5 Hari untuk 5 Tahun ke Depan (Catatan Perjalanan di Semarang)

Ahad, 3 Mei 2009
SELAMAT ULANG TAHUN HIMATIKA‼!
Tidak menyangka… pagi ini aku sudah di Solo.. pukul 08.00 menyempatkan diri datang ke acara HUT ke-12 HIMATIKA yang bertempat di Aula Lantai 3 Gedung A FMIPA UNS. Acara yang cukup meriah. Seru‼! Palagi aku berkesempatan meraih JUARA 1 Lomba Design Sticker HIMATIKA. Alhamdulillah… menambah deretan prestasiku sebelum lulus. Hihihi.. Setelah tumpengan + makan urap bareng-bareng, jam 11.00 aku balik kost dengan membawa hadiah. Sampai di kost segera packing.
Pukul 14.00 sudah ada di bus AC “Muncul” bersama Ida, menuju Semarang. Menikmati perjalanan ke Semarang sambil membaca “Jalan Cinta Para Pejuang”-nya Salim A. Fillah. Ida turun di daerah Ungaran, aku melanjutkan perjalanan sampai di daerah Sukun dan dijemput Sulis (Tyo) untuk menuju kostnya. Saat itu.. Semarang sudah senja… Semarang menyambutku dengan semburat benang jingganya di ufuk barat.


Malam pertama di Semarang… dinner bareng dengan teman-teman baruku, anak Ilmu Komputer UNDIP angkatan 2005 (teman-temannya Tyo). Makan telur bakar penyet… (jadi inget waktu makan telur bakar ma Kiki di Jogja). Setelahmakan, siap-siap untuk besok..then tidur…


Senin, 4 Mei 2009Pagi yang cerah menyambutku di kota ini. Setelah beli nasi bungkus di dekat kost Tyo, berangkat menuju gedung Prof. Dr. Soeharso UNDIP untuk mengikuti Seminar Nasional Entrepreneurship bersama pengusaha sukses, Ir. Heppy Trenggono, M.Kom. Acara diawali dengan keynote speech oleh Pembantu Rektor IV UNDIP, Dr. Muhammad Nur, DEA dilanjutkan dengan materi dan training spektakuler dari Pak Heppy. SERU BANGET! Apa yang beliau sampaikan sangat menginspirasi. Ba’da Maghrib, acara belum selesai dan akhirnya dilanjutkan. Acara terakhir malam ini…membuat DREAM BOARD (maket mimpi). Diberi waktu setengah jam dan hanya dengan menggunakan bahan dari majalah bekas yang dibawa. Dan hasilnya… WOW‼!

Aku berhasil membuat Dream Board “The Journey of My Life for 5 Years”
2009 : Mewujudkan Cita
2010 : Merangkai Karya
2011 : Membangun Kisah Penuh Makna
2012 : Mengepakkan Sayap, Terbang Mengangkasa
2013 : Menjejakkan kaki di Tempat Suci
…..


And the last journey : Meretas Jalan ke Surga.. Menjadi Penghuni Surga Firdaus

AMIN‼! Moga mimpi tak hanya sekedar impian..


Pulang ke kost..hujan deras mengguyur Semarang di malam itu

Selasa, 5 Mei 2009
Hari ketiga Semarang..
Hari kedua Semnas dimulai pukul 08.00, tapi jam 06.00 sudah keluar kost karena akan mengikuti tasqif di masjid POLINES dekat Undip. Subhanallah, banyak juga yang datang. Tasqif kali ini membahas hadist ke-11 yang ujung-ujungnya mbahas nikah juga. Wadow.. ^_^
Setelah tasqif, menuju masjid “Insya Allah”-nya UNDIP dan beberapa tempat di UNDIP (foto-foto gitu lah..). Kemudian menuju Prof. Soedarto lagi untuk melanjutkan acara yang spektakuler itu, Seminar Nasional Entrepreneurship. Acara pagi ini lebih seru lagi. THE REAL LIFE GAME‼‼


Peserta diterjunkan ke jalan (tanpa membawa uang sepeserpun + HP). Kita diberi tugas untuk menjualkan beberapa produk yang sudah disiapkan panitia. Satu tim terdiri dari 10-12 orang. Sebanyak 100-an angkuta kuning sudah siap mengantarkan kami. SERU‼! MAHASISWA TURUN JUALAN nih. Wow, di timku hanya aku yang dari UNS (yang lain UNDIP semua. Jadi tambah teman lagi… Sip 3x). Tim kita mendapat tempat di daerah Sukun (daerah waktu aku turun dari bis Solo). Kita hanya diberi waktu 1 jam. Jam 10.00…it’s time to move‼! Aku “berjualan” di tempat sebuah mall di daerah Sukun. Satu persatu pengunjung yang datang atau keluar dari mall aku dekati. 


Kutawarkan “POTAYO” yang kubawa. Ada yang tertarik, lantas membeli.. ada yang menolak dan lari.. Uhf! Susah juga ya jadi pedagang.. lebih tepatnya..susah juga ya cari uang‼! Sedih juga saat tertolak. Hiks…hiks… Sempat mengejar orang asing… Eh, tu bule gak bisa bahasa Indonesia..akhirnya english conversation-ku terpaksa keluar deh. Hihihi.. Ada hikmahnya juga! Sempat merayu mbak-mbak petugas PLN dan penjaga counter…tapi gak mempan (mungkin memang ilmu marketingku masih kurang..atau tampangku yang kurang memelas ya..hihihihi). Sampai jam 11, Alhamdulillah sudah 5 POTAYO yang berhasil aku jual (mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 1.500,- per sachet). Akhirnya satu tim berkumpul lagi untuk melaporkan hasil penjualannya. Eh, ada yang sama sekali belum laku juga lho… Akhirnya, kita pulang bareng naek angkot lagi. Nice adventure‼! 

Jam 14.00 acara dilanjutkan kembali. Sedikit evaluasi dari Pak Heppy kemudian pemberian materi. KEREN‼‼ Entah apa lagi pujian untuk acara ini. Menjelang Maghrib acara diisi oleh seorang ummahat yang menginspirasi. Beliau sering mengisi taujih di istana negara, bahkan empat putra beliau masuk dalam audisi da’i cilik. Dalam acara ini beliau juga sempat kampanye jilbab. Wuiz, ini mah namanya kombinasi training + seminar KWU, ditambah tasqif. SUBHANALLAH‼! Ba’da Isya masing-masing peserta membentuk grup lagi. Satu grup terdiri dari 4 orang. Masing-masing peserta diminta menceritakan foto orang yang paling berpengaruh dalam hidupnya. Aku membawa foto keluarga besarku. KYDEN‼! Aku ceritakan bagaimana mereka menginspirasiku. 

Tak terasa air mata pun mengalir deras. Teman satu tim pun menceritakan orang-orang hebat yang mempengaruhi mereka sambil menangis. Setelah selesai, kami berangkulan dan nangis bareng deh! Pukul 08.00 acara ditutup oleh Pak Heppy dan PR IV UNDIP. Ada pembagian doorprize juga. Sepuluh buah HP bagi peserta dengan penjualan terbaik. Hiks, belum beruntung nih! Never mind‼ Di akhir acara ini, Pak Heppy juga menjanjikan follow up dari acara ini yang akan diadakan khusus untuk peserta yang mengikuti acara tersebut. OKE‼‼‼‼‼ Acara ditutup dengan muhasabah dan doa bersama… I’m crying again… Actually, it’a a amazing day for me!
HARI YANG INDAH‼‼


Rabu, 6 Mei 2009
Hari keempat di Semarang…
Agenda hari ini mencari referensi skripsi di perpus MIPA UNDIP. Alhamdulillah, ketemu! Meski di sana ga bisa minjem + ngopi, jadi harus dibaca di sana. Ada kejadian lucu juga.. hihihi… Setelah dari perpus, makan siang + sholat then “TURUN”. Maksudnya ke jantung kotanya Semarang. Sasaran pertama menuju Masjid Agung Semarang. Untuk pertama kalinya aku ke masjid ini. SUBHANALLAH.. tak henti kata itu terucap karena kekagumanku pada rumah Allah yang satu ini. Tak lupa mengabadikan moment penting ini. Setelah dari Masjid Agung, melintasi Simpang Lima menuju Pangandaran untuk membeli oleh-oleh khas Semarang, wingko babat (pesenan anak kost nih!).
Ba’da Ashar sudah sampai di kost Tyo lagi. Then siap-siap mendatangi agenda selanjutnya, yaitu konsolidasi dengan ikhwah Wonogiri yang kuliah di UNDIP. Sharing dengan ikhwah UNDIP membahas banyak hal, termasuk “kembali”-nya kita ke Wonogiri. SERU banget. Saling menginspirasi untuk buat WONOGIRI LEBIH SUKSES‼‼
Malamnya, tepar‼! Kena flu berat.. So, tidur lebih awal deh..



Kamis, 7 Mei 2009
Masih flu… setelah sarapan, back to Solo deh. Dianter Tyo ke Sukun. Then say goodbye…
Pulang menenteng DREAM BOARD + oleh-oleh juga!
Semarang… 5 hari di sini, aku semakin mantap merencanakan diriku 5 tahun ke depan‼!
Dan yang pasti jadi semakin yakin bahwa AKU PASTI JADI AKHWAT KAYA‼!
KAYA HATI
KAYA ILMU
KAYA AMAL
KAYA HARTA
Let’s be an entrepreneurship‼!

HAPPY ENDING… ^_^




(Tulisan ini diposting pada bulan Mei 2009 di blog sebelumnya)

Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna