
2. Sektor pemikiran dan Pembentukannya
Pemuda adalah unsur kokoh yang mampu belajar keras, menguasai dan menghasilkan pemikiran serta pembaruan. Ibarat ranting yang amsih segar, kelenturannya cukup untuk terbentuknya pemikiran sekaligus mentransformasikan pemikiran tersebut kepada orang lain.
3. Sektor Iman dan Amal
Iman yang diam dan kehilangan dinamika tidak ada harganya , sedangkan keimanan pemuda selalu memunculkan energi tersembunyi yang besar dalam bentuk gerakan membina umat.
4. Sektor Perubahan
Pemuda adalah pelopor dan sarana perubahan, Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai mereka mengubah kondisi jiwa mereka. Sedangkan pemuda memiliki kekuatan jiwa yang besar, maka perubahan yang dilakukannya pun besar.

Hasan Al Banna pernah berkata: “Sesungguhnya sebuah pemikiran itu akan berhasil diwujudkan manakala kuat rasa keyakinan kepadanya, ikhlas dalam berjuang di jalannya, semakin bersemangat dalam merealisasikannya dan kesiapan untuk beramal dan berkorban dalam mewujudkannya. Keempat rukun ini—iman, ikhlas, semangat, dan amal) merupakan karakter yang melekat pada diri PEMUDA, karena sesungguhnya dasar keimanan itu adalah nurani yang menyala, dasar keikhlasan adalah hati yang bertaqwa, dasar semangat adalah perasaan yang menggelora, dan dasar amal adalah kemauan yang kuat. Itu semua tidak terdapat kecuali pada diri para pemuda.” (Ustadz Asy-Syahid Hasan Al-Banna)

“Oleh karena itu, sejak dulu hingga sekarang pemuda merupakan Pilar kebangkitan. Dalam setiap kebangkitan, pemuda adalah rahasia kekuatannya.Dalam setiap fikroh, pemuda adalah pengibar panji-panjinya” (Ustadz Asy-Syahid Hasan Al-Banna)

Kualitas generasi muda merupakan cerminan masa depan bangsa. Pemuda bagian solusi dari keterpurukan negara Indonesia saat ini. Oleh karena itu, diperlukan persiapan kepada generasi islam untuk dapat berkompetisi dan mengambil peran yang lebih besar
Poros perubahan besar, perubahan pada individu tokoh muda, perubahan orang-orang muda yang mengiringi dan menyokong perjuangan tokoh muda tadi.

Poros pertama: Perubahan Tokoh Muda
Nabi Muhammad Saw telah memerankan diri sebagai agen perubahan dan rujukan alam masyarakat sejak usia sangat belia hingga dipenghujung usianya
Ø Usia 0 – 4 tahun; sudah menjadi yatim à
psikologi dan fisik telah distuktur dengan baik
Ø Usia 4 – 6 tahun; pembelahan dada, kembali ke ibunya à
kematangan spiritual dan kecukupan kasih sayang
Ø Usia 6 – 8 tahun; tinggal bersama kakeknya à
pengalaman politik yang intensif
Ø Usia 8 tahun; bekerja mengembala kambing bersama pamannya
Ø Usia 12 tahun; bisnis internasional bersama pamannya
Ø Usia 15 tahun; pengalaman militer dalam perang Fijar
Ø Usia 20 tahun; pengalaman diplomatik à pengokohan kredibilitas sosial
Ø Usia 25 tahun; menikahi khodijah à kepala keluarga
Ø Usia 25 – 35 tahun; telah memiliki pengalaman sebagai kepala keluarga, pedagang, orang kaya, pemuka masyarakat,dan berbagai aktifitas sosial
Ø Keseluruhan proses ini telah menempa Rasulullah sebagai sosok yang Sangat matang dan memadai untuk mengemban risalah kenabian dan melakukan kerja besar membangun peradapan Islam
“ Saya wasiatkan para pemuda kepadamu dengan baik, Sebab mereka berhati halus. ketika Allah mengutus diriku Untuk menyampaikan agama yang bijak ini, maka kaum mudalah yang pertama-tama menyambut saya, sedang kaum tuanya menentangnya ( Al HADIST)
Produk Pemuda binaan Rasulullah
ü Ali bin abi Thalib dibina sejak 8 tahun
ü Zubair bin Awwam 8 tahun
ü Arqam bin Abi Arqom 16 tahun
ü Ja`far bin Abi Thalib 8 tahun
ü Saad bib Abi Waqqas 17 tahun
ü Ustman bin Affan 17 tahun
ü Usamah bin Zaid 18 tahun
ü Shahih Ar Rumy 19 tahun
ü Zaid bin Haridsah 20 tahun
Profil Zubair bin Awwam 
ü Assabiqunal Awwalun ( 7 orang pertama masuk Islam )
ü Mendapat sebutan “Pedang pertama yang dihunuskan”
ü Mendapatkan siksaan dari pamannya di usia belia
ü Termasuk golongan 10 orang yang dijamin masuk sorga
ü Ahli musyawaroh yang enam setelah meninggalnya
Umar bin khotob
ü Mengikuti hijrah ke Habsy dua kali dan ahli perang
ü Pahlawan perang Hunain
POTRET PEMUDA KITA
“ Maka datanglah setelah mereka generasi yang yang lemah,Yang meninggalkan sholat dan mengikuti syahwat, maka mereka Akan menemukan jalan kesesatan (Q.S. 19 : 59)
Inilah Faktanya
Valentine`s Day
Musik
Narkoba
Seks bebas
Tawuran
Kualitas SDM yang rendah

Kalau memang pemuda memiliki kekuatan yang luar biasa, pertanyaannya adalah kenapa sampai saat ini umat Islam tak kunjung bangkit dari keterpurukannya??. Bila seluruh umat Islam diibaratkan sebagai satu bentuk yang kokoh, maka pemuda adalah tulang punggungnya, pemuda adalah tulang punggung kebangkitan Islam, apa yang terjadi pada sebuah tubuh bila tulang punggungnya retak, keropos, atau bahkan patah ??Ada diantara pemuda yang tumbuh dalam suasana bangsa yang sulit dan bergejolak, dimana kesadaran akan eksistensi diri selaku muslim dan keinginan untuk membangkitkan umat ini telah begitu kuat tertanam dalam dirinya.

Ada juga diantara para pemuda yang tumbuh dalam suasana bangsa yang bejat dan rusak, dimana para pemimpinnya tak mampu mensejahterakan rakyatnya, ketimpangan sosial begitu menganga, pengaruh barat telah merasuk hebat, gaya hidup yang hedonis dsb. Sehingga pemuda yang tumbuh dalam suasana ini aktivitasnya lebih banyak tertuju pada dirinya sendiri daripada pada umatnya, dia pun kemudian cenderung hura-hura, dan main-main karena untuk menenangkan hatinya, meski sementaraKetika kesadaran, secara perlahan mulai menyelimuti hati kita, maka satu hal yang mesti kita lakukan adalah : BERGERAK !!! karena sesungguhnya perubahan tidak akan pernah terjadi jika hanya DIAM.Perhatikan kondisi di sekitar kita, layakkah itu kita sebut sebagai situasi yang Islami?? Benarkah pendidikan yang kita jalani adalah pendidikan yang sesuai dengan spirit Islam? Apakah pergaulan di masyarakat mencerminkan semangat persaudaraan Islam? Kalau tidak, segera susun kekuatan, galang persatuan dan gunakan sarana-sarana yang ada untuk MEMPERBAIKINYA!

“Putaran waktu akan memperlihatkan pad
a kita peristiwa-peristiwa yang mengejutkan dan memberikan peluang kepada kita untuk berbuat. Dunia akan melihat dakwah kita adalah hidayah, kemenanganm dan kedamaian yang dapat menyembuhkan dari rasa sakit yang dideritanya. Setelah itu tibalah giliran kita untuk memimpin dunia karena bumi tetap akan berputar dan kejayaan itu akan kembali kepada kita. Hanyalah Allahlah harapan kita satu-satunya maka bersiap-siaplah dan berbuatlah, jangan menunggu datangnya esok, karena bisa jadi engkau tidak bisa berbuat apa-apa esok hari. Kita memang harus menunggu putaran waktu itu, akan tetapi kita tidak boleh berhenti, kita harus berbuat dan terus melangkah, keran kita tidak mengenal kata berhenti dalam berjuang.” (Ustadz Asy-Syahid Hasan Al-Banna)

Sumber : UNTUK PARA PEMUDA MUSLIM (Aang Fahruroji, S.Si) dan catatanQ Daurah Marhalah I KAMMI (2007)
28 Oktober 1928, 81 silam.. para pemuda Indonesia bersatu padu mengikrarkan sebuah janji suci sebagai tanda bakti mereka pada bumi pertiwi. Semoga ini menjadi pengingatan buat kita semua dan menjadi “dopping” semangat bagi kita, para pemuda Indonesia, untuk bersatu dan berjuang keras membangun bangsa yang saat ini “semakin rapuh”
LET’S MOVE!!! LET’S FIGHT!!!!!!!!!!!
SUMPAH PEMUDA
1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa yang peduli lingkungan dan sesama.
2. Kami putra dan putri Indonesia ,mengaku berbahasa satu, bahasa cinta alam semesta dan isinya.
3. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertanah air satu, tanah air yang bersih, sehat dan bebas polusi.
WAHAI PEMUDA, BUKTIKAN MERAHMU!!!!

Backsong : MARS PEMUDA ISLAM
Wahai pemuda Islam bersatulah
Dunia Islam menantilangkah sucimu
Luruskan niat di hati
Rapat barisan sejati
Jadikan diri pemuda Rabbani
Allah ghayatuna
Muhammad qudwatuna
Qur’an dusturuna
Jihad sabiluna
Allah tujuanku
Muhammad teladanku
Qur’an petunjukku
Dan Jihad jalanku
Syahid di jalan Allah cita-cita tertinggi..


Zona Supertwin, 281009_05:37
Pagi yang cerah untuk semakin mantapkan langkah menuju aktivitas yang semoga senantiasa menuai berkah… Aamiin


(Tulisan ini diposting pada bulan Oktober 2009 di blog sebelumnya)
Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna