Sabtu, 03 Februari 2024

MELIHAT LAHAT [3]: LIMA POTENSI WISATA DI KABUPATEN LAHAT

 


Assalamu’alaikum Sahabat, kembali lagi saya ingin bercerita tentang Kabupaten Lahat. Meski baru 1 tahun resmi tinggal di Lahat, sebenarnya banyak hal yang masih membuat saya pribadi penasaran dengan keunikan dari Kabupaten ini. Memang sih semua tempat unik belum saya jelajah. 

Namun, dari informasi suami, keluarga, dan kawan-kawan, setidaknya ada 5 (lima) potensi wisata menarik di Kabupaten Lahat dilihat dari jenis wisatanya. Apa saja itu?

1.    Wisata Religi

    Berkaitan dengan tempat untuk kegiatan keagamaan, khususnya untuk umat Islam, ada Masjid Al-Muttaqin yang menjadi salah satu icon masjid di Kabupaten Lahat. Lokasi masjid ini cukup unik karena berada di dataran tinggi. Kita bisa melihat Lahat dari ketinggian yang bisa disaksikan dari halaman masjid yang berada di Jalan A.Yani Pagar Agung, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan ini.

Cobalah jalan-jalan pagi ke Masjid Al-Muttaqin. Saat cuaca cerah, akan terlihat dengan jelas deretan bukit barisan dan pesona kota Lahat dari atas. Kalau jelang senja, bisa juga melihat matahari terbenam sambil menikmati lantunan ayat suci Alquran yang dibawakan anak-anak pesantren.

Selain itu, di Lahat juga ada masjid Agung Lahat yang berlokasi di Pasar Lama Lahat. Masjid yang dibangun pada 1920 ini memiliki luas bangunan 4.125 m2. Pada saat saya mulai tinggal di Lahat pada 2023 lalu, masjid Agung Lahat ini sudah memiliki “wajah” baru dengan arsitektur klasik dan berwarna putih.

Untuk yang beragama nasrani, ada wisata religi di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat yakni Gereja Santo Mikael yang merupakan gereja tertua di Sumatera Selatan.

2.    Wisata Sejarah

Lahat dikenal dengan “Kota Seribu Megalith”. Kawan-kawan sudah pernah mendengar kata megalit kan ya? Kalau saya sepertinya pertama kali tahu waktu kelas 1 SMP dalam pelajaran sejarah khususnya waktu membahas peninggalan zaman pra sejarah. Nah, di Lahat ini memang ditemukan banyak sekali benda-benda yang menjadi peninggalan zaman dulu.

Salah satu megalith di Desa Tinggi Hari


Pada tahun 2012 Kabupaten Lahat sebagai kabupaten tertua di Sumsel diganjar rekor Museum Dunia Rekor Indonesia (MURI) sebagai daerah dengan peninggalan megalitik paling banyak di seluruh Indonesia. Lahat sejak dulu dikenal sebagai surganya Megalit karena memiliki sekitar 1.027 peninggalan megalitik yang tersebar di 41 situs di seluruh Kabupaten Lahat. Wah sepertinya akan saya bahas lebih detail lagi di tulisan berikutnya ya!


3.    Wisata Alam

Untuk wisata alam Lahat, tentunya ada Bukit Jempol alias Bukit Telunjuk yang menjadi icon Kabupaten Lahat. Bentuknya sangat unik. Nanti kapan-kapan kita ulas lebih detail ya. Selain itu, Lahat juga dikenal dengan jembatan gantung terpanjang di Sumatera Selatan yang berlokasi di Kecamatan Pulau Pinang, namanya jembatan gantung Pagar Batu.

Salah satu wisata alam  menawan di Kabupaten Lahat adalah air terjun atau curup. Ya, banyak sekali air terjun di Kabupaten Lahat seperti Air Terjun Gunung Nyawe di Desa Talang Sejemput, Kecamatan Pulau Pinang; Air Terjun 7 Tingkat di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu; Air Terjun Bidadari di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang; Air Terjun atau Curup Maung di Desa Padang Muada Dua Kecamatan Gumay Ulu, dan lainnya.


4.    Wisata Kuliner

    Untuk makanan khas Lahat salah satu yang saya suka adalah lemang. Lemang ini ada         beberapa macam, ada lemang manis, lemang gemuk, dan lemang ikan. Ada satu                 tempat di Kabupaten Lahat yang terkenal dengan lemangnya. Lokasinya di Desa                 Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang.

 

5.    Wisata Belanja

Untuk wisata belanja, ada 2 pasar tradisional yang menjadi tempat belanja masyarakat Lahat pada umumnya, yakni Pasar Lematang dan PTM Square. Namun, dari segi usia Pasar Lematang jauh lebih lama berdiri dibandingkan PTM Square. Pasar Lematang berlokasi di pusat kota Lahat dan berdekatan dengan icon kota Lahat yakni patung Si Pahit Lidah. Kedua pasar ini menjual aneka keperluan sehari-hari mulai dari sembako, pakaian, dan lainnya.

Kalau pasar modern atau mall, di Lahat baru ada 1 (satu) yakni Citimall Lahat. Meskipun baru 1 tapi fasilitas hiburan di citimall sudah termasuk lengkap ya menurut saya, karena sudah ada bioskop, Hypermart, Matahari, dan saat ini juga ada Gramedia Exhibition.

Oke kawan-kawan mungkin cukup itu dulu. Insya Allah lain waktu akan saya ceritakan lebih lengkap lagi ya masing-masing.

 

Salam motivatrip,

Etika Aisya Avicenna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog ini ^___^. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Insya Allah komentar yang bukan spam akan dimunculkan. IG/Twitter : @aisyaavicenna