ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. SAHABAT, TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG SAYA INI. SEMOGA BERMANFAAT DAN MAMPU MEMBERIKAN INSPIRASI. BAGI SAYA, MENULIS ADALAH SALAH SATU CARA MENDOKUMENTASIKAN HIDUP HINGGA KELAK SAAT DIRI INI TIADA, TAK SEKADAR MENINGGALKAN NAMA. SELAMAT MEMBACA! SALAM HANGAT, ETIKA AISYA AVICENNA.

Teman VS Sahabat

Thicko dan Rafi
Ada perbedaan antara berteman/berkawan dengan bersahabat. Berteman biasanya hanya sekedar saling kenal. Itupun tidak sampai mendalam sekali dan tingkat kedekatannya pun sedikit. Sedangkan bersahabat, selain saling mengenal secara mendalam dan interaksinya dekat sekali, juga terjadi saling mempengaruhi secara nilai.Itulah sebabnya ada ungkapan, silakan berteman dengan siapa saja tapi bersahabat tidak boleh dengan sembarang orang.Islam memberikan panduan bagaimana memilih sahabat dan bagaimana cara mempergaulinya. Kata kunci dalam memilih adalah suka dan tidaknya semata hanya karena Allah Ta’ala bukan karena pertimbangan nafsu.

Beberapa catatan dalam bersahabat adalah :
1. Dekat dan pilih orang yang satu aqidah untuk dijadikan sahabat, yang jujur dan baik perangainya, yang banyak ilmunya, yang taat menjalankan dan memperjuangkan agama, yang berpegang pada Sunah Wal-Jamaah, yang Zuhud terhadap dunia.
2. Jauhi orang yang kafir, yang banyak berdusta dan berghibah, yang jahil dan kurang akal, yang rakus dunia, yang penakut, yang fasik dan munafiq. 


Hak-hak dan kewajiban dalam bersahabat adalah :
1. Menolong dengan harta apabila sahabat berada dalam kesulitan ekonomi, dengan tenaga untuk membantu meringankan pekerjaannya serta dengan nasehat dan pikiran untuk melepaskan beban kejiwaannya.
2. Memberi salam dan menjabat serta memeluknya saat bertemu dan berpisah
3. Memberikan pujian atau menyebutkan kebaikan yang dilakukan oleh sahabat, sejauh diyakini tidak menimbulkan riya
4. Memanggil dengan panggilan yang baik
5. Tidak menceritakan aib, baik ketika dihadapannya atau di belakangya
6. Memaafkan kesalahannya
7. Mendoakan dalam berbagai kesempatan
8. Menunaikan semua hak sahabat dengan ikhlas
9. Tidak menyusahkan atau membebani sahabat.


Teruntuk sahabat-sahabat tersayangQ, terima kasih untuk semuanya ya!!! 
Thicko luph you Coz Allah SWT!!!

(Tulisan ini diposting pada bulan Januari 2009 di blog sebelumnya)

Aisya Avicenna

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog ini ^___^. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Insya Allah komentar yang bukan spam akan dimunculkan. IG/Twitter : @aisyaavicenna