ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. SAHABAT, TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG SAYA INI. SEMOGA BERMANFAAT DAN MAMPU MEMBERIKAN INSPIRASI. BAGI SAYA, MENULIS ADALAH SALAH SATU CARA MENDOKUMENTASIKAN HIDUP HINGGA KELAK SAAT DIRI INI TIADA, TAK SEKADAR MENINGGALKAN NAMA. SELAMAT MEMBACA! SALAM HANGAT, ETIKA AISYA AVICENNA.

IDN MEDIA UMUMKAN PEMENANG PAHLAWAN IDN


“Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka,” seruan Bung Tomo yang mengobarkan para pejuang ini menjadi cerita sejarah yang selalu diperingati setiap 10 November. 

Hari Pahlawan sejatinya tak sekadar seremonial belaka, tapi harus benar-benar menjadi pengingat akan besarnya perjuangan untuk meraih sesuatu. Tentu pada zaman itu semua pejuang inginkan kemerdekaan yang seutuhnya dan akhirnya bisa kita rasakan sampai detik ini.

Pahlawan di zaman sekarang, tak harus angkat senjata dan membabi buta menembak musuh. Pahlawan bisa dalam banyak ragam seperti berikut.

[P]ribadi yang berdaya dan berprestasi

[A]ktivis penebar kebaikan

[H]amba Allah yang tegar berjuang di jalan-Nya

[L]aki-laki yang saleh dan Tangguh

[A]nak-anak yang berbakti

[W]anita yang salehah dan taat

[A]bdi negara yang jujur dan anti korupsi

[N]ovelis atau penulis dan pekerja kreatif yang terus semangat merangkai karya bermanfaat.

Itu dia akronim "PAHLAWAN" ala saya.


Pengumuman Pahlawan IDN Media

Teman-teman, kita semua sangat berpeluang menjadi pahlawan dalam berbagai bidang. Termasuk yang dilakukan IDN Media. Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2021, IDN Media mengumumkan 5 (lima) pemenang utama dari program Pahlawan IDN.

Pahlawan IDN adalah program independen dari IDN Media. Program ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada figur-figur Milenial dan Gen Z yang inspiratif dari seluruh Indonesia, yang memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui bidang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi, Proyek Kreatif dan Komunitas.

Dengan tagline “Satu Negeri Beragam Inspirasi”, aspek yang dinilai meliputi orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang.



Melalui platform TikTok IDN Media, secara langsung diumumkan 5 (lima) pemenang utama yang terpilih. Kelima pemenang utama ini berhak membawa pulang beberapa hadiah keren di antaranya: uang tunai, dukungan publikasi dari IDN Media selama 1 (satu) tahun penuh, kesempatan bergabung di signature event yang dilangsungkan oleh IDN Media, serta terkoneksi dengan jaringan komunitas masif yang dimiliki oleh IDN Media. Sungguh beruntung ya mereka!


Baca juga: Media Bisnis Fortune Indonesia untuk Milenial dan Gen Z


Siapa saja pemenang pahlawan IDN Media? Ini dia kelima pemenangnya.




1. Riliv, diwakili oleh Audrey Maximillian Herli

2. Plana (Plastic for Nature), diwakili oleh Joshua Christopher Chandra

3. Mataharikecil Indonesia, diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful

4. BecomeMore Indonesia, diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa

5. Literasi Anak Banua, diwakili oleh Alvian Wardhana

Wah, selamat ya pada para pemenang!


Apresiasi Dewan Juri Pahlawan IDN

Dewan juri yang terlibat di proses penilaian Pahlawan IDN ini antara lain: Winston Utomo (CEO IDN Media), Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media), Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times), Najelaa Shihab (Pendidik dan Pendiri Semua Murid Semua Guru), dan William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul dan Managing Partner of SIAP).

 


Uni Lubis sebagai Editor-in-Chief IDN Times juga menyampaikan apresiasi untuk kelima penerima anugerah Pahlawan IDN ini.



“Selamat untuk ke-5 penerima anugerah Pahlawan IDN yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Berfokus pada inovasi dan dampak yang sudah diberikan oleh Millennial & Gen Z, Pahlawan IDN memiliki keunikannya tersendiri. Variasi dari finalisnya pun luar biasa, mulai dari literasi, kesehatan mental, sampai lingkungan. Semoga, dengan anugerah ini, kalian dapat terus menjaga komitmen kalian untuk terus menjaga keberlanjutan organisasi, membangun komunitas yang solid, serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas kalian. Dengan demikian, peluang-peluang yang lebih baik pun akan terbuka.”

Najelaa Shihab sebagai seorang Pendidik dan Pendiri “Semua Murid Semua Guru” sangat mengapresiasi para peserta dan pemenang. Sebagai dewan juri, beliau juga menyampaikan pesan untuk para pemenang.



“Selamat untuk para pemenang! Semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan.”

Demikian juga William Hendradjaja selaku Chief of Business Skilvul dan Managing Partner of SIAP turut terinspirasi serta mengapresiasi karya dan kiprah para peserta.

“Saya sangat terinspirasi oleh teman-teman yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, beberapa ada yang masih duduk di bangku kuliah. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi.”

Sebagai perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 70 juta Monthly Active Users (MAU), IDN Media terus berupaya mewujudkann visinya yakni mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat termasuk melalui program Pahlawan IDN ini. 


Baca juga: Fortune Indonesia: Media Lengkap untuk Meningkatkan Produktivitas


Nah, siapa yang ingin menjadi pahlawan seperti mereka? Semoga tak hanya aku atau kamu, tapi kita semua!


Ayo semangat berkarya, generasi muda!

 

21 comments:

  1. Selamat kepada para pemenang, semoga tetap menginspirasi, saya suka dengan akronim Pahlawan yang mbak Aisyah sebutkan, saya izin capture hehe

    BalasHapus
  2. Salut dengan para pemenang pahlawan IDN, karena menampilkan sosok-sosok muda yang mempunyai dampak besar yang positif untuk sekitar. Congratulation

    BalasHapus
  3. Mantap sekali artikellnya, sempat berpikir untuk mengikuti lomba tersebut namun saya kurang percaya ke diri saya sendiri

    BalasHapus
  4. Tetap semangat buat pemuda Indonesia, sealu tunjukan inovasi dan kreatifitasmu yang tak terbatas. bersama kita menghadapai bonus demografi di masa revolusi industri 4.0

    BalasHapus
  5. Bagus banget pesan Bu Najeela Shihab "fokus pada dampak dan keberlanjutan". Sebaik-baik manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

    BalasHapus
  6. Semoga kedepannya semakin banyak pahlawan-pahlawan yang hebat di berbagai bidang di Indonesia

    BalasHapus
  7. Selamat bagi para pemenang dan kita semua yang menjadi Pahlawan dalam literasi digital

    BalasHapus
  8. MasyaAllah keren-keren sekali pemenangnya. Mereka pahlawan di bidangnya masing-masing

    BalasHapus
  9. Seneng banget IDN terus mengapresiasi pahlawan sekitar, orang2 yang memenangkan kategori pahlawan IDN ini pun memang memiliki kredibilitas tinggi dibidangnya masing-masing. Terimakasih IDN Media!

    BalasHapus
  10. Selamat buat para pemenang! Hebat bisa bikin kemjuan sama jadi pahlawan buat orang lain! Kepoin sosmednya satu-satu aaah hehehe

    BalasHapus
  11. Mbak, kepikiran ya itu sama singkatan pahlawannya. Kusuka XD

    BalasHapus
  12. Takjub saama pencapaiannya, 70juta monthlyyy lhooo. duh kapan ya bisa kayak idn gituu blogku hahaha. cita2 banget

    BalasHapus
  13. Tagline Satu Negeri Beragam Inspirasi memang harus menjadi lecutan bagi milenial dan generasi Z untuk terus maju, dan berkembang. Memberi inspirasi lewat berbagai bidang untuk memajukan negeri. Selamat untuk para pemenang..

    BalasHapus
  14. Manusia merdeka. Itulah yang hendak digapai indonesia.

    BalasHapus
  15. Wah keren juga IDN ngadain lomba. Semoga dengan adanya lomba ini, memotivasi generasi muda untuk terus berkreasi.

    BalasHapus
  16. Wah... Semoga bisa terus menginspirasi orang lain agar memberikan dampak positif bagi banyak orang. Aamiin...

    BalasHapus
  17. Keren kakak filosofi yang dibuat untuk kata Pahlawan diatas. Nuhun ya atas tulisan inpiratifnya.

    BalasHapus
  18. Wiiih, jurinya bukan main kak. Semua punggawa ada. Apalagi Najeela shihab tuh. Pasti pemenangnya juga luar biasa deh

    BalasHapus
  19. Aku tertarik dengan Plana. Isu lingkungan memang nggak ada habisnya untuk dibahas. Gerakan sekecil apapun, insyaallah dapat membantu mengurangi kerusakan alam yang diakibatkan oleh manusia.

    BalasHapus
  20. aku suka semua nih sama mereka, masih muda berkarya kerekn dan tentunya inspiratif semoga mereka menjadi pemimpin yang baik ke depannya ya

    BalasHapus
  21. aku suka ide-ide yang mereka tawarkan meski adayang gak ory juga alias sudah ada yang memulai, namun konsistensi dan anak muda yang bikin, tentu saja nilainya kadi mahal kan, hehehe

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog ini ^___^. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Insya Allah komentar yang bukan spam akan dimunculkan. IG/Twitter : @aisyaavicenna