130 Hari Bersamanya


21 Juli 2009 menjadi hari yang SANGAT BERSEJARAHdalam hidup saya. Pukul 13.00-14.26 (sekitar 1 jam 22 menit) saya “dieksekusi” untuk mempertanggungjawabkan skripsi saya yang berjudul ESTIMASI FUNGSI TAHAN HIDUP VIRUS DEMAM BERDARAH DENGUE MENGGUNAKAN METODE KAPLAN-MEIER

Saya dieksekusi oleh 3 dosen penguji (Dra. Etik Zukhronah, M.Si, Dra. Yuliana Susanti, M.Si, dan Drs. Santosa, B.W., M.Si) ditambah 2 dosen pembimbing skripsi saya (Drs.Sugiyanto, M.Si dan Drs. Sutrima, M.Si). Bertempat di Ruang Sidang I Lantai I Gedung A FMIPA UNS, saya mencoba memberikan yang terbaik untuk menyelesaikan amanah besar dari orang tua saya. Sebenarnya, kalau pendadaran di MIPA, sudah ada ruangan khusus di Gedung B, tapi berhubung mulai tanggal 21-31 Juli sudah di-booking untuk pendadaran jurusan Fisika akhirnya saya mendapat ruangan di Ruang Sidang I. Eksklusif sih! Masih saya ingat akan perjuangan saya mengurusi birokrasi perizinan meminjam ruangan ini. Membutuhkan kesabaran ekstra, tapi Alhamdulillah… pertolongan-Nya tak pernah berhenti menyertai langkah ini. Terima kasih banyak buat birokrat MIPA yang telah membantu saya!!!

Sehari sebelum hari H, banyak SMS yang masuk untuk memberikan dukungan. Terima kasih banyak ya saudara”ku!!! Ayah, bunda, dan Kang Dodoy pun tak henti memberikan support. Malam harinya, lebih banyak tidur (
makasih juga untuk Dhek Nunk yang sabar membangunkan saya…).Betapa QL di sepertiga malam itu memberikan nuansa yang berbeda. Syahdu… Selepas QL, sempat belajar sambil mendengarkan murottal dan nasyid-nasyid pilihan. Tak lupa foto KYDEN (my lovoley family) selalu menemani. Foto itu saya letakkan di sebelah kanan laptop yang saya gunakan untuk belajar. Foto yang selalu saya bawa ke manapun saya pergi. Foto yang selalu memberikan kekuatan besar untuk saya. My family is my spirit!!!

Pada tanggal 21 Juli ini, teman satu riset saya, Koryna Aviory juga ujian pendadaran jam 08.00. Jadi saya menungguinya dulu sambil membaca ulang beberapa referensi yang saya bawa. Sekitar pukul 10.00, Koryna dinyatakan LULUS!!! Selamat ya Sobat!!! Masih sekitar 3 jam lagi… Akhirnya saya memutuskan untuk “menenangkan diri” di Lantai 3 Gedung A FMIPA. Ruangan yang selalu memberi saya kesejukan hati tatkala menginjakkan kaki saya di sana. Ruangan yang turut menjadi saksi “penggemblengan” saya dalam tarbiyah ini… Ruangan yang menjadi tempat saya mengadu pada-Nya.. mushola Azzam!!! Saat itu, mungkin cuma saya yang ada di Lantai 3 secara otomatis juga cuma saya yang ada di Mushola Azzam ini (kayaknya lho…entahlah, ada makhluk yang lain atau tidak ^_^).

 Sehabis berwudhu, saya mencoba menenangkan diri dengan tilawah. Kemudian membaca surat favorit saya (Q.S. Ar-Rahman : 1-13) sebanyak 3 kali. Alhamdulillah…sedikit tenang!!! Nokia 5300 saya juga turut berperan dalam menghadirkan ketenangan itu. Beberapa sahabat, memberikan SMS motivasi dan semangat ada juga yang meminta maaf karena tidak bisa menemani saya pendadaran. Setelah tilawah, saya mencoba mengulang kembali presentasi saya dan menyiapkan beberapa jawaban yang mungkin akan ditanyakan dosen penguji. Pukul 12.00 adzan pun berkumandang.. Beri kemudahan Ya Rabb!!! Di mushola itu, saya bertemu dengan ibu Etik, salah satu dosen penguji saya. Ehm, ngobrol sebentar sambil bercanda… Meski agak grogi juga!!!
Pukul 12.30, menyiapkan LCD, laptop, dll di Ruang Sidang I bersama beberapa sahabat tercinta. Makasih banyak ya sobat-sobatku… Oya, Dhek Nung (my supertwin) tadi juga mondar-mandir di sekitar Ruang Sidang I untuk memberikan roti untuk saya, berhubung sedang tidak nafsu makan, roti itupun hanya saya gigit ujungnya. Hihi… Pukul 13.00 satu-persatu para “eksekutor” datang juga. Dan 4 menit kemudian….MULAI!!!

Alhamdulillah, SUKSES!!! Betapa Allah memberikan saya begitu banyak kemudahan. Alhamdulillah, pertanyaan demi pertanyaan yang diberikan dosen penguji bisa saya jawab. Suasana pendadaran juga tidak terkesan “seram”, bahkan begitu santai layaknya percakapan biasa. Dosen penguji sepertinya sangat menikmati pendadaran ini. Demikian halnya saya!!!
Sekitar pukul 14: 26 akhirnya saya resmi dinyatakan LULUS!!! Alhamdulillah, pendadaran ini selesai jauh lebih cepat dari waktu idealnya yakni 2 jam, tapi bisa selesai dalam waktu 1 jam 22 menit… so amazing for me!!!

Satu per satu dosen penguji mengucapkan selamat. Saat kelima dosen penguji sudah keluar ruangan, satu per satu sahabat yang menunggui masuk ruangan dan turut mengucapkan selamat.TERHARU!!! BAHAGIA!!! BERSYUKUR BANGET!!! TERIMA KASIH YA RABBI!!! 
Akhirnya, PENANTIAN ITU BERAKHIR INDAH… HAPPY ENDING.. dan semoga FULL BAROKAH… AAMIIN!!!

NB : Skripsi ini saya selesaikan kurang lebih selama 130 hari (terhitung mulai 13 Maret 2009). 

Alhamdulillah, meski sedikit melenceng dari “GRAND PLANNING” yang saya buat (selesai 4 bulan..tapi faktanya 4 bulan lebih dikit…), namun tak menjadi masalah buat saya karena salah satu impian yang saya tulis di DREAM BOOK, DREAM BOARD, dan THE JOURNEY IN MY LIFE “TAHUN INI” bisa saya coret yang berarti saya telah mewujudkan impian dan target itu. Alhamdulillah…

(Tulisan ini diposting pada bulan Juli 2009 di blog sebelumnya)

Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna