Menulislah!!!

Assalamu'alaykum Wr.Wb...
Apa kabar semuanya????
Ogenki desuka??
Matahari pagi ini sedang baik ... dengan senang hati memberikan cahaya terangnya...Membuat hari ini pun terasa lebih cerah dari kemarin..
Tafsir Q.S. Al Qalam menjadi topik dalam Kajian Sabtu Pagi di masjid Nurul Huda hari ini, Sabtu, 21 Maret 2009...


Qalam berarti semua jenis alat tulis yang bisa digunakan untuk menulis, mulai dari alat tulis tradisional hingga modern seperti saat ini. Arti tersebut menjadi salah satu bukti keuniversalan Al Qur'an dan dienul Islam. Q.S. Al Qalam merupakan surat ke-68 dalam Al Qur'an yang terdiri dari 52 ayat. Termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah dan disebut juga Surat Nun. Q.S. Al Qalam turun setelah Q.S. Al 'Alaq. Dalam Q.S. Al 'Alaq terdapat perintah untuk membaca. Membaca di sini tidak hanya berarti membaca tulisan, tapi juga membaca kejadian-kejadian sekitar dan fenomena yang ada. Q.S. Al Qalam mendorong sahabat-sahabat di masa itu untuk menuliskan hafalan Al Qur'an dan hadistnya karena saat itu memang hanya dihafalkan..


Sangat disayangkan, karena setelah abad ke-14 budaya menulis di kalangan umat Islam menurun tajam. Secara umum, Q.S. Al Qalam bertujuan untuk membentuk akidah shalihah. Dalam surat ini menceritakan tentang keesaan Allah SWT, kekuasaan dan keagungan Allah SWT. hari akhir, kebangkitan manusia, surga dan neraka, akhlak Rasulullah SAW, kebohongan dan perilaku kejahatan orang Quraisy, dan akibat dari perilaku orang Quraisy.. (selengkapnya baca buku tafsir ya...) 







Hikmah surat ini... BIASAKAN MENULIS!!! Karena menulis bisa jadi lahan dakwah kita juga... So, let's write!!! Contohnya saja, rajin-rajinlah menulis di blog kayak gini, menulis materi kuliah (jangan ngopi catetan temen mulu...),menulis tausyah saat kajian, dll...











ISI hari-harimu dengan MENULIS... semangat!!!

Ingin dikenal dan dikenang??? MENULISLAH!!


Tunggu tulisanku selanjutnya di Bulan ini...

1. PINK Sweet PINK
2. 8 Alasan Memilih 8
3. Dari Kepompong Menjadi Kupu-Kupu
4. Hafalan Sholat Delisa
5. The Journey of My Life
6. CBSA... Mana Sempet??
7. Untuk Guruku...
8. dll (menyesuaikan sikon dan inspirasi...)

Wassalamu'alaykum...Wr.Wb.


(Tulisan ini diposting pada bulan Maret 2009 di blog sebelumnya)
Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna