NHW #6 BELAJAR MENJADI MANAJER KELUARGA ANDAL


NHW #6_Etika Suryandari_IIP Depok

Pada Matrikulasi IIP yang ke-6, kami masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang andal. Mengapa harus melewati tahap tersebut? karena hal ini akan mempermudah kami untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah kami dalam mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.

Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu RUTINITAS. Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita merasa sibuk sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.


Yuk, intip tugas dan jawaban di NHW #6 saya...
1.  Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting! Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana? Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.
***
Tiga aktivitas yang paling penting:
a.    Menjalankan ibadah harian, baik wajib maupun sunnah
b.    Menjalankan aktivitas bersama keluarga (family time)
c.    Bekerja di kantor
Tiga aktivitas yang paling tidak penting:
a.    Berselancar atau Stalking di medsos
b.    Nonton TV
c.    Berdiam diri tanpa aktivitas (ex : berdiri di KRL tapi tidak sambil tilawah/baca buku)
Biasanya stalking di medsos itu yang paling menyita waktu. Hiks, tapi sambil jualan online juga sih. Hehe...
2.  Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time (misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut). Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda. Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 - jadwal dinamis (memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi-7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7). Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik? kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.
***
Berikut jadwal harian saya :


Demikian NHW #6 ini, semoga saya dimudahkan untuk menjalankannya... Aamiin..

Salam (Calon) Ibu Profesional,
Etika (Aisya Avicenna)

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna