LIMA KESERUAN DALAM MILAD BLOGGER MUSLIMAH




Ahad, 10 Desember 2017 Komunitas Blogger Muslimah menggelar acara miladnya yang ketiga di Proxsis Consulting Group yang beralamat di Gedung Permata Kuningan Lantai 17 Jl. Kuningan Mulia Kav. 9 kawasan Epicentrum HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan. Nah, bagi sobat yang ingin membuat acara komunitas dan lainnya dengan menggunakan ruangan nyaman di Proxsis, dapat menghubungi nomor (021) 83708679, ke email: info@digitalfinger.com, dan bisa cek di www.proxsisgroup.com. Hehe, sekilat info! 
 
Eksis di Proxsis
Acara milad Blogger Muslimah yang diikuti 35 anggotanya ini berlangsung dengan sangat seru. Dalam acara ini saya menjadi panitia bersama dengan Uni Via, Mbak Iecha, Mbak Anggarani, dan Nia. Insya Allah panitia telah berusaha menyiapkan acara dengan maksimal meski ada beberapa kendala yang sempat terjadi. 

Jreng... Jreng... Jreng...
 
Teh Liswanti Pertiwi, selaku MC memulai acara pada pukul 09.30. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh founder Blogger Muslimah, Uni Novia Syahidah (Uni Via). Seperti yang disampaikan Uni Via dalam sambutannya, Blogger Muslimah berdiri tanggal 1 Desember 2014 dengan dengan tagline “Membaca Dunia, Menulis Semesta”. Selain itu, Uni Via juga menjelaskan visi dan misi didirikannya komunitas Blogger Muslimah, serta beberapa program Blogger Muslimah. Selanjutnya sambutan dari perwakilan Proxsis yang disampaikan oleh Coach Aditya Akila.


Nah, ini nih lima hal seru dalam acara Milad Blogger Muslimah. 

1.     Materi Kepribadian Muslimah dari Mbak Ratih
Menjadi muslimah itu asyik, apalagi kalau memiliki kepribadian yang asyik pula. Dalam materi Kepribadian Muslimah dengan tema “Recognising Ourselves & Others” yang disampaikan oleh Mbak Ratih Sophie Azizah, peserta mendapat pencerahan terkait pentingnya mendeteksi kepribadian diri sendiri dan orang lain. Karena hal ini akan sangat berpengaruh dalam berinteraksi. Ada tes kepribadian bernama DISC yang dikenalkan Mbak Ratih kepada kami. DSIC sendiri kependekan dari Dominance, Influence, Steadiness, Compliance.

Tes DISC ini merupakan sebuah alat untuk memahami tipe-tipe perilaku dan gaya kepribadian. Dengan mengetahui tipe perilaku dan gaya kepribadian, setidaknya ada 4 (empat) manfaat yang didapat yakni : understanding (bisa saling mengerti), recognizing (bisa saling mengenali), adapting (bisa mengenali kompetensi, mengetahui kelebihan dan kekurangan sehingga bisa melakukan pendekatan dengan setiap orang), dan appreciating the difference (dengan adanya perbedaan bisa menghargai dan saling bersinergi).
Mbak Ratih mengistilahkan untuk DISC ini dengan kata lain, yakni: ‘tegas’ untuk Dominan, ‘komunikatif’ untuk Influence, intim/loyal untuk Steadiness, dan ‘perfeksionis’ untuk Compliance.

Setelah materi dijelaskan, Mbak Ratih memberikan kuesioner berisi 24 pernyataan pilihan ganda (A, B, C, D) kepada semua peserta. Kemudian kami diminta memilih salah satu yang paling menunjukkan diri kita.

Hasil tes kepribadian  menunjukkan bahwa kepribadian saya adalah INFLUENCE. 

Kelebihan : Orang yang persuasif, senang bercerita, mudah bergaul, suka bersosialisasi, people person.

Kekurangan : Terlalu memikirkan apa kata orang tentang dirinya, hanya mau mendengar apa yang ingin dia dengar saja (Hehe, semoga nggak gini yaaa...)

Sebagai Blogger Muslimah, kita tertarik akan satu hal yang sama, bukan karena kita sama. Kita memiliki identitas sebagai seorang muslimah, oleh karena itu:
a.     Jangan suka latah atau ikut-ikutan, ikuti perkembangan zaman dan teknologi tapi tidak menjadi korban, harus lebih kritis dan menjadikannya sebagai ladang dakwah.
b.     Berhati-hati dalam bersosialisasi, boleh membaur tapi tidak melebur
c.      Berhati-hati dalam menjaga pikiran
d.     Menyertakan Allah dalam pikiran, hati, jari, dan lisan kita
e.     Ikatlah ilmu dengan menuliskan dan mengamalkannya.
 
2.     Materi SEO dari Coach Rian

Bersama Coach Rian

Materi kedua oleh Coach Riandi Rahmat (SEO Specialist dari digitalfinger.id) tentang “Meningkatkan Trafic Blog dan Website dengan SEO Management”.
SEO adalah melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web, sehingga situs web ditampilkan di halaman pertama daftar pencarian google.

Nah, untuk itu sebelum melakukan SEO ada beberapa hal yang harus disiapkan maupun dilakukan agar bisa mencapai hasil yang maksimal:
a.     Persiapkan website yang akan dioptimasi baik itu menggunakan blogspot, wordpres, dan lain sebagai nya.
b.     Riset kata kunci bisa dengan menggunakan "google keyword planner".
c.      SEO On Page, merupakan proses SEO yang dilakukan hanya di bagian internal situs web saja.
d.     SEO Off Page, merupakan proses yang dilakukan di luar bagian situs web atau eksternal atau dikenal dengan istilah backlink.

Hihi, memang sih saya pribadi masih baru belajar juga tentang SEO ini. Materi Coach Rian ini sangat bagus untuk menambah pengetahuan terkait SEO.

3.     Bertabur Lomba

Saat acara berlangsung, ada beberapa lomba yang digelar panitia di antaranya:
-       Lomba Livetweet
-       Lomba Foto Backdrop Seply
-       Lomba Foto Ruangan Proxsis
-       Lomba Foto Foodgram Ayam Bahagia
-       Lomba Foto Accessories Evaldinart
Nah setelah acara pun, peserta masih bisa ikutan lomba ini:
-       Lomba Reportase Kegiatan di Blog
-       Lomba Review Ethica & Seply
Lombanya seru-seru ya, meski saya ikutan juga tapi nggak dapat hadiah. Yaiyalah, panitia! :D

4.     Banjir Hadiah dan Dukungan Sponsor

Hadiah dari para sponsor

Pada event ini bertabur doorprize dan hadiah dari beberapa sponsor, di antaranya 

Supertwin Shop
Supertwin Shop adalah toko online berdiri tanggal 22 September 2014 dan saat ini berdomisili di kota Depok.  Awal berdiri, Supertwin Shop menjual produk jaket, kemudian menyusul jas hujan, aneka hijab, buku, dan tas sampai sekarang.  Silakan berkunjung ke instagramnya ya di @supertwinshop atau web www.supertwinshop.com

Jas Hujan Sheba
Sheba adalah pioner jas hujan muslimah cantik. Produk-produknya Limited Edition. Warna dan model jas hujan Sheba dibuat secara khusus sehingga tidak pasaran. Jas Hujan Sheba dibuat dari  bahan taslan  yang tidak tembus air dan sudah disealing sehingga pemakai akan mendapatkan perlindungan penuh kesungguhan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari saat hujan. Silakan yang mau ngepoin jas hujan cantik bisa ke instagramnya di @sheba.id atau webnya di www.sheba.id

Ayam Bahagia
Nah, saat makan siang kita dapat lunch box dari Ayam Bahagia. Saya dapat yang ayam bakar. Maknyuuusss!!! Jagonya kuliner Nusantara telah memiliki 5 cabang yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Cibubur. Untuk yang di Jakarta beralamat di Jl. Kelapa Kopyor Raya Blok 01 No.12A Kelapa Gading Jakarta Utara. HP: 08111868900, yang penasaran dengan ayamnya bisa cek di www.ayambahagia.com


Ayam Bahagia yang bikin bahagia

Ethica
Oh iya, saat acara kami juga kompakan pakai Gamis Seply dari Ethica. Gamisnya nyaman banget. Cakep!

Kompakan Pakai Gamis Seply

Selain itu kita juga dapat support dari EvaldinArt (IG dan Twitter @evaldin_art, WA 085315004484) yang terkenal dengan bros-bros unyunya serta bandana rajut dari Hana Mozlima (IG: hana.mozlim).

Terima kasih ya untuk semua pihak yang telah mensukseskan acara Milad 3 Blogger Muslimah ini. Semuanya luar biasa!!!

5.     Impian-Impian yang Menawan
Peserta diminta panitia untuk menuliskan ucapan milad dan harapan untuk Blogger Muslimah pada post it kuning yang kemudian ditempel ke styrofoam berwarna ungu yang telah disediakan panitia. 



Alhamdulillah acara Milad 3 Blogger Muslimah berlangsung dengan seru. Semoga Blogger Muslimah makin produktif dalam berkarya dan terus menginspirasi muslimah di manapun berada.  Sampai jumpa di Milad 4 Blogger Muslimah. 

Dan inilah penobatan putri Blogger Muslimah ala-ala..


Salam Blogger Muslimah,
Aisya Avicenna


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog ini ^___^. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Insya Allah komentar yang bukan spam akan dimunculkan. IG/Twitter : @aisyaavicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna

Keliling Dunia