ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. SAHABAT, TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG SAYA INI. SEMOGA BERMANFAAT DAN MAMPU MEMBERIKAN INSPIRASI. BAGI SAYA, MENULIS ADALAH SALAH SATU CARA MENDOKUMENTASIKAN HIDUP HINGGA KELAK SAAT DIRI INI TIADA, TAK SEKADAR MENINGGALKAN NAMA. SELAMAT MEMBACA! SALAM HANGAT, ETIKA AISYA AVICENNA.

HOALA & KOALA: LAGU ANAK INDONESIA DENGAN ANIMASI 3D

  


Du di du di dam dam du di du di dam..

Du di du di dam dam du di du di dam.

Kamu makannya apa? Tempe!

Saya juru masaknya. Oke!

Ada tempe goreng, ada ayam goreng

Semua yang digoreng (oseng, oseng, oseng)

Hayo, anak 90-an pasti hafal dengan lagu di atas. Saya jadi teringat waktu kecil tiap hari mendengarkan lagu anak dengan aneka judul dan penyanyi cilik. Bahkan saya sempat mengidolakan beberapa di antara mereka. Dulu juga ada acara untuk anak-anak yang khusus menayangkan lagu-lagu anak. Saya tak pernah absen menyaksikannya.


Pada zaman sekarang ini sepertinya hal di atas sudah jarang ditemui. Justru kita sering menemukan anak-anak yang memilih untuk menyanyikan lagu-lagu orang dewasa padahal bisa jadi mereka tidak paham artinya. Apalagi lagu-lagu tersebut sebenarnya memang belum layak untuk mereka nyanyikan. Terlebih di tengah gempuran tontonan di berbagai media sosial sekarang ini di mana musik menjadi salah satu media yang kerap kali dikonsumsi anak-anak.


Sangat disayangkan ya ketika anak-anak justru lebih hafal lagu orang dewasa. Tentu ada beragam faktor yang mungkin bisa menjadi penyebabnya. Salah satunya kurangnya lagu anak-anak yang menarik dan cocok dengan selera mereka.


Hoala & Koala: Lagu Anak Indonesia Kekinian

Pada akhir 2020 lalu, di tengah masa pandemi yang masih melanda, muncul Hoala & Koala sebagai brand lagu anak Indonesia balita dengan membawa konsep yang kekinian. Sebagai karakter musikal, Hoala & Koala divisualisasikan dalam bentuk animasi tiga dimensi (3D).

Hoala adalah anak perempuan berusia 3 tahun yang riang dan cerdas karena sudah pandai berbicara dengan lancar serta mampu bernyanyi dengan sangat merdu.

Hoala memiliki sahabat seekor hewan Koala. Koala ini sebenarnya adalah hewan yang berasal dari negeri Mykonos, dunia yang berada dalam buku cerita yang sering dibaca Hoala. Miss Jeruk, peri baik hati akhirnya mewujudkan keinginan Hoala untuk memiliki sahabat selama di rumah saja pada masa pandemi ini. Hoala & Koala sangat gemar menyanyi.


Selain Hoala & Koala juga ada beberapa karakter dalam setiap lagunya. Sebut saja ada Ayah Amar Awandi, Ibu Nara Awandi, Miss Jeruk, Lincul, Burhan, Bu Aya, Rubin, Serigili, Om Pong, dan Om Bre. Mereka semua juga piawai menyanyikan lagu. Adanya variasi karakter tokoh dan suara dalam animasi musik ini, membuat lagu-lagu yang disajikan semakin menarik dan diharapkan mampu menghibur anak-anak dan juga orang tua.

Sampai saat ini Hoala & Koala sudah meluncurkan 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di beberapa channel seperti Youtube, Spotify, dan iTunes.

Unik dan Asyiknya Lagu-Lagu Hoala & Koala

Lagu Anak Ketawa Hoala Koala


Salah satu judul lagu Hoala & Koala yang saya suka adalah "Lagu Ketawa (Hahihuheho)". Dari judulnya saja menurut saya unik. Waktu mendengarkannya, asyik banget suara Hoala & Koala. Nadanya juga sangat riang. Liriknya pun mudah dihafal. Nah, ini dia lirik lagu anak Ketawa Hoala Koala. 


Hatiku gembira

Berkumpul bersama

Keluarga tercinta

Penuh suka ria

Hatiku gembira

Tertawa bersama

Kedua orang tua

Begini bunyinya

Hahaha hihihi huhuhu hehehe hoho


Lucu dan menyenangkan deh kalau dinyanyikan bersama-sama orang tua.


Hoala & Koala bisa menjadi bukti bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Hoala & Koala digarap dengan serius , baik dari sisi kualitas vokal maupun musiknya termasuk keterlibatan musisi profesional.


Kualitas vokal yang ditampilkan Hoala & Koala bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak. Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala seperti kebanyakan lagu anak-anak. Namun, terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, dan etnik.


Hoala & Koala digarap dengan matang dan profesional. 

Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala. Selain itu, ada beberapa alat musik yang tak biasa dipakai untuk lagu anak tapi digunakan dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Wah, keren banget ya!

Kehadiran Hoala & Koala diharapkan dapat meningkatkan kembali perkembangan musik anak-anak di Indonesia, menaikkan level lagu-lagu anak, menjadi salah satu solusi agar bahasa Indonesia tidak luntur di tengah gempuran penggunaan bahasa asing di kalangan anak-anak, dan menjadi media hiburan yang membawa dampak positif bagi perkembangan anak.




 


29 comments:

  1. Jadi penasaran deh pengen denger lagu hahihuheho itu. Liriknya ringan banget dan yang pasti ramah anak. Sebuah angin segar ada lagu anak kayak Hoala Koala ini.

    BalasHapus
  2. kebetulan nemu tulisan ini soalnya lgi nyari referensi untuk tontonan Nak di YT kids. hehe

    BalasHapus
  3. Hoala & Koala, saya pikir nama binatang. Ternyata lagu yang punya karakter yagn kuat. Hebat yach untuk membangkitkan lagu masa lalu yang punya nilai tinggi.

    BalasHapus
  4. saya juga suka klik hoala koala di YouTube

    suasana rumah jadi gembira, hatipun ikut hepi

    BalasHapus
  5. anakku juga suka lagu koala hoala ini mbak, lagunya banyak mengandung nilaipositif dan related sih sama kehidupan anak anak hahaha

    duh lagu dubi dubindam itu masih aku. nyanyyin lho buat anankku juga hwhhw

    BalasHapus
  6. Ya betul menarik kagu dan videonya. Membawa angin baru. Fresh. Berbeda dengan lagu anak-anak sebelumnya. Easy listening dan ada nasihat--nasihat bagus juga untuk anak-anak

    BalasHapus
  7. nah kalau dikelola, diproduksi secara profesional dengan kemasan menarik, dunia lagu anak Indonesia bisa bangkit lagi. Anak bisa menyanyikan lagu yang sesuai dengan umurnya

    BalasHapus
  8. Wah sudah lama tidak nulis tentang anak-anak terlebih lagu lagunya ntara mau nulis juga ah tentang lagu anak2 ini :D

    BalasHapus
  9. Bener banget, bebrapa lagu orang dewasa anakku hapal lirik awalnya. Untung di buku tema sekolah banyak lagu anak, seperti riri abangku, kasih ibu, pergi belajar dll.

    BalasHapus
  10. Bisa buat tontonan anak di rumah sih ini, sekalian emaknya bisa nostalgia

    BalasHapus
  11. Saya baru tahu artis Hoala Koala ini. Karena saya punya aplikasi Spotify di HP saya, mau saya follow dulu artisnya.

    Sebetulnya anak saya senang menyanyikan lagu dewasa dari luar negeri, karena dia menyanyikan apa yang dia dengarkan ketika saya lagi muter playlist Spotify. Dan playlist itu memang saya bikin berdasarkan artis kesukaan saya yang memang kebanyakan dari luar negeri.

    Adalah penting memperkenalkan artis anak-anak kepada orang tua, karena sumber perbendaharaan musik anak-anak ya berasal dari ortunya.

    BalasHapus
  12. Wah seru ya sekarang bisa dengerin lagu anak-anak lagi hihii.. semoga makin banyak nih lagu anak-anak yg baru ;)

    BalasHapus
  13. Setuju!

    Semoga dengan hadirnya Hoala Koala, bisa menjadi alternatif bagi anak-anak untuk mendengarkan lagu sesuai peruntukkannya. Zaman sekarang minim sekali lagu anak, dan anak dipaksan untuk mendengarkan lagu dewasa dengan lirik yang tidak mereka pahami.

    BalasHapus
  14. Hadirnya Hoala dan Koala ini memudahkan buat cari rekomendasi lagu-lagu anak. Daku gak bingung lagi deh mencarinya buat ponakan daku yang masih kecil

    BalasHapus
  15. Beruntung banget sekarang Ada HOALA koala ini ya kak, Anak-anak dapat belajar Dan mendengarkan lagu anak Terbaik di indonesia

    BalasHapus
  16. Baca lirik paling atas jadi auto nyanyi deh mba. Hehe... Dulu memang banyak sekali ya lagu anak, jadi seru banyak idola, lagu yang dinyanyikan juga sesuai dengan usia.

    Aku baru tau nih ada Haola dan Koala, bisa buat referensi lagu buat anakku nih.

    BalasHapus
  17. info baru lagi nih tentang parenting, jadi bisa kasi info ke ipar tentang Hoala dan Koala ini
    agar bisa membantu tumbuh kembang ponakan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu ini mbak natih, anakku aja langsung jatuh cinta ma lagu2nya. Animasinya juga bagus.

      Hapus
  18. Kalau ga baca ini, ga tahu malah ada Hoala Koala. Selama ini, Alfatih kalo belajar nyanyi cuma pakai Alqolam Smart Hafidz.

    Lumayan nih, ada variasi juga jadinya

    BalasHapus
  19. Setelah baca ini aku jadi berpikir, sekarang ini siapa ya penyanyi anak-anak karena jujur aja kalo ditanya begini pasti aku tidak bisa jawab sih. Kalo dulu apalagi anak-anak 90an mudah banget kan nyebutin para penyanyi anak-anak yang banyak banget itu. Cukup disayangkan juga ya.

    Btw, ini artikel menarik jadi nambah pilihan nih buat lagu anak-anak yang bisa didengar sekarang-sekarang ini ya

    BalasHapus
  20. Abis baca artikel ini, saya langsung cari n dengerin dr youtube..
    Iramanya riang n bikin betah didengerin kuping ya..hehe.
    Makasih infonya, bagus buat referensi lagu anak - anak..

    Nice post!

    BalasHapus
  21. Wah semoga hoala & koala bisa ngembaliin kejayaan musik lagu anak2 yah dijaman sekarang ini...

    BalasHapus
  22. kalau baca atau denger tentang koala, jadi inget filmnya koala kumal karya bang raditya dyka. hehe
    tapi, terimakasih kak sudah share tentang lagu anak. karena anak-anak Indonesia perlu lagu seperti ini, yang sesuai dengan usianya.

    BalasHapus
  23. Seru banget nih channel Hoala dan Koala, pasti anakku suka sekali karena dia hobi mendengarkan lagu anak-anak.

    BalasHapus
  24. Satu lagi rekomendasi keren untuk parenting di masa depan dengan basis video sederhana, hoala dan koala referensi yang keren

    BalasHapus
  25. Wah baru tau ada hoala koala. Biasanya kita putar lagunya didi and friend sama Pak Atan. Trus ada juga lagu balita yang tokohnya gajah, monyet sama burung

    BalasHapus
  26. lagu di channel hoala koala ini edukatif banget ya kayak lagu kuman, cuci tangan dan apa kata ibu. kadang aku nyanyiin juga kalau mau ngajak anak mandi atau beresin mainannya

    BalasHapus
  27. Semoga semakin banyak konten yang ramah anak di Indonesia, ya. Harus disebarluaskan nih mengenai Hoala dan Koala

    BalasHapus
  28. visual hoala koala lebih save jg drpd lagu zaman kapan itu ya, yg anak2 kecil dipakein baju seksi gitu. setelah itu lagu anak2 benar2 tenggelam

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog ini ^___^. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Insya Allah komentar yang bukan spam akan dimunculkan. IG/Twitter : @aisyaavicenna