MITI AWARD Mahasiswa Se-JATENG DIY

Satu lagi momentum besar kembali terukir dalam hidupku…
Sabtu, 27 Juni 2009, pukul 09.00 WIB, bertempat di Ruang Aula Fakultas Ekonomi UNS, Kabinet Perlawanan BEM UNS, Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) BEM UNS, dan Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) Mahasiswa menggelar SEMINAR IPTEK dengan tema ”Establishing Excellent Generation by Scientific and Technological Culture”. Pada seminar IPTEK ini menghadirkan dua pembicara yang sangat kompeten dalam bidangnya, yaitu :
1. Prof. Dr. Sutarno, M.Sc, PhD(Dekan MIPA dan Teknolog UNS). Beliau menyampaikan materi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan penelitian : bagaimana cara melakukan riset, tips membuat proposal riset, cara-cara mencari topik riset, dll.
2. Dr.Warsito, M.Eng (Ilmuwan, Ketua MITI Pusat, Penemu Electrical Capacitance Volume Tomography/ECVT. Beliau menyampaikan pengalamannya sendiri untuk mendapatkan penemuan Foto scan 4 Dimensi atau disebut Volume Tomography. Beliau mulai sejak tahun 1995 dan baru benar-benar menjadi produk baru tahun 2008. Dengan bangga beliau mempresentasikan alat yang bernama second Generation ECVT MADE IN INDONESIA.
Setelah acara SEMINAR IPTEK ini, dilanjutkan dengan final MITI Paper Competition. Pada sesi kali ini tiga finalis yang telah terseleksi, mempresentasikan paper penelitiannya dan pemenangnya adalah :
1. Juara I : Ari Purwani (Fakultas Kedokteran Gigi UGM angkatan 2005)
2. Juara II : Sumayyah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNDIP angkatan 2005)
3. Juara III : Umar Hafidz A (Fakultas Pertanian UNS angkatan 2004)

Rangkaian acara selanjutnya adalah penganugerahan MITI-AWARD 2009. Pihak MITI wilayah JATENG-DIY telah menyeleksi peserta dari berbagai universitas se JATENG-DIY dan akhirnya terpilihlah 5 finalis. Peserta MITI-AWARD adalah mahasiswa yang tidak hanya berprestasi dalam hal akademis, tapi juga dalam organisasi (sebagai aktivis).
Berikut ini kisah selengkapnya tentang perjalananku dalam MITI-AWARD 2009
Saat itu, tanggal 8 Juni 2009, saat aku buka email..kudapati pengumuman MITI-AWARD seleksi tahap I. Inilah isi email itu [dengan sedikit revisi]….

Terima kasih atas partisipasi aktivis mahasiswa se DIY-Jateng dalam ajang MITI- Award wilayah JaDiy. Panitia menerima 107 data dari 10 kampus. Dari data-data tersebut diambil data yang memenuhi semua persyaratan dengan poin minimal 60. Dari proses penilaian, nama-nama berikut berhak mengikuti seleksi tahap II:
1. Windy Olivia (UNDIP)
2. Ihsan Ciptadi (UNS)
3. Tutut Wulandari (UNS)
4. Andri Javs (UGM)
5. Anton Prasojo (UGM)
6. Ulil Fadhilah (UNS)
7. Siti Fathonah (UNS)
8. Etika Suryandari (UNS)
9. M Zia Anggiawan (UGM)
selamat kepada para kandidat!
Tahap II MITI Award merupakan tahap seleksi penulisan essai formal. Kandidat diminta untuk menulis essai dengan tema dan ketentuan sebagai berikut:
Tema: "Bangkit bersama membangun bangsa yang cerdas, bermoral, dan bermartabat"
Subtema:
1. Revitalisasi Peran media dalam pencerdasan bangsa
2. Mengulik budaya baca bangsa
3. Ironi Pengangguran Intelektual
4. Ilmuwan dan Pengentasan Kemiskinan
5. Gerakan Mahasiswa dan Upaya Pencerdasan Bangsa

Sifat, Isi dan ketentuan tulisan adalah sbb:
1. Kreatif dan objektif
 Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk memberikan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara devergen atau terbuka.
 Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan persoalan yang subjektif, dan tidak mengandung unsur SARA.
 Tulisan sebaiknya didukung oleh data/informasi yang terpercaya
 Orisinal, bukan jiplakan atau duplikasi
2. Logis
Penyampaian ide disampaikan dengan logika perfikir yang runtut
3. Hasil tulisan belum pernah dipublikasikan di manapun dan merupakan hasil tulisan individu (bukan kelompok)
4. Essai ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik, diketik di kertas A4, font Times New Roman, 6-12 halaman, spasi 1,5.
5. Tulisan dikirim ke email 
ellita_haniifa@ yahoo.com, dan di-cc ke email hamba4jji85@ yahoo.compaling lambat tanggal 18 Juni 2009
Seleksi tahap II menjaring 5 kandidat terbaik untuk menuju seleksi tahap III


Angka 8 yang Bersejarah
Setelah membaca email itu… Alhamdulillah, betapa bahagianya diri ini. Allah SWT telah memberiku kesempatan untuk dapat mencetak prestasi lagi. Akhirnya, dengan tekad bulat 360 derajat (lingkaran nih!!) aku putuskan untuk menulis essay dengan tema ke-3 yakni “Ironi Pengangguran Intelektual”. Alhamdulillah essay tersebut selesai dalam waktu tiga hari dan akhirnya pada tanggal 17 Juni 2009, essay itu aku kirimkan. Essay yang berjumlah 8 halaman karena aku kandidat nomor 8 (hehe..sebenarnya juga karena aku suka partai nomor 8). Oh ya, essay yang aku tulis berjudul “Koalisi Mahasiswa, Perguruan Tinggi, Pemerintah, dan Pengusaha untuk Mengurangi Pengangguran Intelektual di Indonesia” (bisa dibaca di archive bulan Juni dengan judul “Go to Final MITI-AWARD 2009”.

Hari-hari setelah pengiriman itu..aku lalui dengan semangat yang semakin dahsyat!!
Dan tibalah hari yang menentukan
23 Juni 2009, saat ku buka emailku yang bernama akhwat_visioner@yahoo.com. Kudapati email ini….

MITI-Award tahap II wilayah Jateng-DIY telah selesai dilaksanakan. Kesembilan orang kandidat telah memberikan pandangan-pandangan dan tawaran solusi yang cerdas dari beberapa permasalahan dalam tema yang diberikan. Setelah memberikan penilaian dari berbagai aspek, dewan juri memutuskan lima nama berikut berhak mengikuti seleksi akhir tingkat wilayah DIY-Jateng:1. Siti Fathonah (UNS)
2. Anton Prasojo (UGM)
3. Andrie Javs (UGM) 
4. Etika Suryandari (UNS)
5. Tutut Wulandari (UNS)
Selamat kepada lima terbaik!
Tahap ke-III atau tahap akhir dari seleksi MITI-Award di wilayah adalah seleksi pemaparan dengan bahasa asing yang dikuasai. Mekanisme kompetisi adalah sebagai berikut:
1. Kandidat tampil satu persatu sesuai dengan nomor urut (yang ditentukan kemudian)
2. Setiap kandidat diminta memilih amplop berisi satu pertanyaan (bersifat personal). Pertanyaan akan dibacakan oleh juri dan kandidat memberikan jawaban dengan bahasa asing yang dikuasainya. Durasi pemaparan jawaban maksimal 3 menit.
3. Setelah semua peserta tampil, juri akan menyeleksi tiga kandidat terbaik yang berhak melanjutkan ke babak final
4. Tiga finalis tampil satu persatu dan masing2 akan diberikan pertanyaan yang sama, dengan tema pendidikan. Finalis yang belum mendapat giliran akan ditempatkan di ruang terpisah.
5. Dewan juri kemudian akan menentukan pemenang MITI-Award wilayah DIY-Jateng
6. Keterangan tambahan: forum kompetisi MITI-Award tahap III adalah forum berbahasa Inggris.
Hal-hal teknis yang perlu diperhatikan oleh peserta:
1. Seleksi akan dilakukan pada hari Minggu, 29 Juni 2009 pukul 13.00 WIB di kampus UNS. Kandidat harap tiba di tempat maksimal 1 jam sebelum acara dimulai.
2. Pakaian
Putri : baju dan jilbab warna merah marun, rok hitam, sepatu hitam
Putra : kemeja warna merah marun, dasi, celana panjang warna hitam, sepatu hitam
Yogyakarta, 22 Juni 2008
Atas nama Dewan Juri MITI-Award tahap II wilayah Jateng-DIY
Ellita Permata W.


Alhamdulillah…terima kasih Ya Allah.. betapa bahagianya aku saat itu..Tapi ada kebingungan juga yang bergelayut dalam benakku… Tanggal 27 Juni final MITI-AWARD, sedangkan aku sama sekali belum mempersiapkan bahan Seminar Tugas Akhirku pada hari Senin, 29 Juni 2009.
HP Nokia 5300 ku bergetar (lagi bosen berbunyi karena speakernya agak error)….Ternyata dari panitia MITI-AWARD Solo. Beliau memberitahukan kalau FINAL MITI-AWARD dilaksanakan tanggal 27 Juni 2009 setelah SEMINAR IPTEK dan finalis diminta mempersiapkan presentasi essay-nya dengan menggunakan bahasa asing yang dikuasai. Wow…
Hari itu, Rabu 24 Juni 2009…ketiga dosen yang akan mendampingi aku dalam SEMINAR TUGAS AKHIR sudah menyepakati bahwa Senin nanti bisa mendampingi aku pukul 11.00 WIB. Tinggal mencari ruangan, pikirku kala itu. Akhirnya, aku dan Kurnia Lutfi (teman risetku yang juga berencana seminar hari Senin), mencari tempat yang representatif untuk seminar karena diindikasikan banyak ruangan yang akan dipakai untuk SNMPTN tanggal 1-2 Juli 2009. Dan ternyata memang benar, seluruh ruangan di FMIPA akan dipakai. Ada sisa 1 ruangan yaitu ruang sidang I Gedung A FMIPA, tapi tidak begitu representatif. Awalnya kita sepakat tetap memakai ruangan itu…

Kamis, 25 Juni 2009..pagi ini aku menelepon dosen pembimbingku, Bp. Sugiyanto… Aku menceritakan semuanya..mulai dari ruangan seminar sampai final MITI-AWARD…akhirnya, beliau menyarankan untuk waktu seminarnya diundur hari Jumat, 3 Juli 2009 saja.. LEGANYA!!!! Segera aku menghubungi Kurnia, Bp. Sutrima dan Ibu Etik ..Alhamdulillah, semua tidak merasa keberatan …CES..BENA R-BENAR LEGA!!! Akhirnya, aku bisa fokus untuk menghadapi final MITI-AWARD itu. Siangnya, ngantor ke PORSIMA BEM UNS, mencoba mencari inspirasi dan bantuan juga untuk mentranslate essayku ke dalam Bahasa Inggris. Tapi tak ada progress yang signifikan… Menjelang ashar, berjalan kaki menuju masjid Nurul Huda UNS.. dengan hati yang penuh harap… memohon petunjuk dari-Nya. Setelah shalat Ashar, Dhek Nunk mempertemukan aku dengan Dhek Aya (Sastra Inggris 2006). Alhamdulillah, Dhek Aya bersedia membantuku, bahkan aku diperbolehkan mabit di kosnya hari Jumat. Terima kasih Ya Rabb.. NH menjadi saksi betapa bahagia dan bersyukurnya aku di sore itu… Setelah dari NH, kembali ke PORSIMA untuk rapat bersama rekan-rekan Departemen Kominfo. Malam harinya, mulai membuat slide meski essaynya belum selesai ditranslate..

Jumat, 26 Juni 2009… satu hari lagi…IS THE FINAL COUNTDOWN!!!! Ba’da Isya ke kos Dhek Aya… Dia mengajariku banyak hal…Jazakillah khoir my sister!!! Menyelesaikan slide sampai pukul 00:30 saat Dhek Aya sudah pulas dan mungkin juga dengan penghuni kosnya yang lain. Alhamdulillah, pukul 03:30 terbangun.. Qiyamul Lail.. bermunajat di sepertiga malamNya.. ba’da Subuh, kembali ke kos..

Sabtu, 27 Juni 2009.. Alhamdulillah, dipertemukan juga dengan hari yang bersejarah ini. Hari ini dua sahabatku dari UNDIP (Sulis dan Windy) juga akan datang ke Solo, sengaja untuk memberiku semangat. Makasih friend!! Pukul 08.30 berangkat ke Aula FE UNS, tempat Seminar IPTEK berlangsung. Dag dig dug saat sudah berada di ruang eksekusi… Agak kurang konsentrasi saat Seminar IPTEK karena harus memantapkan presentasi in englishku.. Pukul 13.00 ternyata final MITI PAPER CONTEST (MPC) dulu..Selesai pukul 15.00.. Dan ternyata lagi, tempat untuk final MITI-AWARD di Gedung A FKIP UNS. Setelah dari FE, menuju masjid NH untuk sholat ‘Ashar.. Ba’da sholat, kutenangkan hati ini dengan membaca Al Ma’tsurat, Q.S Ar-Rahman : 1-13 (SURAT FAVORITKU!!!!), dan melanjutkan tilawah.

Pukul 16.00, final pun dimulai. Kelima finalis duduk di meja depan menghadap ke audience. Ternyata, kita tidak diminta untuk presentasi essay kita dalam Bahasa Inggris (kayaknya ada miskom nih antara panitia pusat dengan panitia Solo!). Tidak apalah… Akan diambil 3 terbaik dalam sesi I final kali ini. Sesi I ini, finalis diminta maju satu persatu untuk menambil amplop yang sudah disediakan dewan juri, kemudian dewan juri akan membacakan pertanyaan yang ada di dalam amplop tersebut. Finalis diminta menjawab dengan bahasa Inggris. Aku mendapat giliran ketiga dan kupilih pertanyaan nomor 1.. dan pertanyaannya adalah “Siapakah orang terkenal yang ingin kamu wawancarai?? Mengapa??” Kujawab saja “Ippho Santosa, karena beliau adalah creative marketer no.1 di Indonesia yang sangat menginspirasiku untuk menjadi seorang entrepreneur..bla..bla…bla..”. Setelah kelima finalis, mengutarakan jawabannya masing-masing, dewan juri akhirnya memutuskan tiga terbaik, yaitu : AKU!!!, Anton Prasojo, dan Tutut Wulandari.. ALHAMDULILLAH!!!!

Ketiga finalis ini mengikuti sesi II. Pada sesi II, ketiganya maju satu per satu, diberi pertanyaan yang sama, akan tetapi… saat yang lain maju, finalis yang belum maju, ditempatkan di luar ruangan (biar gak nyontek jawaban kali y). Aku mendapat giliran terakhir…
Menjelang Maghrib..saatnya pengumuman..tapi dipending untuk sholat Maghrib dulu ke NH…
SENJA-MU YANG SANGAT INDAH YA RABB!!!!
Ba’da Maghrib, dibacakanlah pengumuman MPC dan MITI-AWARD…
And the winners of MITI-AWARD are.. :
Juara I : Tutut Wulandari
Juara II : Etika Suryandari (AKU!!!) 
Juara III : Anton Prasojo

ALHAMDULILLAH… SYUKUR TAK HENTI HAMBA HATURKAN UNTUK-MU YA ILLAHI…
Lagu “We Are The Champions” mengiringi pemberian hadiah…SO SWITZ!!! HEROIK BANGET!!! Hadiahnya juga KEREN BANGET!!!
Betapa indahnya moment ini…
I will never forget it
AKU MAU AKU BISA!!!
AKU YAKIN AKU BISA!!!
AKU MAMPU… LUAR BIASA!!!!

(dan akhirnya..terbukti juga kan???)


Inilah prestasi dahsyatku di penghujung bulan Juni… Bulan di mana “KETIKA CINTA BERTASBIH” menjadi temaku… dan memang benar, Cinta-Nya membuatku semakin MENCINTAI-NYA.. Ya Rabbi, terima kasih..
Sujud syukur pada-Mu atas SEGALA CINTA!!!


ZONA TWIN, hari terakhir bulan Juni, 300609_23:07


(Tulisan ini diposting pada bulan Juni 2009 di blog sebelumnya)

Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna