ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. SAHABAT, TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG SAYA INI. SEMOGA BERMANFAAT DAN MAMPU MEMBERIKAN INSPIRASI. BAGI SAYA, MENULIS ADALAH SALAH SATU CARA MENDOKUMENTASIKAN HIDUP HINGGA KELAK SAAT DIRI INI TIADA, TAK SEKADAR MENINGGALKAN NAMA. SELAMAT MEMBACA! SALAM HANGAT, ETIKA AISYA AVICENNA.

FORTUNE INDONESIA: MEDIA LENGKAP SEPUTAR EKONOMI, BISNIS, DAN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

 


“Etika, kamu boleh lelah, tapi jangan pernah menyerah!”

Kalimat motivasi di atas sering saya ucapkan pada diri sendiri ketika dilanda kelelahan akibat banyaknya aktivitas yang harus dilakukan. Namun, saya berusaha menjalankan aktivitas tersebut dengan penuh semangat. 

Empat Peran dalam Aktivitas Keseharian

Kalau dipilah, saat ini saya menjalankan 4 (empat) peran. Selain sebagai ASN/PNS di Kementerian Perdagangan, saya juga seorang penulis sekaligus pemilik toko online Supertwin Shop. Namun, di antara aktivitas itu, saya tetap berusaha menjalankan peran sebagai istri dan calon ibu dengan sebaik-baiknya.

Banyak teman yang bertanya bagaimana saya membagi waktu dalam menggeluti 4 (empat) peran tersebut. Berikut saya bagi tipsnya ya!


1. Luruskan dan luaskan niat

Dalam menjalankan setiap aktivitas, niatkan untuk mendapatkan rida Allah. Dengan begitu, semua aktivitas kita (insya Allah) akan bernilai ibadah. Itulah makna dari niat yang lurus. Jangan lupa berdoa pada Allah sebelum memulai aktivitas agar kemudahan dan keberkahan menyertai kita.

Selain niat yang lurus, kita harus punya niat yang luas. Maksudnya, apapun aktivitas kita jangan hanya mendatangkan manfaat untuk diri sendiri, tapi juga bermanfaat luas bagi banyak orang. Misalnya, ketika ditanya kenapa saya menjalankan bisnis online padahal sudah punya gaji tetap sebagai seorang ASN? Saya akan menjawab bahwa dengan bisnis online, ada banyak pihak yang akan terbantu, seperti tim penjualan saya, customer, para produsen/penjahit, kurir ekspedisi, dan lainnya.

Selain itu, saya juga masih punya banyak impian misal menghajikan orang tua, sedekah sebanyak-banyaknya, membangun masjid, dan lainnya. Semua itu insya Allah dapat terwujud melalui usaha bisnis online.


2. Cintai apa yang dilakukan

Ketika melakukan suatu aktivitas, kita harus berusaha mencintainya agar bisa terus semangat dalam menjalankannya.


3. Buat jadwal dengan skala prioritas.

Kunci dari sebuah produktivitas adalah manajemen waktu. Setiap orang memiliki jatah yang sama 24 jam, tapi apa yang dihasilkan setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, buat jadwal rutin setiap hari dan tentukan skala prioritasnya agar bisa dibedakan mana yang harus segera dikerjakan dengan cepat.

Saya biasa membagi waktu dalam 4 (empat) peran saya di atas, sebagai istri, ASN, penulis, dan pebisnis. Tiap hari saya buat rincian kegiatan yang dilakukan dalam 4 peran tersebut.




4. Delegasikan tugas.

Dalam setiap aktivitas itu, tentu tidak semua saya kerjakan sendiri. Saat melaksanakan pekerjaan kantor dan bisnis online, saya dibantu tim. Dalam urusan rumah tangga, saya juga sering mendelegasikan pekerjaan rumah yang sebenarnya bisa saya lakukan seperti  menyetrika, terkadang saya masukkan ke laundry tetangga.

Dengan mendelegasikan tugas, kita bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan aktivitas lainnya.


5. Terus belajar.

Sebagai bagian dari generasi milenial, tentu saya sadar bahwa saat ini tantangan di era digital semakin besar. Saya harus siap bersinergi sekaligus berkompetisi dalam menghadapinya. Oleh karena itu, saya berusaha untuk terus meningkatkan kapasitas diri.


FORTUNE INDONESIA, WEBSITE LENGKAP SEBAGAI TEMPAT SAYA BELAJAR

Perkembangan teknologi dan informasi sedemikan cepat dan masif. Mumpung masih muda, harus bisa memanfaatkan segala potensi untuk mengembangkan diri. Mengasah potensi butuh ilmu. Nah, dalam menjalankan 4 peran di atas, saya sangat beruntung ketika menemukan Fortune Indonesia. Saya mendapat banyak ilmu dan insight baru dari media digital ini.

Fortune resmi diluncurkan di Indonesia bersama dengan IDN Media pada 8 Agustus 2021. Fortune Indonesia telah bergabung dalam ekosistem IDN Media. Dengan basis pengguna yang besar, jaringan distribusi yang menyeluruh, dan teknologi IDN Media yang inovatif, website maupun Majalah Fortune Indonesia menjadi media yang menghadirkan akses yang lengkap, ketajaman informasi, dan penulisan yang berbeda, Fortune Indonesia juga menghadirkan standar akurasi, keseimbangan informasi, dan transparansi.


Baca juga: Media Bisnis Fortune Indonesia


Keunggulan website Fortune Indonesia ini antara lain:


1. Mudah diakses alias user friendly

Untuk akses website Fortune Indonesia, tinggal klik link: https://www.fortuneidn.com/. Pada tampilan desktop, bagian depan atau dashboard langsung menyajikan menu yang ada, yakni market, business, finance, news, tech, sharia, dan luxury. Terdapat kolom search di sebelah kanan atas juga bagi pembaca yang ingin mencari topik tertentu. Di bawah kolom menu ada tampilan slider yang berisi artikel terbaru dari tiap menu.

 

Tampilan Website Fortune Indonesia Versi Desktop dan Mobile


Pada tampilan mobile version, website Fortune Indonesia ini juga sangat mudah diakses kontennya. Untuk mengakses menu bisa diklik garis tiga yang berada di sisi kiri atas.


2. Tampilannya sederhana, namun enak dan jelas dibaca

Dengan warna tema dominan putih dan tampilan yang sederhana, membuat website Fortune Indonesia ini enak dan jelas dibaca. Apalagi dilengkapi dengan gambar yang mendukung artikel yang disajikan.



3. Menu lengkap dan kontennya menarik

Menu yang ada di Fortune Indonesia antara lain: market, business, finance, news, tech, sharia, dan luxury.

Kita bedah satu per satu ya menunya.

a.  Market

Pada bagian ini berisi berita pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) serta perdagangan.

Nah, saya banyak menemukan artikel seputar perdagangan yang menunjang pekerjaan sebagai ASN nih. Terlebih saya harus mengumpulkan referensi atau ringkasan eksekutif untuk bahan rapat. Meski saat ini saya berada di unit yang menangani perdagangan dalam negeri, tapi terkait perdagangan luar negeri juga harus saya ketahui karena akan sangat berkaitan. Beberapa judul yang sudah saya baca, antara lain:

- Berkat Harga Komoditas, Surplus Perdagangan Terus Melaju;

- 4 Mitos Aset Bitcoin, Mari Kita Kuliti Bersama (15 Oktober 2021)

- OPEC Pangkas Proyeksi Permintaan Minyak, Harga Terus Menguat (14 Oktober 2021)

- Ekspor Minyak Sawit Melonjak, Harga Terus Membubung (11 Oktober 2021)

- Diprediksi Lebih Baik, Ini Tantangan Ekonomi RI Tahun 2022 (7 Oktober 2021)

Saya sangat suka dengan artikel di kolom ini karena jadi memiliki  banyak referensi yang menunjang pekerjaan sebagai seorang ASN di Kementerian Perdagangan (Kemendag).


b.  Business

Nah, pada menu ini berisi berita yang mengulas perkembangan bisnis, perusahaan, dan profil tokoh. Meski seorang pebisnis online, saya tetap harus menambah pengetahuan terkait bisnis. Akhirnya saya menemukan artikel-artikel keren dalam Fortune Indonesia ini yang menginspirasi saya untuk terus bertumbuh dalam bisnis yang tengah saya geluti. Berikut ini beberapa judulnya:

- Dapur Solo Bertahan Lebih dari Tiga Dekade, Ini 5 Kunci Suksesnya (21 Oktober 2021)

- 7 Ide Bisnis Digital yang Bisa Dijalankan Milenial (19 Oktober 2021)

Saya juga menemukan beberapa artikel terkait perdagangan khususnya ekspor impor yang memang sedang menjadi perbincangan akhir-akhir ini.

-  Asosiasi Soroti Lonjakan Impor Baja ke RI Hingga 3,4 juta ton (19 Oktober 2021)

-  Neraca Dagang Kembali Surplus $ 4,3 Milyar, ini Penopangnya (21 Oktober 2021)


Menu pada Website Fortune Indonesia


c. Finance

Meskipun pada menu ini berisi berita ekonomi, kebijakan Bank Indonesia, pajak, perbankan dan asuransi, tapi sangat bermanfaat bagi saya dalam urusan keuangan rumah tangga lho! Terlebih saat ini juga saya tengah belajar tentang konsep hidup minimalis dengan rajin menabung. Nah, beberapa artikel bermanfaat yang saya baca, antara lain:

- Setop Buang Uang di Masa Muda, Kenali Pentingnya Dana Pensiun (15 Oktober 2021).

- Biaya Umrah Diperkirakan Akan Naik (22 Oktober 2021);

- Biaya Maksimal Transfer Antar Bank Maksimal Rp 2.500 Mulai Desember 2021 (25 Oktober 2021)

Artikel di atas menjadi info yang bagus dalam rangka melakukan penghematan. Kalau artikel di bawah ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya sebagai ASN di Kemendag:

- Diterpa Krisis Energi dan Properti Perekonomian Tiongkok Melambat (19 Oktober 2021).

- Pemerintah Dorong Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri (21 Oktober 2021)


d.  News

Biar tidak ketinggalan berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional kayaknya perlu sering-sering mengintip menu ini. Ada beberapa artikel menarik dan kekinian, di antaranya berjudul:

-  Sampai Akhir 2022, Beli Mobil Baru Bisa Tanpa Uang Muka (21 Oktober 2021)

- Sosok Haji Isam yang Pabriknya Diresmikan Presiden Jokowi (22 Oktober 2021)


Tampilan Website Fortune Indonesia versi Mobile


e. Tech 

Penyuka teknologi yang ingin menemukan berita tentang gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru perlu sering-sering klik menu Tech ini  karena di dalamnya ada artikel-artikel keren seperti di bawah ini:

- Menghitung Efek Ketenaran Squid Game terhadap Bisnis Netflix (19 Oktober 2021)

- Google Cloud Rilis Inovasi Berbasis Open Source dan Ramah Lingkungan (19 Oktober 2021)

- Belenggu Serangan Siber Bagi UKM Bisa Merugikan Bisnis (22 Oktober 2021)

Hmm, bagi penulis plus blogger seperti saya, artikel-artikel tentang teknologi ini cocok juga untuk menambah khazanah ilmu dan referensi saat menulis.


f. Sharia

Saya sangat excited ketika tahu ada menu ini dalam Fortune Indonesia. Dalam menu ini berisi berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah. Sebagai seorang muslimah, hal-hal berbau syariah ini memang harus terus dipelajari, seperti artikel yang saya baca dengan judul:

-  Menuju Era Wakaf Digital (18 Oktober 2021)

- Kenali Saham Syariah, Mulai Kriteria hingga Cara Belinya (18 Oktober 2021)

- Ini 4 Tips Pengelolaan Keuangan Syariah bagi Milenial (11 Oktober 2021)


g. Luxury

Asyik juga nih berselancar di menu terakhir dalam web ini karena berisi berita barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner. Beberapa judul yang saya temukan dalam website Fortune Indonesia antara lain:

-  Mengarungi Laut dengan Mewah, Sila Berlayarlah! (22 Oktober 2021).

-  5 Jam Tangan Termalah di Dunia (21 Oktober 2021).

Wah artikelnya bikin mupeng ya! Tapi jadi tahu banyak informasi yang out of the box sih setelah baca artikel pada menu Luxury ini.


Penutup

Dalam skala besar seperti yang ditulis pada info tentang Fortune Indonesia, media ini tak semata-mata hadir sebagai sumber informasi bisnis yang terpercaya atau penyedia perspektif yang mendalam. Namun, Fortune Indonesia juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia, yakni untuk menemukan berbagai peluang, melihat kesempatan di tengah masalah, dan mengubah persepsi seorang pejuang menjadi pemenang.

Bagi saya secara pribadi, website Fortune Indonesia ini bisa menjadi referensi bacaan untuk menambah ilmu dan inspirasi yang menunjang aktivitas saya dalam menjalankan 4 (empat) peran sebagai seorang istri/ibu, ASN di Kementerian Perdagangan, penulis/blogger, dan pebisnis online. Dengan berbekal informasi yang akurat dan up to date tentu bisa menjadi bekal saya untuk lebih produktif dalam beraktivitas.


Salam produktif,


Etika Aisya Avicenna 


Referensi: 

- Website Fortune Indonesia: https://www.fortuneidn.com/

- Website IDN Times: https://www.idntimes.com/


34 comments:

  1. Nambah wawasan bgt ya kak Fortune Indonesia, terlebih nyambung bgt sama profesi ASN di Kemendag.

    BalasHapus
  2. Banyak tips bagus yang bisa didapatkan kaum perempuan yang ingin melek finansial, tak melulu soal saham atau bisnis yang tak kita paham di Fortune Indonesia

    BalasHapus
  3. Memang lenglap banget ya mbqk aforrune Indonesia dijadikan sebagai bahan untuk terus mengupgrade informasi dan aktualisasi diri.

    BalasHapus
  4. Keren banget review lengkap dan detail. Sepakat fortune Indonesia lengkap banget ya. Sukses selalu mbak salam produktif.

    BalasHapus
  5. Fortune Indonesia memang berhasil mengemas berita seputar ekonomi dan bisnis untuk semua kalangan ya, Mbak. Aku pun yang tiap hari di rumah aja tetap enjoy baca-baca beritanya.

    BalasHapus
  6. Benar bagus waktu itu sudah. Kadang kerepotan. Delegasi tugas kita itu penting

    BalasHapus
  7. kereen ya Mbak, bisa menjalankan 4 peran sekaligus seperti itu, tidak lupa juga tetap belajar, apalagi menjalankan bisnis kita benar-benar harus mengerti ilmunya agar bisa bersaing (tentunya secara sehat) di dunia bisnis ini ya.


    saya juga belakangan suka baca info di Fortune Indonesia, beritanya lengkap, informatif dan user friendly nya bikin nyaman kita membaca berlama-lama disana :)

    BalasHapus
  8. Ternyata Fortune Indonesia memang cocok bagi semua kalangan termasuk emak-emak (ibu-ibu) yang ingin melek literasi keuangan dijaman sekarang ini.

    BalasHapus
  9. Dan yang terpenting adalah bagaimana cara penyampaiannya bagi para pembaca yang belum melek ekonomi. Tulisannya ringan dan tidak terlalu berat.

    BalasHapus
  10. Masya Allah, benar-benar harus pandai membagi waktu dan mendelegasikan yang bisa didelegasikan ya apalagi Mbak Etika senantiasa belajar. Kalau tidak pandai membagi waktu pastinya sangat keteteran.

    BalasHapus
  11. Fortune online bukan hanya platform saja, tapi juga majalah bisnis cetak yang sudah berada di Indonesia. Fortune jadi dambaan bagi pebisnis karena lengkap dan update infonya.

    BalasHapus
  12. Saya sangat excited sekali melihat flatform ini. Selain memberikan paket komplit mengenai berita ekonomi terbaru, juga menjadi harapan ke depannya agar pembahasan ekonomi bisa dinikmati oleh semua kalangan dengan background berbeda.

    BalasHapus
  13. IDN Media cerdas banget menangkap kebutuhan pasar ya?

    generasi sekarang sangat melek finansial, mereka sangat menyukai konten investasi, bisnis dan hal terkait perekonomian makro maupun mikro lainya

    BalasHapus
  14. Mbak Etika, saya salut ada pegawai negeri yang masih mau memperluas pengetahuan dengan membuka bisnis sendiri. Bukan karena motivasi mencari penghasilan tambahannya yang saya saluti, tapi niat untuk membuka lapangan pekerjaan itu yang saya sukai. Semoga lancar selalu ya, Mbak, apalagi dengan rutin mengonsumsi inspirasi dari media Fortune Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama pendapatnya kak Vicky, mostly PNS yang saya kenal ya udah enak aja di zona nyaman mereka dan gak mau bikin usaha online atau belajar hal lain di luar keseharian mereka. Mba juga hebat lho bisa menekuni 4 peran sekaligus, kalo saya udah keblinger duluan kali, hahahaha.

      Btw, aku tau soal Fortune Indonesia tapi belum pernah buka situsnya. Sebagai situs informasi berita bisnis dan teknologi kayanya trusted ya dan update, saya agak kurang paham soal bisnis, bisa sekalian cari info disana ya

      Hapus
  15. Sepertinya Fortune ini majalah baru ya mbak soalnya baru dengar namanya..bagus ya adalah sumber informasi ekonomi terpercaya dan pastinya informasi nya juga update ya mbak

    BalasHapus
  16. Lengkap banget menunya ya mbak, cocok nih buat para pebisnis atau yang tertarik di bidang bisnis buat nambah wawasan.

    BalasHapus
  17. MasyaAllah...salut sekali bisa balance di 4 peran ...noted banget nih tipsnya supaya ga burn out, apalagi yg no 1 serasa diingatkan lagi. thanks for sharing mbak dan salam kenal :)

    BalasHapus
  18. Keren banget tips dari mba etika nih. berada dalam porsi ibu bekerja, ibu rumah tangga dan pebisnis memang butuh managemen yang baik ya.

    media fortune ini nggak cuma buat pebisnis aja ya mbak, buat pemula yang mau belajar tnetang finansial pun bisa..

    BalasHapus
  19. Kategorinya lengkap ya di fortune, 1 tempat bisa buat dapetin byk informasi apapun jdi ga ribet

    BalasHapus
  20. Banyak belajar memang jangan pernah berhenti ya kak, ini noted buat daku.
    Dengan menyeimbangkan 4 kegiatan kakak, jangan lupa jaga kesehatan juga ya

    BalasHapus
  21. Menjadi produktif itu bukanlah hal yang sulit ya mbak, asal kita tahu tipsnya
    termasuk dengan membaca refeeensi selengkap majalah Fortune ini

    BalasHapus
  22. Mantap skrg nih ada platform online yg komplit banget informasi disediakannya. Wahh makin semangat nih mau coba kunjungi Fortune idn, terima kasih infonya mba...

    BalasHapus
  23. Aku juga sangat excited ketua tahu Fortune IDN ada menu sharia. Bisa banget jadi referensi untuk Syariah based dalam hal keuangan sepertiku kak hehe.

    Hanya saja tampilannya terlalu kaku menurutku sih hehe.

    BalasHapus
  24. Wah keren juga ternyata ini Fortune ya, lengkap juga menunya, semoga semakin banyak memberikan informasi berkualitas untuk masyarakat Indonesia ya

    BalasHapus
  25. Setuju banget, Mbak, kita memang harus terus belajar. Membaca artikel di Majalah Fortune Indonesia bisa menambah wawasan dan informasi tentang bisnis dan keuangan yang tentu sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  26. Lengkap banget ya Fortune.id untuk cari info keuangan & bisnis. Tinggal klik aja.

    BalasHapus
  27. Supaya produktif memang harus terjadwal ya, Ternyat apunya usaha online ya. Cocok banget baca informasi seputar bisnis di Fortune Indonesia apalagi isinya juga mudah dimengerti

    BalasHapus
  28. Seneng bangett fortune bisa hadir di Indonesia jadi wadah edukasi sekaligus informasi tentang ekonomi dan bisnis. Jadii kita2 lebihh melek soal literasi ekonomi ya kak.

    BalasHapus
  29. Masya Allah keren bgt bisa handle 4 peran sekaligus. Aku blm pernah coba nih hehe entahlah bisa atau engga. Btw, ku baru tau ttg Fortune Indonesia nih. Lengkap bgt ya ulasannya.

    BalasHapus
  30. Lengkap banget menu-menu yang disajikan, ya mbak. Pembahasannya sepertinya juga menarik sampai referensi Mbak Visya banyak banget.
    Ehh otw klik furtune Indonesia deh ini.
    Nice info mbak.

    BalasHapus
  31. Menjalankan 4 peran sekaligus itu ga mudah ya, tapi mba sukses melakukan semua. Mantep banget mba, inspirasi sekali.

    BalasHapus
  32. aku suka fortune karena kekinian hahaha apakah aku masuk kategri milenial? duh mbak satu inikesibukannya bejibun tapi masih ngeblog juga keren pisan

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog ini ^___^. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Insya Allah komentar yang bukan spam akan dimunculkan. IG/Twitter : @aisyaavicenna