From Jogja with Love

Jumat, 1 Mei 2009…
Hari pertama di bulan Mei.
Hari buruh juga‼
Akhirnya..hari ini tiba juga. Sudah lama aku menanti hadirnya hari ini. Lha kok??
Karena hari ini aku akan mewujudkan mimpi-mimpiku di kota Jogja.
Pukul 06.30, dengan diantar adik kost menuju stasiun Balapan (jadi inget lagunya Didi Kempot..”neng stasiun Balapan..kutho Solo sing dadi kenangan..kowe karo aku." hihihi..memang banyak kenangan sih di stasiun ini .. tapi “kowe” yang dimaksud adalah dengan sahabat-sahabatku..)


Sampai di stasiun, beli tiket.. terus duduk-duduk sambil nunggu kereta. Tanya ke mbak” yang duduk di sebelahku apa kereta yang berhenti di depan itu adalah PRAMEKS? Mbaknya bilang “Bukan kok Mbak, ni saya juga nunggu PRAMEKS.”


Ya sudah, duduk dengan tenang dulu.. Eh, da pengumuman.. kalau ternyata kereta PRAMEKS akan segera berangkat 4 menit lagi. Weleh, ternyata aku tadi bertanya pada orang yang salah (lha PRAMEKS nya juga beda “tampilannya” je…jadinya ya ga tahu). Akhirnya lari-lari menuju kereta. Dah full oy..ga dapat tempat duduk. Akhirnya bergelantungan.. (kayak apa wae). Eh, ketemu Tanti dan Mita (temennya Dhek Nunk) yang mau cari bakteri di FK UGM (bakteri dicari???hihihi). Gantian tempat duduk dengan Tanti. ALhamdulillah..“Kulayangkan pandangku..melalui kaca jendela..
Dari tempat ku bersandar..seiring laju kereta..”

So switz deh…


Di dalam kereta, SMSan dengan beberapa teman UGM (Juwita, Herlina, Andi, Fikri), tak lupa SMS my little sister (Kiki), juga SMS Bu Hasih (dosenku yang S3 di UGM). Janjian dengan Bu Hasih jam 11 di SIC (Student Internet Centre) MIPA UGM. Mau konsultasi skripsi nih.. Sebenarnya beliau bukan pembimbingku, tapi berhubung beliau pernah melakukan riset yang hampir sama dengan riset skripsiku akhirnya aku konsultasi dengan beliau. Beliau mengambil S3 di Belanda dan UGM.. Berhubung beliau di UGM, akhirnya aku ke Jogja deh‼! Bismillahirrahmanirrahim.. moga nanti bisa bertemu (doaku selama perjalanan, malah dag dig dug gitu…)


Jam 8.00 alhamdulillah sampai juga di stasiun Lempuyangan. SMS Kiki, dan akhirnya si manis itu datang menjemputku.. (terakhir bertemu waktu wisuda kakaknya -yang juga kakak tingkatku- di MIPA tanggal 5 Maret yang lalu.. sekarang bertemu lagi..).
Menaruh barang di kost Kiki yang lama, kemudian diantar ke perpus MIPA UGM. Dia mau kuliah dari jam 09.00-15.00… So, berpetualang sendiri dulu deh..


Di perpus UGM, dapat kenalan baru yang ternyata pengurus JRMN (Jaringan Rohis Mipa Nasional). Ngobrol… terus aku masuk perpus setelah sebelumnya muter-muter perpus dulu… Cari referensi.. Alhamdulillah dapat, meski ada juga yang ga ada.. Sekitar jam 10.15 pengin ke luar perpus untuk menuju SIC (SIC tu di gedung utara, padahal perpus di gedung selatan..mau naik angkutan umum deh). Saat mau mengembalikan buku, eh…ada sosok yang begitu ku kenal masuk ke dalam ruangan yang penuh buku itu (yaiyalah, perpus gitu lho!). Sosok itu tersenyum simpul kepadaku..Bu Hasih‼! 


Ya Rabb, skenario-Mu begitu indah.. Engkau pertemukan aku dengan beliau di sini.. (jadi tidak harus ke SIC). Beliau kemudian sibuk mencari buku dan aku kembali duduk di tempat bacaku semula sambil menyusun daftar pertanyaan yang akan aku tanyakan ke Bu Hasih. Selang berapa lama, Bu Hasih mendekatiku . Kita duduk berhadapan. Dan AKSI-ku pun dimulai.. Bertanya tentang banyak hal yang menjadi kendala skripsiku. Alhamdulillah, beberapa pertanyaan telah terjawab (SENENG BANGET‼‼). 

Jam 11.00 perpus MIPA UGM ditutup, diskusi belum selesai, so kami lanjutkan di depan perpus. Di sela diskusi, bercanda dan bercerita ringan.. SERU‼! Beberapa pertanyaan yang belum terjawab, akan beliau bantú carikan referensi..Makasih ya Bu‼ Jam 11.30…berpisah dengan beliau, tapi beliau berkata akan siap membantu skripsiku… dan rencananya Jumat pekan ini juga akan ke Solo..SIP3x. Jadi tambah semangat menyelesaikan skripsi‼! 

Setelah say good bye dengan beliau, aku menuju kantin. Makan siang. Memandang ke kiri, ku lihat tiga “lingkaran cinta” yang sedang berlangsung. “AAI”. Tapi, di samping tiga lingkaran itu, ada segerombolan “cowok” yang malah teriak-teriak ga jelas, pakai acara ngomong kata-kata kotor lagi…‼! Pada ga sadar pa ya, kalau di sekitarnya lagi pada mendalami ayat-ayat cinta-Nya??? Setelah makanku selesai, aku duduk sejenak sambil merenung. Ke mana kakiku kan melangkah selanjutnya??? 

Kiki masih kuliah sampai jam 3… jadi aku masih punya waktu sekitar 3 jam “dalam kesendirian”. Eh, ada seorang akhwat yang mendekatiku. Ternyata dia adalah adik tingkatku waktu SMA. Dua tahun di bawahku. Dia masih ingat aku karena aku dulu yang paling sering bentak-bentak dia waktu MOS (Masa Orientasi Siswa) SMA (hihihi..galak banget waktu itu... adiknya masih inget..duh, jadi pengin malu…). Ngobrol cukup lama dan akhirnya aku tak perlu lagi ke gedung MIPA utara untuk membagikan pamflet Seminar Ilmiah Keislaman (SIK). Tadi pagi anak SKI FMIPA menitipkan pamflet itu agar diserahkan ke SKI FMIPA nya UGM. 

Ya..Rabb, lagi-lagi skenario-Mu begitu indah…
3 jam dalam kesendirian, akhirnya aku memutuskan untuk ke SC (Shopping Centre), pusat buku murah yang berlokasi di dekat Taman Pintar Jogja. BERANGKAT‼. Berbekal tanya ke orang-orang di pinggir jalan, akhirnya sampai juga ke tempat itu. Tujuan utama membeli buku pesenan Dhek Nunk, yaitu Pengelolaan Hama Terpadu dan The Secret of Spiritual DNA. Sampai di toko yang dimaksud Dhek Nunk (dulu pernah ke sini sebelumnya) HPku dah kritis..kelap-kelip… and kebetulan bukunya dapat juga, tapi mau menghubungi Dhek Nunk HP-ku low bat, akhirnya nebeng nge-charge di toko buku itu. Hihihi..NEKAT! Ga apa lah.. Ibuknya untung..aku juga ga kalah untung‼! CERDAS kan??


Setelah nge-chargenya hampir full, baru buku itu fiks aku beli. Hihi. Setelah itu melanjutkan pencarian buku kedua. Naik turun dan keliling dua kali akhirnya gak dapat juga, memang stoknya sudah habis kayaknya. Akhirnya, malah beli buku lain..tentang persiapan jadi ibu gitu deh… Belinya di tempat aku nge charge HP tadi. Hihihi..Moga full barokah lah!


Pukul 15.00..sholat ‘Asar di mushola samping taman pintar. Ba’da sholat ‘Asar Kiki SMS
Dia sudah selesai kuliah. Akhirnya aku kembali ke perpus UGM. Mendekati tempat tujuan, ada “kejadian” yang membuatku tertawa sendiri kalau mengingatnya. Hanya aku dan beberapa orang yang tahu… (di SENSOR aja ya‼! LUCU….).


Sampai di tempat pertemuanku dengan Kiki, sambil menunggu dia sholat di Mushola depan perpus UGM, ku lanjutkan bacaanku “Jalan Cinta Para Pejuang”-nya Salim A.Fillah. Inspiratif sekali… Akhirnya Kiki datang, dan kita menuju kostnya.
Setelah sampai di kost adik manis itu, ih..wow‼ ternyata dia juga suka warna merah-hitam (warna yang sangat ku suka!). Barang-barangnya dominan merah-hitam. Bakal betah di sini nih! Hehe..


Setelah sholat Maghrib berjamaah… petualangan malam hari dengan Kiki. Menatap bintang di langit yang cerah..Hiruk pikuk kota Jogja.. Lampu-lampu menghiasi malam..So switz!


Setelah makan malam (lama sharingnya ketimbang makannya… curhat critanya..hihihi), dilanjutkan menemani Kiki beli baju ke Matahari.. meski pada akhirnya tidak ketemu pada pilihan yang sesuai malahan beli ikat pinggang.. Banyak hal lucu waktu di sini (Hanya aku dan Kiki yang tahu…).


Setelah sholat Isya’ berjamaah, trus bersiap tidur.. Sharing dulu..baru masing-masing terlelap… Malamnya.. “Bagus tuh..ih lucu‼!” (dasar Kiki‼) 



Sapaan pagi di Jogja…2 Mei 2009. Mentari bersinar cerah. Di teras lantai 2 dekat kamarnya Kiki, ada mawar yang merekah.. I like rose‼! Setelah packing.. terus sarapan…Habis sarapan diantar Kiki ke MM UGM (tempat seminar statistiknya). It’s time to “say Goodbye, my sister!”. Meski hanya dua hari bersamamu tapi banyak hal yang kudapat… Nice adventure lah‼ Janjiku dah kutepati lho‼ Meski rada beda dikit tapi tak apalah… OKE sist?!


Pukul 08.30… acara Seminar Statistika dimulai juga dengan sapaan “SELAMAT PAGI STATISTIKA‼!” bayar Rp 50.000,- gak rugi deh! Apa yang kucari aku dapatkan, bahkan lebih… Seminar yang bertemakan Peran Statistika dalam Menanggulangi Resiko Kredit Ini menghadirkan tiga orang pembicara keren. Pukul 15.30 acara pun selesai.. waktu berangkat ke Jogja sendirian.. eh, waktu pulangnya rombongan deh… bareng dengan 7 orang teman.. Betty, Nia, Eko, Bayu, Kipit, Budi, Rizky. Naik kereta... (di dalam kereta ada-ada saja ulah mereka..hihihi..dasar kalian‼ ). Persahabatan kita begitu indah, kawan‼


Senja itu.. mengantarkanku kembali ke kota Solo..
Senja itu.. menjadi saksi indahnya kisah di kota Jogja ini..
 


From Jogja with Love‼
Aku pasti kembali deh‼!



(Tulisan ini diposting pada bulan Mei 2009 di blog sebelumnya)

Aisya Avicenna

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Karya Aisya Avicenna

Jejak Karya Aisya Avicenna