Catatan Perjalanan Sepuluh Hari Pertama

1 Februari 2009Hari pertama di bulan Februari yang kata orang bulannya “CINTA”… (but I think everytime must be full of love). Membahas tentang “CINTA”, jadi teringat 2 hari yang lalu aku “BERHASIL” menulis surat cinta buat ayah.. (buka diblog archive bulan Januari dengan judul “Surat Cinta Buat Ayah” yang menurutku keren bangetz)…. Kok bisa?? Yaiyalah…sebenarnya itu buat lomba nulis surat cinta buat Ayah yang diadakan JN UKMI UNS. Pengumpulan paling lambat tanggal 31 Januari tapi baru tanggal 30 Januari aku membuatnya dan dikumpulin di detik-detik terakhir juga…hehehe…hal yang sangat DAHSYAT menurutku. Mungkin kekuatan CINTA inilah yang membuatku MAJU TERUS dalam KOMPETISI ini..

Kembali pada kisah hari ini…Hari ni aku berada di rumah. Kuawali pagi ini dengan berolahraga pagi bareng dhek Nunk n babe terchayank…abis itu bantu-bantu ibu n beres-beres rumah.Target hari ini “bikin konsep matang untuk Karya Tulis Ilmiah (KTI)”. Hari ini KTI Dhek Nunk sudah dijilid… Jadi tambah semangat untuk “nyelesein” KTI-ku.. Tema KTI ku tentang “Aplikasi Teori Permainan” Chayo !!!


Sore… ke rumah Dhek Nova. Sore ini warga Banaran RT 2/X menggelar doa bersama untuk kesembuhan Dhek Nova yang beberapa waktu lalu kecelakaan dan sampai sekarang masih terbaring lemah di ICU, berjuang untuk tetap bertahan…(Babe nangis, Ibu juga…Dhek Nova dah mereka anggap cucu sendiri karena kita memang masih sodara jauh dan dah dari kecil Dhek Nova itu dah akrab ma babe)…Aku juga ngumpul ma temen-temen Karang Taruna…Berbaur dengan para ibu-ibu.. Sampai di rumah, Babe & Dhek Nunk ngambil jilidan KTI… Pulangnya mbawa nila bakar. Kata Babe sih traktiran buat milad besok. Thanks A lot Be!!Habis tu, kita maem bareng babe, ibu, dhek Nunk…hmmm…nyammmy…mas dodoy belum pulang…ipul juga ikutan rame.. “gelisah” menanti tulang nila bakar…Sabar Pul!ONE DAY BEFORE MY BIRTHDAY…!!!Malam ini adalah malamku untuk ber MUHASABAH…INTROSPEKSI DIRI 22 TAHUN PERJALANAN HIDUPKU…

2 Februari 2009
22 TAHUN DALAM CINTA, MOTIVASI, dan INSPIRASI !!!Ucapan selamat dari ibu, babe, n mas dodoy terchayank buat SUPER TWIN!!! Nokia 5300 ku hari ini laris-manis sekali…terima kasih untuk saudara”Q, sahabat”Q dan semua orang yg telah memberikan perhatian untukku di hari jadiku…HARI INI!!!
Hari ini ke Solo… sebelum berangkat cipika cipiki dulu ma ibu, babe, n mas dodoy terchayank.. ma ngelus2 ipul yang masih pulas melingkar.. (tidur maksude).22 TAHUNKU HARUS LEBIH PRESTATIF DAN BERMANFAAT !!!!
Nyampe di kampus jam 10-an.. Rencana mau sharing ma Pak Kartiko masalah KTI.. tapi, ternyata hari ini ada syuting dari Jogja TV, UNS Menyapa. Pak Kartiko jadi artis deh!!! Pake bedak segala..hehehe… Smangat, Pak!! Keren kok!!!
Siang… ke BEM UNS. Daku dipalak! Hehehe… Suruh nraktir camilan. Yah, akhirnya diturutin juga. Sekardus chocolatos menemani skuad Kominfo buat mading departemen.
Jam 4… mudik!!! Maem tart yang dibelikan ibuk… So switz!!!

3 Februari 2009MET MILAD buat CAMUT….
I luph you coz Allah ukhti… Jazakillah ya… anti dah menjadi bagian dari hidupQ… membuat hidupQ lebih cerah dan berwarna karena keceriaan anti… (benar” SAHABAT yang unik)
Pagi ini.. ditemani babe ke RSUD Wonogiri untuk ngambil data. Sampe di sana ternyata prosedurnya harus ke Kesbanglinmas dulu… Ya udah deh.. pulang lagi!
Sampe di depan rumah, berhubung jalannya turun dan licin, babe kepeleset, motor Mio yang “notabene” pinjeman temennya lecet2. Alhamdulillah babe cuma lecet2 kakinya, and aku juga malah jatuh terduduk. Meski agak sakit, tapi gak papa… Setelah beberapa saat istirahat, aku kembali ke Solo lagi.. naik bus.
Malam ini.. KTI ku tentang “Aplikasi Teori Permainan” masih berhenti di tengah jalan…

4 Februari 2009
Pagi yang cerah untuk jiwa yang bangkit… Ternyata hari ini ada pemadaman bergilir… Siang…listrik baru nyala jam 14.00, tapi kostku ternyata listriknya konslet!!! Hari ini gelap-gelapan deh…
KTI juga belum da perkembangan… Malah terbersit ide untuk ganti topik!!
Tentang quick count!

5 Februari 2009
Ke Porsima… Rapat Media mbahas macem2…
KTI akhirnya dapat judul “Metode Multistage Random Sampling sebagai Metode Pengambilan Sampel dalam Perhitungan Cepat”…
Habis rapat..cari inspirasi…

6 Februari 2009
Pagi ini… KRSan.. ngadep Pak Trimo (PA-ku). Jam 10 ke Taman Balaikambang. MB2N. Sejenak refreshing sambil melupakan “tekanan2 batin” yang akhir2 ni mendera..hehe…
Go to Mawapres!!!

7 Februari 2009
MOTION.. Acara Special untuk asisten AAI. Acara yang cukup keren coz semakin memotivasi diri ini untuk senantiasa “semangat membina” adek2!!!
Habis MOTION.. Syuro (^_^)
Malam ini KTI dah 75%. Chayo!!!

8 Februari 2009
Pagi…lari2 ke bulevard.. Lebih tepatnya riyadhoh plus wisata kuliner. Hehehe.. Menu pagi ini bubur ayam + tempura.. Waktu asyik makan, ada nomor asing masuk. Ternyata panitia “KULIAH PRA NIKAH” dari USAHID. Mbak panitia itu masih rajin membujukQ untuk ikut. Meski awalnya aku memang berniat banget untuk ikut, tapi setelah dihadapkan pada KTI yang tidak kunjung usai, akhirnya aku memutuskan untuk tidak ikut acara yang menurutku “sangat menarik” itu. Teman satu kos ada yang ikut jadi bisa dapat ilmu tentang “itu” dengan GRATIS. Hehehe… (Nikah???? LULUS dulu lah!!)
Waktu dhuha… habis sholat dhuha, aku nyetrika… Sambil pegang KTI ku yang rencananya mau aku ganti lagi judulnya.. Sempet buntu juga.. hua…
Akhirnya aku SMS seorang inspirator sekaligus sahabat yang sekarang sudah “mendahului”. Dah lulus maksudnya! Beliau SMS :
“Doa dan sabar Insya Allah modal kita meraih prestasi”. (09:08:33)
Saya salut dengan orang-orang yang mempunyai motivasi dari diri sendiri. Sebagaimana firman Allah SWT, yang bisa mengubah nasib suatu kaum adalah kaum itu sendiri. Saya yakin Anti bisa! Perbanyak dzikrullah & khusnudzon akan segala skenarionya. Gak ada alasan untuk mengeluh dan putus asa. Cumlaude dan berbagai prestasi yang saya raih adalah mu’jizatNya yang saya sendiri tidak menyangkanya tapi memang perlu kerja keras. Salah satu sarana berbuat baik pada orang tua adalah hanya memberi prestasi pada mereka. Semangat dan sabar dalam upaya meraih ridhoNya” (09:25:48)
Waktu mbahas masalah presentasi,
Memang grogi juga tapi dengan doa dan dzikrullah, insya Allah semua lancar” (09 : 58 : 27)
Akhirnya, hari ini KTI fix juga sekarang judulnya “Penerapan Statistika dalam Perhitungan Cepat sebagai Sarana Pembelajaran Politik bagi Masyarakat (Studi Kasus Hasil Perhitungan Cepat Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur)”. Panjang banget ya… Bismillahirrohmanirrohim…

9 Februari 2009
Pagi… ketemu Bu Respati menyerahkan KTI untuk dikoreksi…
Senin sore… Agenda rutin tiap bulan (bukan tiap pekan yang “itu” lho!!!) bersama akhwat-akhwat LUAR BIASA!!! Sebelum acara dimulai sempat mendengarkan Hiz FM yang ternyata salah seorang sahabat sedang siaran mbahas Valentine’s Day!!! (pake acara dipanggil ustadz segala…hehehe).

10 Februari 2009
Pagi ini matahari agak malu-malu menampakkan senyumnya…
Hari ini rencana mengikuti SEMARAK MAWAPRES 2009 di FKIP. Penyelenggaranya Lingkar Studi Pendidikan (LSP) FKIP yang merupakan Lembaga Semi Otonom (LSO) BEM FKIP. Acara yang sungguh luar biasa karena menghadirkan orang-orang yang LUAR BIASA. Aditya Darmasurya (JUARA I MAWAPRES UNS sekaligus JUARA III MAWAPRES NASIONAL) dan Anto Suryo Pribadi (JUARA III MAWAPRES UNS). Acara dipandu oleh seorang moderator yang cukup kocak yaitu Ikhsan Subekti, direktur Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) BEM UNS. Setelah pemberian motivasi dari moderator, dilanjutkan sharing dari mas Anto (waktu itu Aditya belum datang). Mas Anto ini dari FKIP Geografi angkatan 2004. “Kupetik Bintang untuk Mereka : Ibu, Ayah, dan Adikku”. Judul slide yang beliau sampaikan, benar-benar menginspirasi… (baru judulnya… ternyata isinya pun… Subhanallah..). Meski sudah 3x dalam satu fórum dengan beliau tapi kalo mendengar kisah hidupnya.. Bener2 salut…jadi inget ortu..trus pengin nangis! Beliau bisa menjadi teladan “Wujud bakti anak pada orang tua” dengan memberikan prestasi-prestasi yang luar biasa. Subhanallah… perjuangan beliau untuk menjadi “MAHASISWA BERPRESTASI” juga tidak mudah…butuh kerja keras!!
Mendengar kisah Mas Anto… tak terasa menitik butiran bening dari mata ini.. jadi inget ibu… babe…. Semakin mantap melangkah untuk maju MAWAPRES!!!
Just for make my parents proud of me!
Habis itu, ada sosialisasi dari MAWA tentang prosedur Mawapres. Dalam salah satu point persyaratan disebutkan bahwa harus membuat Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Peningkatan Daya Saing Bangsa dalam Rangka Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”. WHAT??? Aku langsung lemes… Ternyata KTI-nya ada temanya. Di MIPA ada temanya atau bebas ya??? Aku langsung SMS Anis, mawapres Fisika. Ternyata IYA! Kemudian Dhek Nunk juga ku minta SMS PD III. Jawaban yang SAMA. Lemes aku!!! Uhf…jadi down!! Kayaknya KTI-ku tidak relevan dengan temanya… padahal waktunya tinggal 3 hari lagi!!!
Keluar dari gedung FKIP… Lebih terkejut lagi!! HUJAN DERAS mengguyur UNS!!! Akhirnya ke NH untuk sholat Dhuhur… I’m crying after praying… Oh God..help me!!! Ngaji 2 halaman… lebih tenang!!!
Seiring tenangnya hati, hujan pun reda!! Alhamdulillah.. Akhirnya ke MIPA. Janjian konsultasi dengan Bu Respati jam 13. Masih setengah jam lagi… Makan dulu. Tapi, nasinya tinggal cukup untuk 1 orang. Akhirnya, makan sepiring berdua dengan Dhek Nunk. Jam 13 bertemu Bu Respati. Beliau bilang kalau KTI-ku dibawa Pak Kartiko. Trus aku cerita ke Bu Respati kalau ternyata KTInya ada temanya. Bu Respati bilang, menurutnya masih agak relevan kok. Kata-kata beliau membuatku sedikit tenang meski sebenarnya juga ragu. Bu Respati memintaku mencari Pak Kartiko yang katanya sedang ada di Lantai 1.
Akhirnya aku ke lantai 1. Aku cari di kantor D3, Pak Kartiko tidak ada. Akhirnya aku tanya ke Pak Satpam… dengan sedikit berbisik (rahasia katanya) Pak Kartiko sedang istirahat di Ruang Gudang. Aku diminta ke sana saja. Aku buka pintu gudang pelan-pelan… Ternyata memang benar, My Daddy sedang ada di pojokan, dekat jendela, sambil merokok, dan memegang KTI-ku yang sedang beliau baca. Alhamdulillah… Aku mulai berdiskusi dengan Pak Kartiko dan segera menyampaikan “permasalahanku”. Beliau berkata, KTI-ku tidak relevan lah kalau temanya tentang pembangunan berkelanjutan. Akhirnya beliau memberiku masukan. Ada tiga metode yang beliau tawarkan… Ces… lega sekaligus bingung!!! Bagaimana ini???
Di akhir diskusi kami, beliau bertanya “Tik, serius kamu sanggup menyelesaikan ini dalam waktu dua hari?”. Meski agak sangsi, dengan mantap aku menjawab “Saya akan mencobanya, Pak! Mohon doanya”.
Dengan perasaan bak gado-gado (campur aduk).. akhirnya aku berniat ke warnet di belakang kampus. Sepanjang jalan aku “berzikir” dan “berdoa” semoga Allah berkenan memberiku kemudahan… Selalu teringat Q.S. Al Insyirah… My motivation!!
Warnet Atma Bhakti ikut menjadi saksi bahwa aku bukanlah “akhwat” yang mudah putus asa. Akhirnya aku search dan minta bantuan Mbah Google untuk mencari 3 metode yang diusulkan Pak Kartiko. Akhirnya dari ketiga metode tersebut, aku memilih Metode Indeks Gini, karena menurutkan metode inilah yang paling aplikatif dan mudah kupahami. Selain cari referensi tersebut, aku sempatkan YM-an juga. Salah satu teman chat-ku yaitu M’ Danang Ambar Prabowo, mawapres Nasional 2007 dari IPB. Lewat YM, beliau banyak berbagi cerita bahkan memberi motivasi. Dari cerita beliau, aku tahu bahwa beliau dulu waktu mendaftar mawapres juga dengan IPK 3,2. Same with me!! SEMANGATku KEMBALI BANGKIT!!!! Jazakallah ya M’ Danang!!! I will not go down….
Malam ini, akhirnya aku MENULIS KTI “baruku”… Judulnya “Penerapan Metode Indeks Gini dalam Identifikasi Pemerataan Pendapatan dan Pengeluaran Masyarakat Pedesaan di Indonesia”. Aku pun SMS Pak Kartiko. “Sir, i will discuss with you tomorrow. Do you have time? I have written a paper about GIni Index.” Trus beliau menjawab “OK, I must meeting tomorrow, I can meet you arrounding 11.30. I’m happy that you have think about that”. Cez… Alhamdulillah aku dipertemukan dengan dosen seperti Pak Kartiko…



(Tulisan ini diposting pada bulan Januari 2009 di blog sebelumnya)
Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna