ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. SAHABAT, TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG SAYA INI. SEMOGA BERMANFAAT DAN MAMPU MEMBERIKAN INSPIRASI. BAGI SAYA, MENULIS ADALAH SALAH SATU CARA MENDOKUMENTASIKAN HIDUP HINGGA KELAK SAAT DIRI INI TIADA, TAK SEKADAR MENINGGALKAN NAMA. SELAMAT MEMBACA! SALAM HANGAT, ETIKA AISYA AVICENNA.

SEMEN TONASA SEMANGAT MEMBANGUN NEGERI DARI DULU, HINGGA KINI, SAMPAI NANTI




Ada pelajaran di setiap perjalanan. Itulah jargon saya tiap kali melakukan suatu perjalanan, baik tugas dari kantor maupun travelling pribadi. Seperti halnya kisah perjalanan pada 9-11 Agustus 2017 saat saya dan 2 (dua) orang tim mendapatkan tugas untuk melakukan survei ke PT. Semen Tonasa yang berlokasi di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan.


Berkenalan dengan PT. Semen Tonasa

Sebagai seorang statistisi di Kementerian Perdagangan, salah satu tugas saya adalah mengumpulkan dan mengolah data terkait ekspor dan impor bahan baku industri. Nah dalam rangka mengumpulkan data itu, saya harus melakukan survei. PT. Semen Tonasa menjadi salah satu lokasi survei yang saya kunjungi pada 2017 silam. Sebelum berangkat untuk survei, saya menyiapkan kuesioner yang harus diisi oleh pihak PT. Semen Tonasa.
Singkat cerita, sesampainya di PT. Semen Tonasa, kami disambut dengan sangat hangat. Bahkan kami sempat berdiskusi dengan pihak produksi dan beberapa pihak terkait. Kami pun diajak keliling lokasi pabrik yang sangat luas sekitar 715 hektar.
Tak lupa sebagai bagian dalam menjalankan manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), baik untuk karyawan maupun pengunjung, kami juga memakai Alat Pelindung Diri (APD) selama berada di area pabrik.
Dokumentasi Survei di PT. Semen Tonasa 

Pada saat survei itu, saya banyak mendapat pengetahuan dan inspirasi baru tentang perusahaan semen pertama dan tertua di kawasan timur Indonesia tersebut.
Secara ringkasnya, sejarah berdiri dan perkembangan PT. Semen Tonasa ditampilkan pada gambar berikut.



“Oleh-oleh” lain yang saya dapatkan saat survei adalah terkait proses produksi semen. Selama ini saya hanya sebagai pengguna semen, tapi baru pertama kali itu saya mendapatkan ilmu tentang pembuatannya bahkan bisa melihat sebagian prosesnya secara langsung.


Tahapan atau proses produksi semen di PT. Semen Tonasa secara garis besar sebagai berikut.

1.  QUARRY

Dalam produksi semen, bahan baku utamanya adalah batu kapur (lime stone), pasir silika, pasir besi, tanah liat, dan bahan penunjang berupa gypsum. PT. Semen Tonasa mendapatkan batu kapur dari Bukit Biringere. Salah satu proses penambangan batu kapur di PT. Semen Tonasa dilakukan dengan sistem tangga (benching) untuk menjamin keamanan dan kemudahan penambangan.

2.  CRUSHER

Batu kapur dan tanah liat dikecilkan ukurannya sampai 8 cm lalu disimpan dalam storage.

3.  STORAGE

Bahan baku (batu kapur dan tanah liat) yang didapat dari proses penambangan, akan ditampung didalam storage untuk dilakukan proses reclaimer untuk menjamin kualitas produk yang dihasilkan.

4.  RAW MEAL

Langkah selanjutnya batu kapur dan tanah liat dicampur pasir besi dan pasir silika lalu digiling dan dikeringkan menjadi tepung baku (raw meal) yang merupakan bahan utama untuk membuat terak (clinker). Raw meal ini bentuknya seperti bubuk atau tepung, tapi mempunyai tingkat kehalusan tertentu. Raw meal ini dihasilkan dari sebuah sistem peralatan yaitu Raw Meal Plant yang terdiri dari alat-alat utama, sistem transport, dan alat-alat yang disimpan dalam Raw Meal Silo.

5.   KILN

Raw meal yang disimpan dalam Silo digunakan sebagai umpan kiln (kiln feed) akan mengalami beberapa tahapan proses lanjutan sampai akhirnya menjadi clinker yang kemudian disimpan di clinker silo setelah melalui proses pendinginan. Proses pembakaran biasanya menggunakan bahan bakar batu bara yang telah digiling dan dikeringkan melalui coal mill. Sebagian clinker digunakan sebagai cement mill.

6. CEMENT MILL

Clinker yang ditransport dari clinker silo lalu digiling dalam cement mill dengan menambahkan gypsum dan bahan lainnya. Proses penggilingan semen ini merupakan tahapan di mana kita akan mendapatkan semen seperti yang sering kita lihat. Aneka material tersebut dimasukkan ke semen mill dan mengalami proses penggilingan hingga menghasilkan semen OPC, PPC, dan PCC.

Setelah didapat semen yang berkualitas baik, maka semen disimpan melalui semen silo kemudian ditransport ke bin semen melalui air slide, belt conveyor dan vibrating screen. Keluaran dari semen silo berupa semen curah yang sebagian dijual dalam bentuk semen curah dengan alat transport berupa mobil kapsul (mobil pengaduk semen), sebagian dibawa ke silo pantai yang berada di Pelabuhan Biringkassi.

Semen curah di Silo Pantai Pelabuhan Biringkassi kemudian dibawa ke kapal semen curah dan didistribusikan ke packing plant PT. Semen Tonasa.

7.   PACKING PLANT

Tahap packing plant atau pengantongan semen ini merupakan tahap terakhir dari produksi semen yang melibatkan kombinasi mesin dari alat transport sampai ke packer. Packer berfungsi melakukan pembungkusan atau pengepakan semen bungkus sesuai berat yang ditetapkan, seperti 40 kg atau 50 kg per zak semen.


Nah, itu dia proses produksi semen di PT. Semen Tonasa. Sebagai bagian dari Semen Indonesia Group (SIG), PT. Semen Tonasa selalu menjunjung tinggi sinergisitas dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan.



Kekuatan dan Kekokohan PT. Semen Tonasa


PT. Semen Tonasa sebagai produsen semen pertama di wilayah timur Indonesia membangun sampai ke pelosok bangsa. Beberapa bangunan yang menggunakaan PT. Semen Tonasa, antara lain: Bendungan Gili-Gili Gowa, Bendungan Balambano Sorowako, Menara Phinisi UNM Makassar, By Pass Camba (Maros-Bone), Underpass Mandai Makassar, Jembatan Soekarno Manado, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali, Monumen Mandala Makassar, Masjid Terapung Makassar.

Pendistribusian di kawasan Sulawesi Selatan menggunakan moda transportasi darat. Sebagian besar pendistribusian semen melalui jalur laut melalui Pelabuhan khusus yang memiliki kapasitas 50.000 draw weight ton.

Jumlah tenaga kerja di PT. Semen Tonasa sebanyak 1265 orang dengan tingkat pendidikan sampai dengan jenjang S3. Adapun fasilitas penunjang antara lain: pembangkit listrik dengan kapasita 2x25 MW dan 2x35 MW, Coal Unloading System, pelabuhan khusus, fasilitas penunjang pendidikan, kolam renang, lapangan golf, sarana ibadah, medical centre, taman keanekaragaman hayati (kehati), kolam pemancingan, Tonasa Park, dan fasilitas gedung olah raga.

Asosiasi Semen Indonesia (ASI) mendata terjadi penurunan konsumsi semen pada Januari 2021 yakni hanya mencapai 4,9 juta ton atau merosot 5,8% secara tahunan. Namun volume ekspor semen per Januari 2021 meningkat sebesar 117.968 ton (71,3%). Hal ini menjadi peluang bagi industri semen di Indonesia, termasuk PT. Semen Tonasa. 

Meski di tengah pandemi Covid-19, optimalisasi kapasitas produksi tetap dilakukan dengan maksimal. Melalui berbagai terobosan, mulai dari infrastruktur logistik hingga sistem digitalisasi, PT. Semen Tonasa berupaya untuk terus meningkatkan ekspor ke beberapa negara seperti: Timor Leste, Australia, China, Filipina, Bangladesh, dan Taiwan.



PT. Semen Tonasa memiliki 4 (empat) pabrik yang berproduksi dengan kapasitas 5.980.000 ton/tahun. Yang didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia dan juga diekspor ke beberapa negara di Asia dan Australia. Tonasa 2 berproduksi sebanyak 590.000 Ton/tahun, Tonasa 3 berproduksi sebanyak 590.000 ton/tahun, Tonasa 4 berproduksi sebanyak 2.300.000 ton/tahun, dan Tonasa 5 berproduksi sebanyak 2.500.000 Ton/tahun.
Ada 3 (tiga) jenis semen yang diproduksi di PT. Semen Tonasa.
a. Semen Portland Tipe I 
Semen Portland Tipe I adalah hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak dan gipsum. Semen Portland Tipe I produksi perseroan memenuhi persyaratan SNI 2049-2015 Jenis I dan ASTM C150-2004 Tipe I. 
Semen jenis ini digunakan untuk bangunan umum dengan kekuatan tekanan yang tinggi (tidak memerlukan persyaratan khusus), seperti bangunan bertingkat tinggi, perumahan, jembatan dan jalan raya, landasan bandar udara, beton pratekan, bendungan/saluran irigasi, elemen bangunan seperti genteng, hollow, brick/batako, paving block, buis beton, roster dan lain-lain.

b. Semen Portland Pozzolan 
Semen Portland Pozzolanadalah semen hidrolis yang terdiri dari campuran homogen antara semen Portland dan pozzolan halus, yang diproduksi dengan menggiling klinker semen Portland dan pozzolan bersama-sama atau mencampur secara rata bubuk Semen Portland dan pozzolan atau gabungan antara menggiling dan mencampur, dimana kadar pozzoland 15-40% massa Semen Portland Pozzolan.
 
c. Semen Portland Komposit 
Semen Portland Komposit adalah bahan peningkat hidrolis hasil penggilingan bersama terak semen Portland dan gipsum dengan satu atau lebih bahan anorganik, atau hasil pencampuran bubuk semen Portland dengan bubuk bahan anorganik lain.

Selain di pabrik, PT. Semen Tonasa memiliki beberapa unit pengantongan di beberapa daerah pasar utama, seperti PP Samarinda, PP Balikpapan, PP Palu, PP Mamuju, PP Kendari, PP Biringkassi, PP Makassar, PP Manado, PP Maluku Utara, PP Sorong, PP Ambon dengan total kapasitas pengantongan 6.600.000 ton/tahun.
Keunggulan PT. Semen Tonasa

Keunggulan PT. Semen Tonasa di atas juga dibuktikan dengan aneka prestasi yang diterima. Beberapa sertifikasi yang telah didapatkan PT. Semen Tonasa antara lain:

1.  ISO 17025

2. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3:1996)

3. ISPS CODE (International Code for the Security of Ships and Port Facilities)

4. Sistem Manajemen Laboraturium (ISO/ IEC 17025;2005)

5. OHSAS 18001:2007 (Occupational Health & Safety Assessment Series)

6. Sistem Manajemen Terintegrasi (Integrated Management System-IMS)

Sertifikasi yang Diterima PT. Semen Tonasa


Sebagai BUMN yang telah berjalan selama 53 tahun lebih, Semen Tonasa memiliki berbagai penghargaan yang diakui baik secara nasional maupun internasional. Beberapa penghargaan yang diterima antara lain:
1. Peringkat ke-2 kategori perusahaan besar barang SNI Award 2011
2. Perseroan mendapatkan penghargaan Master Brand dan keempat kalinya berturut-turut pada 14 Maret 2014
3. Medali Emas / Gold pada Konvensi Internasional GKM Asia Pasific Quality Organization (APQO) di Singapore-Thailand tanggal 16-22 Oktober 2011.

4. Meraih penghargaan GOLD AWARD (Kategori tertinggi) dalam ajang International Convention on Circles (ICQCC) di Colombo-Sri Lanka pada 13 Oktober 2014.

5. Indonesian Quality Award menetapkan Perseroan di level early improvement dalam penerapan Malcolm Baldrige Criteri pada 21 November 2013.

6. Keberhasilan meraih 9 Penghargaan pada ajang ICA (Indonesia CSR Award) dari Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan bekerjasama dengan CFCD (Corporate Forum For Community Development pada 28 Desember 2014.

7. Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Januari 2020
8. Penghargaan Industri Hijau level V selama 5 tahun berturut-turut sejak 2014-2018
9. Peringkat tertinggi kategori 3 bintang (Three Star) dalam event Asia Pasific Quality Organization (AQPO) International Conference ke-26 pada 13-16 September 2021 yang diadakah secara virtual dari Perth, Australia.
Beberapa Penghargaan yang Berhasil Diperoleh PT. Semen Tonasa

PT. Semen Tonasa juga  memiliki budaya CHAMPS sebagai belief “We are the CHAMPS!” yang merepresentasikan 3 Nilai SMI dan 7 Perilaku Utama.
Budaya Perusahaan PT. Semen Tonasa

Nilai-nilai Sinergi, Militan, dan Integritas (SMI) dan 7 (tujuh) perilaku utama sebagai representasi Budaya Perusahaan "CHAMPS" di atas diurai sebagai berikut.
Sinergi
1. Berpikir terbuka dan mengutamakan Semen Indonesia Group
2. Kerja sama yang positif dan bertanggung jawab untuk mencapai sasaran perusahaan yang maksimal
Militan
1. Gigih dan licah untuk memberikan hasil terbaik
2. Menerapkan cara kerja baru yang lebih baik
3. Memberikan layanan terbaik dan bernilai tambah kepadsda pelanggan internal dan eksternal
Integritas
1. Berbuat sesuai kesepakatan dan janji
2. Jujur, tulus dan bertanggung jawab

7 Perilaku Utama
1. Berpikir terbuka dan mengutamakan Semen Indonesia Group
2. Kerjasama yang positif dan bertanggung jawab untuk mencapai sasaran perusahaan yang maksimal
3.  Gigih dan lincah untuk memberikan hasil terbaik
4. Menerapkan cara kerja baru yang lebih baik
5. Memberikan layanan terbaik dan bernilai tambah kepadsda pelanggan internal dan eksternal
6. Berbuat sesuai kesepakatan dan janji
7. Jujur, tulus dan bertanggung jawab

PT. Semen Tonasa juga memilikii 5 (lima) pilar sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan terhadap lingkungan. Kelima pilar tersebut diuraikan pada gambar berikut ini. 
Lima Pilar sebagai Bentuk Tanggung Jawab PT. Semen Tonasa
 Dengan kekuatan dan kekokohan yang dimiliki PT. Semen Tonasa di atas, membuat Semen Tonasa kian dipercaya, baik di dalam negeri maupun kancah internasional.


Company Profile PT. Semen Tonasa


Semangat SEMEN ‘TONASA” untuk Membangun Sinergitas Berkelanjutan


Selama 53 tahun PT. Semen Tonasa telah membuktikan diri menjadi pelopor produsen semen berkualitas tinggi dan ramah lingkungan di Indonesia bagian timur. 

PT. Semen Tonasa kokoh, kuat, dan terpercaya


Berikut ini adalah semangat "TONASA" sebagai harapan di usia ke-53 tahun PT. Semen Tonasa.


Semangat "TONASA"


Menjadi yang terbesar dan terbaik,  membuat PT. Semen Tonasa harus terus menjaga kualitas dan profesionalisme. PT. Semen Tonasa harus terus berbenah dan melakukan inovasi di berbagai bidang, agar dapat meningkatkan daya saing dan memberikan nilai tambah untuk seluruh pemangku kepentingan.

Didukung oleh infrastruktur penunjang produksi paling lengkap dan semangat wawasan lingkungan serta pembangunan berkelanjutan, PT. Semen Tonasa diharapkan terus berkomitmen penuh untuk membangun bangsa dan tetap peduli pada kelestarian lingkungan. 

Penutup

Semen merupakan salah satu komoditi barang penting berupa bahan bangunan yang sangat mendukung kelancaran pembangunan nasional. Berbagai sarana dan prasarana tak akan bisa berdiri kokoh tanpa bahan dasar semen. Oleh karena itu, industri semen, termasuk PT. Semen Tonasa harus terus bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Sinergi yang berkelanjutan akan memperkokoh pembangunan bangsa, mewujudkan Indonesia yang kian unggul dan maju, serta makin diakui di kancah internasional.

 

Jalan-jalan ke Pantai Losari

Jangan lupa minum wedang saraba

Telah 53 Tahun membangun negeri

Semoga PT. Semen Tonasa makin jaya!

 

Referensi:

M, Arief, Andi. Ada Anomali, Konsumsi Semen Nasional Anjlok Awal 2021. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210223/257/1360012/ada-anomali-konsumsi-semen-nasional-anjlok-awal-2021, diakses 30 Oktober 2021.

Youtube Semen Tonasa: https://www.youtube.com/channel/UC3D8W-KC91t1ZvpSA_Z6mqQ

Youtube Inovasi Tonasa: https://www.youtube.com/watch?v=QLnYi4JUGTw. 

Instagram Semen Tonasa: https://www.instagram.com/ptsementonasa/


NB : Artikel ini diikutkan dalam Lomba Writing Blog Competition 1.0 : 53 Tahun Semen Tonasa Membangun Negeri.

32 comments:

  1. Semen Tonasa milik Sulasewi punya ya kak? wah keren jadi iangta Semen PAdang dan Semen Tiga Roda juga

    BalasHapus
  2. Wow keren banget ya. Banyak sekali daat penghargaan. Makin yakin pakai Semen merk satu ini. Di Lampung ada ya kak penyediaannya?

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak juga tahapan pembuatan semen.. Waah Bandara I Gusti Ngurah Rai juga menggunakan semen Tonasa ini yaa

    BalasHapus
  4. baru tau tahapan proses semen

    setiap lewat bukit kapur Padalarang, saya gak bisa ngebayangin gimana kapur yang nampak rapuh bisa menjadi bahan membangun jembatan dll

    BalasHapus
  5. Selalu ada pelajaran di setiap perjalanan. Begitupula dengan semen gresik.

    Perjalanannya membangun negeri sudah banyak menciptakan terobosan baru

    BalasHapus
  6. saya kira semen sekarang yang beda hanya di kemasan. mungkin ini menyesuaikan zona pasarnya ya.

    BalasHapus
  7. Wah saya baru tahu proses panjang dari pembuatan semen Tonasa. Jalur yang panjang itu harus benar-benar dibuat efisien. Semoga kualitas tetap tinggi dan kelemahan produksi bisa diperbaiki.

    BalasHapus
  8. jadi falshback ke masa kuliah saat praktikum kimia material. Sangat penting banget memperhatikan kualitas semennya, dengan usia yang sudah tak muda lagi, tentunya kualitas PT Semen Tonasa tidak diragukan lagi.

    BalasHapus
  9. Bagus sekali ada pabrik semen di Pangkajene ya. Jadinya pembangunan waduk-waduk di Sulawesi bisa cepet deh, nggak perlu nunggu bahan semen dari pulau lain :)

    BalasHapus
  10. Rupanya begini cerita dari Semen Tonasa. Menarik, survey Abang membuka wawasan saya tentang semen.


    Tentang proses pembuatan semen dari awal hingga siap dijual memang benar-benar pengalaman yang tidak akan terlupakan.

    BalasHapus
  11. Ngomongin soal semen jadi ingat saat Internship di perusahaan semen, jadi tahu awal mula pembuatan semen hingga proses pemasaran. Saya dulu sempat magang di perusahan semen Baturaja

    BalasHapus
  12. Perjalanan dan proses yang panjang membuat kita happy ternyata semen tonasa memperhatikan kualitas

    BalasHapus
  13. Baru denger nama merek Semen Tonasa, tapi ternyata sudah 53 tahun yaa dengan ragam penghargaan yang diraih. Big applause!

    Aku appreciate sekali dengan value value nya dan 5 pilar Semen Tonasa.

    BalasHapus
  14. Sudah lebih dari setengah abad semen Tonasa ini membangun untuk negeri. Sukses terus untuk Tonasa dan GoodLuck untuk lombanya ya.

    BalasHapus
  15. Kudet nih aku baru tahu Semen Tonasa. Padahal kontribusinya buat negeri sangat besar, terutama untuk wilayah Indonesia Timur

    BalasHapus
  16. Tentunya, makin dikenal hingga generasi ke generasi, karena Semen Tonasa terus menebar manfaat kepada masyarakat ya

    BalasHapus
  17. terimakasih kak atas informasinya. sekarang saya jadi tahu nih tentang semen tonasa

    BalasHapus
  18. Keren sekali semen produk Sulawesi. Panjang umur produk produk lokal berkualitas

    BalasHapus
  19. Wahh ini yang ultah ke53 kemarin itu yaa mba. Keren bangett, aku baru ngeh kalau ini dari padang lhoo.

    BalasHapus
  20. Aku baru tau ada semen merk ini. Nice banget infografis di blognya, jadi makin paham sama semen Tonasa ini

    BalasHapus
  21. Kualitas semen memang jadi salah satu faktor akan kualitas kekokohan sebuah bangunan. Kalau bangunannya udah berkualitas akan berdampak dengan biaya maintenance bangunan tersebut yang bisa jadi lebih hemat kedepannya.

    BalasHapus
  22. Keren ya, ternyata ini semen negeri sendiri dan BUMN. Aku tertarik dengan konaep suistanable nya lho, pengen tahu program nya seperti apa. Karena ibarat mata koin, pembangunan memang dibutuhkan oleh kita manusia sebagai tempat bernaung, tapi disisi lain pembangunan juga ada resiko alih fungsi lahan kan. Terlepas dari itu, keren nih semen Tonasa udah import juga.

    BalasHapus
  23. semen yang kokoh akan menghasilkan bangunan yang kokoh, namun itu semua akan terjadi jika tidak ada kecurangan dalam birokrasi, kita melihat sendiri bagaiaman pembangunan Indonesia saat ini yang begitu banyak masalahnya hehe

    BalasHapus
  24. Semen adalah salah satu contoh kecil bahwa setiap hal di dunia ini ada fungsi dan perannya masing2. Mungkin ada banyak orang yang tidak kenal betul atau bersinggungan dalam pekerjaannya dengan semen tapi pasti dalam keseharian ia pasti menemui semen dalam berbagai bentuk.

    BalasHapus
  25. Masya Allah, artikelnya lengkap sekali :D Saya kalau dengar kata pabrik semen, yang langsung keingat dan kebayang itu lingkungan di sekitar area pabrik. Seringnya diliputi debu-debu gitu kan jadi suka pake masker. Kalau di Sumatera sini terkenalnya Semen Padang ya. Tiap pulau kayaknya punya pabrik semen sendiri.

    BalasHapus
  26. Wow, luas pabriknya 715 hektar. Anyway, saya selalu respect dengan perusahaan yang menerapkan sistem K3 dengan baik, seperti PT. Semen Tonasa ini, yang memberikan APD bagi para pengunjung.

    BalasHapus
  27. Waaah saya kita Thicko pulang Palembang. Seingat saya Semen Tonasa adanya di Sumatra Selatan. Eh, itu pupuk Sriwijaya, ya.

    BalasHapus
  28. umurnya dah 53 tahun tapi aku baru dengar, hihi. enak ya, pulang kerja bawa oleh2 bahan tulisan

    BalasHapus
  29. Perlu disupport produk2 dalam negeri, semoga pembangunan semakin pesat, dg tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan

    BalasHapus
  30. Saya baru tahu kalo ada merek semen tonasa, nanti saya coba deh kalo mau buat sesuatu dan menggunakan semen tonasa

    BalasHapus
  31. Masya allah 53 tahun dan masih bertahan dnegan kokoh ya ..layak diapresiasi. Melihat penghargaaan yg diterima artinya emang keren nih semen santosa.

    Aku jujur tak begitu paham soal persemenan hehe membaca ulasan ini jadi ngerti oh macamnya semen juga banyak ya

    BalasHapus
  32. wah keren banget mbak bisa jalan-jalan ke semen tonasa yang sudah berkecimpung lama di dunia semen di Indonesia

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog ini ^___^. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Insya Allah komentar yang bukan spam akan dimunculkan. IG/Twitter : @aisyaavicenna