Salah Tempat, tapi FULL MANFAAT!

Ahad, 15 Maret 2009 bertempat di Aula Fakultas Ekonomi UNS kembali aku meninggalkan jejak dalam sejarah hidupku…

Bersama dua orang adik kos menuju tempat tersebut dengan satu niatan.. mengikuti Learning Motivation Training. Sekitar pukul 08.45 sampai di Aula FE.. tapi ternyata yang ada di sana kebanyakan anak SMA dengan berbagai seragam sekolahnya. Benar gak nih ini acaranya untuk mahasiswa juga??? (ada tanda tanya besar di benakku…). Soalnya beberapa waktu lalu, Akh Danang IPB (Sang Pembuat Jejak) bercerita kalau akan ke Solo untuk mengisi training motivasi untuk anak SMA yang diselenggarakan BPPI FE, tapi beliau tidak jadi mengisi karena sibuk meneliti “mikroalga”-nya. Apa ini ya acara yang dimaksud? Wah… salah tempat nih…


Waktu menuju meja presensi akupun bertanya pada panitia apa mahasiswa juga boleh ikut acara ini??? Alhamdulillah, ternyata memang sasarannya umum (pelajar dan mahasiswa). Akhirnya, kita masuk ruangan dengan tenang. Memang sih, kebanyakan pesertanya siswa SMA se-Eks Karesidenan Surakarta, tapi mahasiswa juga ada.. jadi serasa muda lagi.. (memang masih muda sih..)
LUAR BIASA‼! FULL MANFAAT‼!


Itulah yang menggebu dalam hati ini saat acara tersebut usai. Seperti apa to acaranya kok sampai segitunya??? Sabar 3x.. Aku akan bagi-bagi cerita nih…


Acara yang bertajuk Learning Motivation Training (LMT) ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh Badan Pengkajian dan Pengamalan Islam (BPPI) FE UNS. Dalam acara yang bertemakan Gapai Cita Gaya Anak Muda ini menghadirkan seorang trainer yang SANGAT.. SANGAT… dan SANGAT LUAR BIASA‼! Siapakah beliau??? Selain trainer, beliau terkenal juga sebagai penulis. Bahkan beberapa bukunya menjadi best seller. Sebut saja, From Zero to Hero, Way to Win, Deadline Your Life, Quantum Tarbiyah, The Great Power of Mother, Tarbiyah Dzatiyah, dll. Sudah tahu siapa beliau?? Yup, beliau adalah Ustadz Sholihin Abu Izzudin. Meski sudah sekitar 5x aku mengikuti training beliau, tapi aku tak pernah bosan.. Why? Bcoz beliau adalah inspirator hidupku juga.. Sangat memotivasi diri ini.. Pun juga pada LMT ini.. mencharger semangat tuk lebih berprestasi lagi dan juga sebagai langkah awal untuk menyelesaikan tugas akhirku.. So, visi utamaku ikut LMT = CHARGER SEMANGAT TUK SELESAIKAN SKRIPSI… (niatan sejak pertama kali baca pamfletnya…)


Sebelum Ust. Sholihin beraksi.. acara diawali dengan p
enampilan grup nasyid FE yaitu AL BANA yang menyenandungkan 5 buah nasyid yaitu Say Assalamu’alaykum, Optimis Sajalah, Penghambaanku, Keimanan, dan ABG. Ikutan nasyidan juga..maklum.. vokalisnya STREAM (Seni dan Teater Akhwat Mipa..hihihi…).

Tibalah giliran Ust. Sholihin beraksi di panggung.. Simak inspirasi dan motivasi dari beliau (yang aku tulis di sini hanya point-point nya saja, coz aku nulisnya sampai 8 halaman di buku “Agenda Shalihah”-ku…)

THINK FRESH… DO THE BEST… BE THE BEST.. GET THE BEST‼!Pemuda harus mengambil peran, jangan sampai hidup tanpa cita-cita..
Terdapat 4 fungsi otak yaitu : menyimpan, mengumpulkan, mengolah, dan menghasilkan. So, manfaatkan potensi otak tersebut untuk menjadi PRIBADI DAHSYAT FULL MANFAAT… Jangan menunda-nunda pekerjaan, karena sama saja menumpuk kesulitan (survey membuktikan, aktivis mengiyakan..hehehe). Jadilah PRIBADI YANG MENYEJARAH‼!


Ada tiga jalan menuju sukses, yaitu :
1. TEMUKAN POTENSI
2. DAHSYATKAN POTENSI ITU
3. MANFAATKAN POTENSIMU‼!


Ketika kamu menemukan masalah, TULISLAH masalahmu‼ (Saat training ini, semua peserta diminta menuliskan semua masalah yang menghambat studinya, kemudian dimasukkan ke dalam BOLA MASALAH dan salah satu peserta ikhwan diminta menendangnya…GOLLL‼!). Interpretasinya, kalau kita dihadapkan pada suatu masalah, jangan dihindari dan ditinggalkan, tapi tulis, análisis, dan selesaikanlah‼!
Untuk menjadi orang yang sukses, gunakanlah otak kiri dan otak kanan. Terdapat 4 bagian otak, antara lain :
1. Belahan Kiri Atas = FAKTA
Logika, análisis, fakta, kuantitatif, rasional, penalaran
2. Belahan Kiri Bawah = DETAIL
Organisir, teknis, urut, bahasa, terencana, rinci, sistem, terarah
3. Belahan Kanan Atas = GLOBAL IMAJINER
Holistik, visual, spasial, 3D, kualitatif, pola acak, rekaan, intuitif, terapan, sintesis
4. Belahan Kanan Bawah= EMOSIONAL
Interpersonal, perasaan, kinestetik, emosional, pengakuan
Akuilah KEBAHAGIAANmu‼!


Sabda Rasulullah SAW : “Barangsiapa yang merasa bahagia dengan kebaikannya dan merasa sedih dengan keburukannya, maka ia termasuk orang yang beriman.”
VISI dalam BELAJAR : SELALU LEBIH BAIK
BIG IS POWERFULL
MEDIUM IS WONDERFULL
SMALL IS BEAUTIFULL

Menjadi penting itu baik, tapi MENJADI BAIK ITU LEBIH PENTING…
YAKINLAH.. ALLAH SWT tidak akan menyia-nyiakan kita..


Setelah itu diputarkan film indie karya mahasiswa Jogja dengan durasi 20 menit yang berjudul “DJIMAT”


Film yang sangat lucu tapi full inspirasi… Bercerita tentang seorang siswa SMA bernama Slamet yang sudah 2x ujian nasional tidak lulus (sudah 5 tahun di SMA..dasar cerdas..hihihi). Suatu hari, saat akan berangkat sekolah, dia bertemu dengan rekan SMA-nya dulu yang kini sudah kuliah. Namanya Said. Slametpun bercerita pada Said akan permasalahannya. Dia bercerita bahwa kemarin dimarahi ayahnya karena tidak kunjung lulus. Akhirnya Said memberikan beberapa solusi. Solusi terakhir, Said mengajak Slamet menemui “orang pintar”. Keesokan harinya, dengan mengendari sepeda onthel tuanya, Slamet dan Said berboncengan menuju kediaman “orang pintar” yang diusulkan Said. Di dalam rumah yang terkesan seram itu, Said dan Slamet berhadapan dengan “orang pintar” itu. Ada tiga wejangan yang diberikan olehnya pada Slamet yaitu :
1. Punyai NIAT yang KUAT
2. Fokuslah saat BELAJAR
3. Awali dengan Basmalah


“Orang pintar” itu pun menyerahkan sebuah keris pada Slamet. Setelah bertemu dengan “orang pintar” itu, Slamet pun berubah. Dia menjadi rajin belajar dan terus melaksanakan tiga petuah penting dari “orang pintar” itu. Akhirnya, dia pun berhasil.. LULUS juga akhirnya. Bersama dengan Said, Slamet menuju rumah “orang pintar” itu. Waktu membuka pintu, “orang pintar” itu menyambut mereka dengan senyum teduh dengan berpakaian islami (baju koko + peci). Slamet kaget. Di dalam rumah akhirnya semua terkuak sudah. Ternyata, sang “orang pintar” itu sebenarnya adalah ayah dari Said yang kebetulan beliau adalah seorang ustadz di kampung itu. Dan keris yang ia berikan adalah keris yang dipinjam dari perias pengantin. Hehehe… Slamet terjebak..tapi dalam kebaikan. Sang ustadz berpetuah bahwa sebenarnya di dunia ini tidak ada orang bodoh, yang ada hanyalah orang MALAS… SLamet itulah contohnya…
Wah, bener2 film yang inspiratif…KEREN!


Jadi inget rumusnya Mbah Einstein .. E = MC2. Kalau diinterpretasikan E = Energi, M = masa (waktu), C = Cara. Artinya, kita memiliki waktu dan energi yang sama, tapi cara kita memanfaatkan dan menggunakan keduanyalah yang membuat kita berbeda…
Setelah itu, semua peserta diminta berdiri dan kita semua pun bernyanyi sambil berjanji.. (dinyanyikan versi “padamu negeri”)
Pada-Mu Rabbi kami berjanji
Pada-Mu Rabbi kami berbakti
Pada-Mu Rabbi kami mengabdi
Bagi-Mu Rabbi…jiwa raga kami….


“Saya berjanji untuk melangkah sungguh-sungguh sepenuh hati. Saya tidak akan pernah terpaksa dalam belajar dan menjalani hidup ini karena hidup adalah proses belajar yang tiada akhir. Allah menjadi saksi atas janji saya ini. ALLAHU AKBAR‼!”

Janji itu membuat kita terinspirasi, termotivasi, memproduksi kerja setiap hari, dan BERPRESTASI TIADA HENTI…
Jika kamu bersungguh-sungguh menempuh jalan ini, maka Allah akan memberikan banyak kemudahan.


Allah mengikuti persangkaan hamba-Nya. So, always KHUSNUDZON THINKING ya‼!
Re-CODE your OCEAN STUDY..1. Openess to Experience, terbuka untuk pengalaman baru.
2. Consisten, mempertahankan integritas (antara idealita dan realita sama)
3. Extroversion, jujur dan terbuka
4. Agree ableness, menghargai dan menyetujui gagasan orang lain
5. Neuroticisme, siap hadapi tekanan, tantangan, dan ujian.

Állah menguji kamu untuk mengetahui siapa di antara kamu yang baik amalnya
Belajar merupakan bagian dari keyakinan kita pada Allah SWT. “Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka ia telah menempuh jalan menuju surga.”

Kemudian , kita diminta berdiri kembali kemudian menyenandungkan nasyid “KEIMANAN” bersama-sama…. SO SWEET…

Andai matahari di tangan kananku
Takkan mampu mengubah yakinku 

Terpatri dan takkan terbeli
Dalam lubuk hati…

Bilakah rembulan di tangan kiriku
Takkan sanggup mengganti imanku
Jiwa dan raga ini
Apapun adanya…

Andaikan seribu siksaan…
Terus melambai-lambaikan derita yang mendalam
Seujung rambutpun aku takkan bimbang
Jalan ini yang kutempuh
Bilakah ajal kan menjelang..
Jemput rindu-rindu syahid yang penuh kenikmatan
Cintaku hanya untuk-Mu
Tetapkan muslimku…selalu… 


Mengharukan… jadi muhasabah diri…

Sukses BELAJAR??? Harus KREATIF dan INOVATIF. Temukan banyak cara menuju sukses. Waktu berbanding LURUS dengan PRESTASI.
”Allah meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu di antara kamu beberapa derajat.” (Q.S. AL Mujadillah : 11)

Meski waktu kita terbatas, manfaatkan keterbatasan itu dengan sebaik-baiknya. Karena orang yang sukses adalah orang yang mampu BERPRESTASI dalam KETERBATASAN.
NIAT + LAKUKAN = TUJUAN (SUKSES)
Orang yang cerdas adalah orang yang selalu ingat LIMIT WAKTU. Ingat 5 perkara sebelum 5 perkara..
1. KAYA sebelum MISKIN
2. MUDA sebelum TUA
3. LAPANG sebelum SEMPIT
4. SEHAT sebelum SAKIT
5. HIDUP sebelum MATI

Ingat, ..1.) NIAT, 2.) T-KAD (Tulis semua rencana, Kerjakan rencana tersebut, Dokumentasikan prestasi sebagai rasa syukur…).
KEYAKINAN → TINDAKAN → POTENSI → HASIL → KEYAKINAN → dst (diagram alir)
So, be HERO (Happy Ending full baROkah..)
Jangan sampai kita mati tanpa mati meninggalkan JEJAK SEJARAH dalam hidup kita…
SUBHANALLAH… BENAR-BENAR ACARA YANG LUAR BIASA…
Mungkin cukup sekian liputan dariku..hehehe…ntar kalau ada acara LUAR BIASA lagi yang aku ikuti.. aku pasti bagi-bagi cerita di blog ini…

TUNGGU KISAHKU SELANJUTNYA…

160309_05:42
Tiap HARI harus LEBIH BERPRESTASI….


(Tulisan ini diposting pada bulan Maret 2009 di blog sebelumnya)

Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna